Alat Peraga ABD Ajaib Guna Memahami Konsep Luas dan Keliling Bangun Datar Berbasis Etnomatematika
Main Article Content
Abstract
Alat peraga Anyaman Bangun Datar (ABD) Ajaib adalah alat peraga yang dibuat untuk membangun pemahaman peserta didik tentang konsep luas dan keliling suatu bangun datar. Penggabungan budaya dan matematika dalam pembelajaran ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan Etnomatematika. Pengembangan alat peraga ini dimaksudkan dengan tujuan untuk : 1) Mengenalkan jenis-jenis bangun datar dengan menjadikannya motif dalam anyaman yang dibuat. 2) Membangun konsep luas dan keliling bangun datar dengan menggunakan kotak-kotak pada anyaman sebagai satuan ukur. 3) Mengenalkan budaya anyaman pada peserta didik. 4) Meningkatkan kreativitas dan kemampuan pemecahan masalah pada siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Dalam pendekatan etnografi peneliti berupaya mendeskripsikan serta menggambarkan secara rinci bagaimana alat peraga ABD Ajaib ini berguna dalam pembelajaran konsep luas dan bangun datar dalam matematika dan hubungan apa yang terdapat antara alat peraga ini dengan etnomatematika.
Downloads
Article Details
References
Achmad Gilang Fahrudin, Eka Zuliana, dam Henry Suryo Bintoro. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol.1.
Agusta, E. S. (2020). Meningatkan Hasil Belajar Konsep Keliling dan Luas Bangun Datar Pada Siswa Kelas VII-2 MTsN 28 Jakarta Dengan Menggunakan Alat Peraga . Jurnal Balai Diklat Keagamanaan Jakarta .
Ari Irawan, Gita Kencanawaty. (2017). Implementasi Pembelajarab Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika. Jurnal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang .
Ariani, Y. (n.d.). Pembelajaran Luas Bidang Datar Berbasis Konteks Anyaman Tradisional dengan Pendekatan PMRI di Sekolah Dasar. Holistika Jurbal Ilmiah PGSD .
Ariani, Y. (n.d.). PEMBELAJARAN LUAS BIDANG DATAR BERBASIS KONTEKS ANYAMAN TRADISIONAL DENGAN PENDEKATAN PMRI DI SEKOLAH DASAR. Holistika Jurnal Ilmiah PGSD .
B, N. A. (2012). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SMPN 1 ARGAMAKMUR. Jurnal Exacta, Vol. X No. 1 .
Bambang Eko Susilo dan Sri Adi Widodo. (2018). Kajian Etnomatematika Dan Jati Diri Bangsa. IndoMath Indonesia Mathematics Education.
Bhambang Eko Susilo, Sri Adi Widodo . (n.d.). Kajian Etnomatematika dan Jati Diri Bangsa.
Handoyo Heru Binangun dan Arif Rahman Hakim. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA JAM SUDUT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. JKPM, Vol.01, No.02, 204-214.
Heryan, U. (2018). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis SIswa SMA Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia .
Imas Masturoh, Khaeroni. (2017). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Geoboard Terhadap Hasil Belajar SIswa Pada Pokok Bahasan geometri . Primary Journal UIN SMH BANTEN .
Kania, N. (2018). Alat Peraga untuk Memahami Konsep Pecahan. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1-12.
Maria Nirmala Hospa Gawen, Gregorius Taga, dan . (2021). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA BENTUK ANYAMAN DAUN LONTAR KEBUDAYAAN LAMAHOLOT. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Flores Konstantinus Denny Pareira Meke, 52-61.
Mesak Ratuanik, Olivia Theresia Kundre. (n.d.). Pemanfaatan Etnomatematika Kerajinan Tangan Anyaman Masyarakat Maluku Tenggara Barat Dalam Pembelejaran. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia.
Siswo, D. (2019). Etnomatematika Masyarakat Pengrajin Anyaman Kecamatan Pulobandring. Jurnal MathEducation Nusantara Vol. 2 (1), 16-20.
Suparni. (2020). Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Terhadap Lemampuan Pemecahan Masalah Dan Self-Efficacy Siswa SMP/MTS. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif.
Tri Murdiyanto dan Yudi Mahatama. (2014). PENGEMBANGAN ALAT PERAGA MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Sarwahita Volume 11 No. 1.