Rebana Sebagai Media Pembelajaran dalam Konsep Luas Lingkaran dengan Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education)

Main Article Content

Lusiana Novi Andani
Nurul Arfinanti
Raekha Azka

Abstract

Persepsi peserta didik terhadap mata pelajaran matematika masih tergolong kurang baik, mereka menganggap bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit sehingga enggan untuk mempelajarinya. Maka dari itu guru harus bisa meluruskan persepsi peserta didik tersebut. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan pendekatan yang tepat ketika menyampaikan materi pembelajaran. Pendekatan dalam belajar ada banyak macamnya salah satunya pendekatan RME (Realistic Mathematics Education). Pendekatan RME adalah pendekatan yang menggunakan realita kehidupan dan pengalaman belajar peserta didik. Pendekatan ini digunakan dalam proses pembelajaran matematika dengan harapan menjadikan peserta didik merasa lebih dekat dengan matematika. Benda konkret yang diambil dari benda sekitar kita seperti benda yang dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari membuat peserta didik merasa lebih mudah memahami dan dapat merasakan pengalaman langsung dalam menemukan konsep matematika. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi tentang budaya rebana dalam materi bangun datar lingkaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan teoritis. Bedasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa alat musik rebana memiliki manfaat dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) karena rebana tersebut banyak dijumpai di dalam kehidupan kita sehari-hari. Rebana berbentuk bundar dan pipih yang terdiri dari bingkai dan membran. Bingkai dan membran tersebut berbentuk lingkaran sehingga dapat dijadikan media pembelajaran materi bangun datar lingkaran. Sehingga dapat dilakukan perhitungan luas lingkaran pada bagian membran dan bingkai.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Achmad Gilang Fahrudhin, E. Z. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga BONGPAS. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Guruan Matematika, 14-20.

Aris Dwi Cahyono, M. T. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Kesenian Rebana untuk Meningkatkan Literasi Matematis Peserta didik SMP. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Guruan Matematika , 287-296.

Arnida Sari, S. Y. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mathematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Guruan Matematika , 71-80.

Candra Chisara, D. L. (2018). Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Guruan Matematika (Sesiomadika) , 65-72.

Chatarina Febriyanti, A. I. (2020). Penggunaan Kearifan Budaya Lokal Berbasis Etnomatematika sebagai Pengembangan Media Pembelajaran bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat, 312-317.

I Ngh Obiarta, I. S. (2014). Penerapan Pendekatan RME (Realistic Mathematic Education) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Guruan Ganesha Jurusan PGSD.

Jhenny Windya Pratiwi, H. P. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Kelereng . Jurnal GuruanMatematikaRaflesia , 1-12.

Mulyanto, R. (2007). Pendekatan RME untuk Meningkatkan Pemahaman Operasi Pengurangan Bilangan Bulat Negatif Pada Pembelajaran Matematika di SDN Sukalerang I Kabupaten Sumedang. JURNAL, Guruan Dasar .

Oktavera Riri Kanastren, H. S. (2018). Pendekatan RME Berbantuan Alat Peraga Manipulatif untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta didik Kelas V SD Sambiroto . Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang , 195-204.

Penina M. Kikhau, D. S. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Model Ikat Ternak Masyarakat Dawan dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Lingkaran. MEGA : Jurnal Guruan Matematika, 83-87.

Pratiwi, M. d. (2019). Etnomatematika : Eksplorasi dalam Tarian Tradisional pada Pembukaan Asian Games 2018. FIBONACCI : Jurnal Guruan Matematika dan Matematika, 23-28.

Putri, L. I. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana sebagai Sumber Belajar Matematika pada Jenjang MI. Jurnal Ilmiah “GURUAN DASAR", 21-31.

Sinaga, S. S. (2001). Akulturasi Kesenian Rebana. Harmonia Jurnal Pengetahuan Umum dan Pemikiran Seni, 72-83.

Sofia Indriani Lubis, A. M. (2018). Eksplorasi Etnomatematika pada Alat Musik Gordang Sambilan . Edumatika Jurnal Riset Guruan Matematika , 1-10.

Sulistyawati, E. (2018). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Konstekstual Berbasis Budaya Lokal untuk Peserta didik Sekolah Menengah Pertama. FACTORM : Focus Action Of Research Mathematic, 77-89.

Supriyanto, B. (2014). Penerapan Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas VI B Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling dan Luas Lingkara di SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran, 165-174.

Tandililing, E. (n.d.). Implementasi Realistic Mathematics Education (RME) di Sekolah.

Wicaksono, A. (2019). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik pada Materi Keliling dan Luas Lingkaran di Kleas VIII Al Biruni SMP Islam Terpadu Al Fahmi Palu. Guru Tua : Jurnal Guruan dan Pembelajaran, 17-28.

Yetti Widiarti, D. A. (2019). Identifikasi Etnomatematika Alat Musik Tradisional Bengkulu Sebagai Media dan Alat Peraga Dalam Penyampaian Konsep Lingkaran. Jurnal Guruan MatematikaRaflesia, 177-184.