Problematika Guru dalam Pembelajaran Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Yogyakarta
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Pandemi covid-19 yang sedang melanda saat ini sangat berdampak pada kehidupan manusia. Tidak terkecuali dalam bidang pendidikan. Keadaan seperti ini memaksa untuk mengubah kebiasaan dari yang semula melaksanakan pembelajaran secara tatap muka di kelas menjadi pembelajaran jarak jauh secara daring. Perubahan ini tentunya tidak hanya membuat siswa merasa belum siap. Gurupun merasakan hal yang sama. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran matematika di masa pandemic covid-19, mendeskripsikan probematika yang dialami oleh guru di 3 SMA di Yogyakarta, serta mencari solusi dari permasalahan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif untuk menggambarkan problematika yang dialami oleh guru dalam pembelajaran matematika. Subjek dan objek dalam penelitian ini yaitu guru matematika di 3 SMA di Yogyakarta yang pilih secara acak. Instrumen penelitian ini adalah pedoman wawancara. Teknik penggumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik wawancara yang dilakukan secara online menggunakan media WhatsApp serta studi literature. Hasil penelitian ini yaitu dalam pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi ini dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi seperti WhatsApp group, zoom meeting, google meet, google classroom serta aplikasi yang lainnya. Pembelajaran ini berjalan dengan lancar namun terdapat beberapa kendala yang dialami oleh guru seperti signal kurang stabil, beban guru yang semakin bertambah, dan kemampuan guru yang belum bisa menguasai teknologi dengan baik. Problematika tersebut dapat diatasi dengan saling bekerjasama antara siswa dan guru, tersedianya fasilitas pembelajaran yang memadai serta mengadakan pelatihan TIK bagi guru-guru guna meningkatkan kemampuan penggunaan teknologi yang dapat digunakan untuk menunjang pembelajaran daring agar berjalan dengan lebih baik.
Kata Kunci: problematika, guru, matematika, pembelajaran daring
ABSTRACT
The current COVID-19 pandemic has had a profound impact on human life. The education sector is no exception. Circumstances like this force to change the habit of carrying out face-to-face learning in class to online distance learning. Of course, this change does not only make students feel unprepared. The teacher feels the same way. Therefore, this study aims to find out how the implementation of mathematics learning during the covid-19 pandemic, describe the probematics experienced by teachers in 3 high schools in Yogyakarta, and find solutions to these problems. This research is a descriptive qualitative research to describe the problems experienced by teachers in learning mathematics. The subjects and objects in this study were mathematics teachers in 3 high schools in Yogyakarta who were randomly selected. The instrument of this research is an interview guide. Data collection techniques were carried out using online interview techniques using WhatsApp media and literature studies. The results of this study are that the implementation of learning during this pandemic period is carried out online using applications such as WhatsApp groups, Zoom meetings, Google Meets, Google Classroom and other applications. This learning runs smoothly but there are several obstacles experienced by teachers such as less stable signals, increasing teacher burden, and the ability of teachers who have not been able to master technology well. These problems can be overcome by mutual cooperation between students and teachers, the availability of adequate learning facilities and ICT training for teachers to improve the ability to use technology that can be used to support online learning to run better.
Keywords: problematics, teacher, mathematics, online learning.
Downloads
Article Details
References
Rahma, Naila jamila.2020. PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEMESTER GANJIL SELAMA PANDEMI COVID-19 DI MTS AL-HIDAYAH PURWOKERTO UTARA.Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruaan Institut Agama Islam Negeri Purwokerto. Purwokerto.
Marthningrum, Etty.2020. PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN E-LEARNING BAGI GURU KELAS RENDAH DI TENGAH PANDEMI COVID-19. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.
Yolanda, Sisca.2020. PROBLEMATIKA GURU DALAM PELAKSANAAN KELAS DARING (ONLINE) SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 22/IV KOTA JAMBI.Skripsi. UIN Sulthan Thaha Saifuddin. Jambi
Asywid, Andi Nur. 2020. PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING DI TENGAH PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS GURU IPS SMPN 3 SELAYAR).Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar. Makassar.
Kesi (2020). Perubahan Lanskap Pendidikan dengan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) Pasca Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.
Fauzy, A., Puji N. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID19 di SMP Muslimin Cilili. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551-561.
Mustakim. (2020). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Al asma: Journal of Islamic Educatio, 2(1),1-12
Gede, LaluM. (2020). TRANSFORMASI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam,(1)1, 82-93.
Basar, A.M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi). Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2 (1): 208-218.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Tekhnologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: CV Alfabeta.
Firda, Silvia U, Yunan fachri, RyanSuarantalla, Koko Hermanto. (2020). ANALISIS BEBAN KERJA MENTAL GURU SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN METODE NASA-TLX STUDI KASUS DI SDN BATU TERING. JITSA: Jurnal Industri & Teknologi Samawa, 1(2),14-18.
C. Dwi Briliannur,dkk. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19.Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Bahri, Syaiful. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Method). Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Menteri Pendidikan. (2020). Surat Edaran Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Pencegahan dan Penanganan Covid-19 di lingkungan Kemendikbud dan Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020. Menteri Pendidikan. (2020).
Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksannaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19