Problematika Pembelajaran Daring Materi Kesebangunan Dan Kekongruenan Ditinjau Dari Siswa
Main Article Content
Abstract
Pandemi yang masih berlangsung hingga tahun 2021 membawa semakin banyak perubahan dalan setiap bidang kehidupan, baik ekonomi, soaial, dan juga pendidikan. Perubahan ini ternyata bukan hanya menyulitkan dokter, pedagang, ataupun gurum tetapi siawa ikut merasakan perubahan yang ada. Melihat hal tersebut penulis tertarik untuk mencari data menegenai kesulitan belajar matematika siswa yang ada di daerah Pajangan Bantul. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif secara kualitatif, penulis melakukan observasi pada tiga kelas matematika yang dilaksanakan secara daring pada tiga sekolah yang berbeda, kemudian secara acak mewawancarai siswa untuk mendapatkan data yang lebih rinci. Berdasarkan data yang penulis peroleh beberapa problematika pembelajaran matematika yang siswa rasakan antara lain materi yang sulit dipahami dengan belajar mandiri, guru yang hanya memberikan tugas, dan lingkungan yang kurang mendukung pembelajaran di rumah secara daring. Melihat hambatan tersebut siswa mencoba melakukan beberapa penyesuaian diri dengan mengganti waktu belajar mandiri, mencari materi tanbahan dari internet, ataupun membuat ringkasan catatan materi yang dirasa sulit.
Downloads
Article Details
References
Astalini, A. K. (2018). Sikap siswa terhadap pelajaran fisika di sman kabupaten Batanghari. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(2), 59-64.
Cahyati, N. &. (2020). Peran orang tua dalam menerapkan pembelajaran di rumah saat pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 152-159.
Dewi, E. Y. (2019). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN MELALUI PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING KELAS IX A SMP NEGERI 2 JAWILAN. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 3(9), 1232-1247.
Hamidreza Kashefi, Z. I. (8 October 2012). Overcoming Students Obstacles in Multivariable Calculus through Blended Learning: A Mathematical Thinking Approach. Procedia - Social and Behavioral Sciences, Volume 56, Pages 579-586 .
Harahap, S. A. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. . Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825-1836.
Harirah, Z. &. (2020). Merespon Nalar Kebijakan Negara Dalam Menangani Pandemi Covid 19 Di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik Indonesia, 7(1).
Hasratuddin, H. (2008). PERMASALAHAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DAN ALTERNATIF PEMECAHANNYA. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).
Muthmainnah, R. N. (2019). Analisis Faktor Penyebab Peserta Didik dengan IQ Tinggi Memperoleh Hasil Belajar Matematika Rendah. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(1), 81-86.
Narulita, U. (. (n.d.). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan. Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Purwoko, R. Y. (2015). Problematika Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Scientific Pada kurikuum 2013 di SMP. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. .
Rahman, T. (2020). KOMUNIKASI DAKWAH UNTUK KAUM MILLENIAL MELALUI MEDIA SOSIAL. At-Tadabbur: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 10(2), 67-85.
Retnawati, H. (2016). Analisis kuantitatif instrumen penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.
Sari, M. (2013). Problematika pembelajaran sains ditinjau dari aspek guru. Al-Ta lim Journal, 20(1), 346-356.
Sari, R. K. (2019). Analisis problematika pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Pertama dan solusi alternatifnya. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 2(1), 23-31.
Satriawan, H. (2018). Problematika Pembelajaran Matematika Pada Materi Statistika Smp Kelas IX. Jurnal Pembelajaran Matematika, 5(3).