Permainan Dakon Sebagai Media Pembelajaran Baris dan Deret (DAKON BARET)

Main Article Content

Wina Octaviani
Suparni

Abstract

Matematika merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mempunyai peranan penting dalam kehidupan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Peserta didik diharapkan memiliki penguasaan yang tinggi terhadap mata pelajaran matematika. Namun pada kenyataannya, sulit bagi peserta didik untuk memiliki kecintaan terhadap matematika, dikarenakan matematika adalah ilmu yang abstrak dan sulit dipahami secara cepat oleh peserta didik. Media pembelajaran sebagai penunjang pembelajaran, yang baik adalah media yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Permainan dakon adalah salah satu permainan yang memiliki konsep matematika yang cukup beragam, salah satunya konsep barisan dan deret aritmetika. Oleh karenanya, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan media pembelajaran berupa pemanfaatan permainan tradisional dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini yaitu studi literature dengan metode kualitatif berupa analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan analisis data. Hasil dari penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa permainan tradisional dakon merupakan salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran siswa pada materi baris dan deret. Selain itu, media ini mudah ditemukan di lingkungan sekitar atau dibuat tanpa mengeluarkan biaya yang cukup banya serta dengan menggunakan media tersebut secara tidak langsung telah melestarikan dan menjaga warisan budaya bangsa yang hamper ditinggalkan.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Asyhar, R.2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.

Dananjaya, U. 2013. Media Pembelajaran Aktif. Bandung. Nuansa Cendekia.

Hadikristanto, W. (2018). Pembelajaran sistem tata surya untuk siswa sekolah dasar berbasis UNITY 3D. Jurnal SIGMA, 8 (1), 85-94.

Hatim, M., Hadi, M., & Huda, M. M. (2019). Dakota (Dakon Matematika) sebagai media penanaman konsep KPK dan FBB di sekolah dasar. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 43-51.

Himmatul Ulya (2017). Permainan Tradisional Sebagai Media dalam Pembelajaran Matematika. Semnasdik.

Mahnun, N. 2012. Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1): 27-35.

Masitoh, I. & Prabawanto, S. (2016). Peningkatan pemahaman konsep matematika dan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas V melalui pembeljaran eksploratif. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 1-11. doi: 10.17509/eh.v7i2.2709

Sadiman,Arief.S.dkk. 2002, Media Pendidikan, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Salomon, G., Perkins,D., & Globerson, T.1991. Partners in Cognition : Extanding human intelligence with intelligent technologies. Educational Reseacher, 2-9.

Sanaky, H. A. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: KAUKABA DIPANTARA.

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia: Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional

Sundayana, Rustiana. 2013. Media Pembelajaran Matematika (untuk guru, calon guru, orang tua, dan para pecinta matematika ). Bandung : ALFABETA.

Suryani, Nunuk dkk. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembanganya. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Yulia Anita Siregar (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Kelas IV SDN 101212 Padang Bujur. MES, Vol.4 No.1

Yulia Lingustika & Ikfan Febriyana (2011). Permainan Dakonmatika Sebagai Media Pembelajaran Matematika Topik Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) Dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal FMIPA UNY.