Pengembangan Modul Penyusunan Instrumen Pengukuran Hasil Belajar Matematika Berbantuan Software Microsoft Forms
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan untuk mengembangkan modul penyusunan instrumen pengukuran hasil belajar matematika berbantuan software Microsoft Forms. Pengembangan modul ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran daring yang harus dilakukan dalam massa pandemi Covid-19 ini yang membuat guru juga harus melakukan evaluasi pembelajaran matematika secara daring. Kendala yang dirasakan oleh guru adalah menyusun instrumen pengukuran hasil belajar matematika secara daring. Untuk mengatasi kesulitan guru tersebut, maka diperlukan pengembangan modul yang dapat membantu guru dalam menyusun instrumen pengukuran hasil belajar matematika secara daring. Pada penelitian ini software yang digunakan dalam menyusun instrumen tersebut adalah Microsoft Forms yang dinilai lebih cocok untuk pembelajaran matematika karena mudah dalam menuliskan simbol-simbol matematika. Pengembangan modul ini mengacu pada model pengembangan Thiagarajan, dkk yang meliputi empat tahap, yaitu: define, design, develop, and disseminate. Namun, dalam penelitian ini dilakukan hanya sampai tahap develop saja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangakan sudah dikatakan valid oleh validator.
Downloads
Article Details
References
Brink, R, and Lautenbach, G. (2011). "Electronic assessment in higher ducation." Educational Studies 37.5: 503-512.
https://www.researchgate.net/publication/232942008_Electronic_assessment_in_higher_education
Chambers, J. G., Lam, I., & Mahitivanichcha, K. (2008). Examining Context and Challenges in Measuring Investment in Professional Development: A Case Study of Six School Districts in the Southwest Region. Issues & Answers. REL 2008-No. 037. Regional Educational Laboratory Southwest (NJ1).
https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED502699.pdf
Deepika, V., Soundariya, K., Karthikeyan, K., & Kalaiselvan, G. (2020). ‘Learning from home’: role of e-learning methodologies and tools during novel coronavirus pandemic outbreak. Postgraduate Medical Journal.
https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/33154099/
Dukenbayeva, G. (2020). Digital Tools in Pandemic–A Case in Nazarbayev Intellectual School. InterConf.
Hamid, A. A. (2001). e-Learning: Is it the “e” or the learning that matters? The internet and higher education, 4(3-4), 311-316.
https://www.learntechlib.org/p/96553/
Henderson, M. (2006). Sustaining the professional development of teachers through a model of community of practice. In Australian Association for Research in Education Conference 2006. https://www.researchgate.net/publication/266467595_Sustaining_the_professional_development_of_teachers_through_a_model_of_community_of_practice
Kurniawati, D., & Lestari, S. (2020). Using Google Forms for Online Listening Test: Does It Work? English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris, 13(2), 136-155.
http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/ENGEDU/article/view/7077/0
Polson, M. C. (1988). J. Jeffrey Richardson. Foundations of Intelligent Tutoring Systems, Lawrence Erlbaum Associates Inc. (Hillsdale, New Jersey).
Putrayasa, I. B., & Atif, N. F. (2009). Jenis kalimat dalam bahasa Indonesia. Refika Aditama.
Rahdiyanta, D. (2016). Teknik penyusunan modul. Artikel. (Online) http://staff. uny. ac. id/sites/default/files/penelitian/dr-dwi-rahdiyanta-mpd/20-teknik-penyusunan-modul. pdf.
Russell, J. D. (1974). Modular Instruction: A Guide to the Design, Selection, Utilization and Evaluation of Modular Materials.
https://eric.ed.gov/?id=ED089343
San Antonio, D. M., Morales, N. S., & Moral, L. S. (2011). Module‐based professional development for teachers: a cost‐effective Philippine experiment. Teacher development, 15(2), 157-169.
https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/13664530.2011.571496
Thiagarajan, S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook.
https://eric.ed.gov/?id=ED090725
Warner, J. P. (2019). Microsoft: A Strategic Audit. Honors Theses, University of Nebraska-Lincoln.