Etnomatematika : Visualisasi Bangun Datar dan Bangun Ruang dengan Alat Peraga Kesenian Daerah Gejog Lesung

Main Article Content

Hana Alifya Rachmanda
Suparni

Abstract

Matematika merupakan salah satu cabang ilmu yang memiliki peranan penting dalam kehidupan, maka dari itu matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan dalam pendidikan di Indonesia.  Pada era sekarang sudah banyak sekali pengembangan inovasi-inovasi yang dapat digunakan untuk menyampaikan pelajaran matematika agar siswa dapat dengan mudah menerima pelajaran dan tidak merasa bosan ataupun kesulitan dalam mempelajarinya. Media pembelajaran matematika berupa alat peraga merupakan salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat  digunakan guru untuk menunjang pembelajaran matematika di kelas. Media alat peraga tidak harus selalu menggunakan alat yang sudah dirancang khusus untuk pembelajaran matematika. Namun dapat juga mengembangkan media alat peraga berbasis kearifan lokal yang berkaitan dengan kesenian daerah. Peneliti meneliti kesenian daerah Gejog Lesung sebagai media alat peraga matematika. Dari segi alatnya, yaitu lumpang dan alu dapat digunakan sebagai bahan ajar materi bangun datar dan bangun ruang. Sedangkan dari segi cara memainkan alatnya, dapat digunakan sebagai bahan ajar materi peluang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan menuliskan hasil penelitian menggunakan metode studi literatur. Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukkan alat berbasis kesenian daerah dapat digunakan sebagai media alat peraga matematika di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Maryati dan Wira Pratiwi. (2019). Etnomatematika Eksplorasi dalam Tarian Tradisional pada Pembukaan Asian Games 2018. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol. 5 (1), pp: 23 - 28.

Jhenny Windya Pratiwi, Heni Pujiastuti. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. Vol. 05 No. 02, Juni 2020

Dita Pertama Sari. Sejarah Dan Perkembangan Kesenian Gejog Lesung di Sanggar Langit Alang-Alang Gunung Gempal Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo. Hal. 7-8

Itoh Masitoh & Prabawanto, S. (2016). Peningkatan pemahaman konsep matematika dan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas V melalui pembeljaran eksploratif. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 1-11. doi: 10.17509/eh.v7i2.2709

Erni Puji Astuti, Riawan Yudi Purwoko, Medita Wahyu Sintiya. (2019). Bentuk Etnomatematika pada Batik Adipurwo dalam Pembelajaran Pola Bilangan. JMSE: Jurnal of Mathematics Science and Education, Vol. 1, No. 2, 1 – 16. doi: https://doi.org/10.31540/jmse.v1i2.273

Himmatul Ulya (2017). Permainan Tradisional Sebagai Media dalam Pembelajaran Matematika. Semnasdik. Universitas Muria Kudus, Kudus Jawa Tengah

Muhammad Daut Siagian. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, Vol. 2, No. 1, Oktober 2016

Tata Vernandes. (2014). Pemanfaatan Model Bangun Ruang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD Amkur Ceria Pelangor. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol. 3, No. 4

Dita Pertama Sari. (2015). Sejarah dan Perkembangan Kesenian Gejog Lesung di Sanggar Langit Alang-alang Gunung Gempal Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo. Universitas Negeri Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Eriska Dwi Retnowati (2013). Eksistensi Kesenian Gejog Lesung Sentung Lestari di Dusun Nangsri, Desa Srihardono, Pundong, Bantul. Universitas Negeri Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Elgie Firdyan Eka Zhoga. (2019). Gamelan Jawa: Sebuah Alternatif Media Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya. Semdikjar: Penguatan Pendidikan & Kebudayaan untuk Menyongsong Society 5.0. Universitas Nusantara PGRI Kediri

Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia: Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional

Hakikat Matematika dan Pembelajaran Matematika di SD. http://file.upi.edu/Direktori/DUAL-MODES/MODEL_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA/HAKIKAT_MATEMATIKA.pdf

Rahmawati Z, Y. R., & Muchlian, M. (2019). Eksplorasi etnomatematika rumah gadang Minangkabau Sumatera Barat. Jurnal Analisa, 5(2), 123–136. https://doi.org/10.15575/ja.v5i2.5942

Yasinta Yenita Dhiki. (2019). Etnomatematika : Aplikasi Bangun Datar dan Bangun Ruang pada Alat Musik Tradisional Wolotopo Kabupaten Ende. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 3 No. 1. https://doi.org/10.37478/optika.v3i1.120