Pemanfaatan Permainan Congklak Sebagai Media Latihan Operasi Bilangan Bulat Positif dan Negatif

Main Article Content

Kintan Rahmaeda Cahyaningtias
Nurul Arfinanti
Raekha Azka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kegunaan permainan tradisional congklak sebagai alat bantu siswa dalam operasi bilangan bulat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Dalam penelitian ini, pendekatan etnografi digunakan sebagai langkah menggambarkan, menjelaskan, dan menganalisis konsep-konsep matematika yang terdapat pada permainan tradisional congklak. Teknik pengumpulan data terdiri dari dua bagian, yaitu pengumpulan data pustaka yang diperoleh dari studi literatur yang berkaitan dengan permainan congklak serta pengumpulan data lapangan yang terdiri dari observasi dan dokumentasi. Hasil observasi tersebut berupa catatan lapangan, yaitu catatan yang dibuat selama kegiatan observasi dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah pedoman observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa permainan congklak dapat menjadi sarana dan media dalam pembelajaran matematika untuk mengenalkan konsep penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat. Selain itu, penggunaan permainan congklak dalam pembelajaran matematika dapat turut melestarikan permainan tradisional Indonesia yang semakin tak dikenal dan terpinggirkan oleh permainan elektronik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Maryati, & Pratiwi, W. (2019). Etnomatematika: Eksplorasi Dalam Tarian Tradisional Pada Pembukaan Asian Games 2018. Fibonacci, 23-28.

https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.23-28

Nasaruddin. (2015). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Khwarizmi Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 3(2):21-30

. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i2.232

Nataliya Prima. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklakuntuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 343-354.

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i2.232

Prasetyo, E & Hardjono, N. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Terhadap Minat Belajar Matematika (MTK) Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo, 111-119.

http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/judikdas/article/view/1450/973

Siregar. (2014). Pengenalan Konsep Operasi Hitung Bilangan Melalui Permainan Congklak Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Khwarizmi, 119-127.

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i1.107

Verawati Wote, Sasingan M, dan Kasiang Y. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Media Congklak Pada Siswa Kelas II SD Inpres Wosia. International Journal of Elementary Education.107-111.

http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24384

Muslimin, dkk. (2012). Desain Pembelajaran Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Permainan Tradisional Congklak Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Kreano, 100-110.

http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/2642

Aminah. (2016). Efektivitas Pembelajaran Dengan Menggunakan Alat Peraga Congklak dan Nomograf Pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Di Kelas V MI TPI Keramat Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/7048

Wilfrida. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Etnomatematika Gomo Toma “Congklak” Untuk Materioperasi Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas VII Smpk Alvarez Paga Tahun Pelajaran 2018/2019. Scientifical Colloquia: Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Flores, 7-15.

http://uniflor.ac.id/e-journal/index.php/jupika/article/download/595/623/1196

Pratiwi. (2015). Pengaruh Permainan Congklak Terhadap Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan Peserta Didik Tunagrahita Kelas III SDLB. Jurnal Ortopedagogia, 296-301.

http://journal.um.ac.id/index.php/jo/article/view/5244

Setiyowati, Rina. (2017). Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Perkalian Menggunakan Media Permainan Congklak Pada Siswa Kelas II Sd Negeri 182/I Hutan Lindung. Skripi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Jambi.

https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2243

Nugraheni, Nursiwi. (2017). Implementasi Permainan Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Journal Of MEDIVES : Journal Of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 142-149.

http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/490

Muzdalipah, I & Yulianto, E. (2015). Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Untuk Siswa SD Berbasis Aktivitas Budaya Dan Permainan Tradisional Masyarakat Kampung Naga. Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan, 63-74.

http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jspendidikan/article/view/18/20

Andriani, T. (2012). Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Sosial Budaya, 121-136.

http://dx.doi.org/10.24014/sb.v9i1.376

Ulya, H. (2017). Permainan Tradisional Sebagai Media Dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Pendidikan. FKIP. Universitas Muhammadiyah Metro. 371-376.

https://repository.ummetro.ac.id/semnasdik/halaman/36

Muslihatun, A., dkk. (2019). Pemanfaatan Permainan Tradisional Untuk Media Pembelajaran: Congklak Bilangan Sebagai Inovasi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15 (1) : 14-2.

https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i1.915

Christinanda, S. R. A., Aprinastuti, C.,& Mayasari, E. D. (2020). Pengembangan buku petunjuk penggunaan permainan tradisional dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Profesi Guru. Vol 1(No 2), 130-141.

https://doi.org/10.22219/jppg.v1i2.13468

Apriliyanti, Bunga (2020) Analisis Penerapan Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Matematika Kelas III Sekolah Dasar. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/71934