Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Main Article Content

ina Agustin
Iis Daniati Fatimah
Novialita Angga Wiratama

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN 3 Brengkok Brondong-Lamongan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan media audio visual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus memiliki 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 3 Brengkok (N=22). Dalam penelitian digunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi untuk teknik pengumpulan data. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan model Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data pada siklus I, rata-rata hasil belajar siswa mencapai 71,54 atau kategori sedang. Setelah refleksi dilakukan pada siklus 1, perlu dilakukan perbaikan terhadap beberapa kendala yang dialami kemudian dilanjutkan pada siklus II. Data pada siklus II menunjukkan peningkatan hasil belajar. Rata-rata hasil belajar matematika siswa adalah 82,90 atau dikategorikan tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan media audio visual berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 3 Brengkok Brondong-Lamongan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Agung, A. A. G. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Analisis Data dalam PTK). Makalah disajikan dalam Workshop Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Undiksha. PGSD FIP Undiksha Singaraja, 27 September 2010.

Agung, A. A G. 2012. Metodelogi Penelitian. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.

Azhar, A. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Fitri, B. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha.

Purwono, J. Y. S. & Anitah. 2014. Penggunaan Media Audiovisual pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMAN 1.Pacitan. JournalTeknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2 (2). 127-144

Siswoyo, D. et al. 2011. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Shoimin, A. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.