Analisis Motivasi Belajar Matematika Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga pada Penggunaan Media E-Learning Daring
Main Article Content
Abstract
Pandemi Covid-19 menyebabkan hampir segala aspek kehidupan beralih dari luring ke daring, termasuk dalam aspek pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi. Karena perpindahan ini, timbul kebiasaan baru dan perubahan motivasi belajar mahasiswa. Perubahan motivasi belajar tidak akan terlepas dari kesiapan belajar mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Matematika selama pembelajaran daring ini. Penelitian ini meggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Matematika angkatan 2019 Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Metode pengumpulan data adalah dengan angket yang dibagikan ke mahasiswa dalam bentuk gform. Untuk pengukurannya, peneliti menggunakan skala Likert, yaitu 1) sangat tidak setuju, 2) tidak setuju, 3) ragu-ragu, 4) setuju, dan 5) sangat setuju. Instrumen dari angket tersebut merupakan hasil adopsi dari sebuah skripsi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Matematika selama pembelajaran daring adalah baik. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar sangat berpengaruh pada perilaku mahasiswa pendidikan matematika.
Downloads
Article Details
References
A’yun, D. A. (2020). Pengaruh Pemanfaatan E-learning Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. JUSTINDO (Jurnal Sistem & Teknologi Informasi Indonesia), 53-59.
Hardyanto, R. H. (2016). PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI E-LEARNING MENGGUNAKAN MOODLE DAN VICON UNTUK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 43-53.
Nugroho, K. A. (2021). Pengaruh Pembelajaran Online terhadap Tingkat Motivasi Belajar Mahasiswa/Mahasiswi Feb Akuntansi UKSW di Masa Pandemi Covid 19. JURNAL AKUNTANSI PROFESI, 211-222.
Pratama, A. P. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 88-95.
Sara Susilawati, d. (2021). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE TERHADAP. JURNAL KIMIA & PENDIDIKAN KIMIA, 55-63.
Tabun, M. A. (2021). PENGARUH KULIAH ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DI DAERAH JABODETABEK SELAMA MASA PANDEMIK COVID-19. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran, 21-31.