Pemanfaatan Motif Batik Sidoluhur Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Materi Geometri Bangun Datar

Main Article Content

Zahrina Salsabila
Nurul Arfinanti
Raekha Azka

Abstract

Etnomatematika menjadi penting untuk menghubungan antara budaya dan konsep-konsep pada Matematika agar masyarakat mengetahui bahwa Matematika sangat dekat dan berhubungan erat dengan mereka dalam lingkup budaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengkaji Etnomatematika dengan memanfaatkan karya seni batik motif Sidoluhur pada pembelajaran matematika dalam penyampaian materi geometri bangun datar. Data dari penelitian ini diperoleh dari studi kepustakaan, pengamatan, dan dokumentasi yang sudah dilakukan peneliti. Dokumentasi penelitian berupa rancangan pembuatan alat peraga, laporan alat peraga serta dokumentasi yang berupa video penjelasan terkait alat peraga yang dibuat serta cara penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Hasil yang diperoleh dari kajian dalam penelitian ini bahwa pada motif batik Sidoluhur terdapat nilai-nilai matematis yang tercipta, yaitu terdapat unsur-unsur geometri bangun datar yang terbentuk pada pola motif Sidoluhur yang dapat dimanfaatkan untuk penyampaian dan pengembangan materi bangun datar dengan aspek penerapan Matematika yang digunakan adalah luas dan keliling dari bangun datar yang dibentuk. Selain itu, batik sidoluhur juga dapat diaplikasikan ke dalam permasalahan-permasalahan matematis yang dapat memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Agustin, A. (2014). SEJARAH BATIK DAN MOTIF BATIK DI INDONESIA. SEMINAR NASIONAL RISET INOVATIF II, 539-545.

Arwanto, M. (n.d.). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA BATIK TRUSMI CIREBON UNTUK MENGUNGKAP NILAI FILOSOFI DAN KONSEP MATEMATIS. 40-49.

Budiarto, M. T. (n.d.). PERAN MATEMATIKA DAN PEMBELAJARANNYA DALAM MENGEMBANGKAN KEARIFAN BUDAYA LOKAL UNTUK MENDUKUNG PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA. Madura.

Darwanto. (2019). KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS. Jurnal Eksponen, 20-26.

Intan Aulia Rakhmawati, N. N. (2018). KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEBAGAI PENGUAT KARAKTER SISWA. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 186-196.

Lufian. (n.d.). Peningkatan Pemahaman Rumus Geometri Melalui Pendekatan Realistik di Kelas V SD Negeri 1 Baiya. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 263-277.

MARINA, W. (2020). KAJIAN ETNOMATEMATIKA MOTIF BATIK JLAMPRANG DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENGEMBANGAN MATERI BANGUN DATAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SLTP (STUDI PADA INDUSTRI BATIK DI PEKALONGAN TAHUN 2020). 1-82.

Muafi, M. S. (2020). Menggali Potensi Kekayaan Motif Batik Modern Perkumpulan Batik Sido Luhur Pakualaman Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 245-254.

Musman, A. (2011). Batik: Warisan Adiluhung Nusantara. Yogyakarta: G-Media.

Nabilah Akmalia, S. L. (2020). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA BATIK SEKAR JAGAD BLAMBANGAN SEBAGAI BAHAN AJAR SISWA. ©Kadikma, Vol.11, No.2, 36-49.

Noer, S. H. (2011). KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH OPEN-ENDED. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 105-1011.

S., C. W. (2017). MENANAMKAN KONSEP BENTUK GEOMETRI (Bangun Datar). Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 1-8.

Sudirman, A. L. (2018). Penggunaan Etnomatematika Pada Batik Paoman Dalam Pembelajaran Geometri Bidang Di Sekolah Dasar. Indomath: Indonesian Mathematics Education, 27-34.

Sudirman, R. ,. (2017). PENGGUNAAN ETNOMATEMATIKA PADA KARYA SENI BATIK INDRAMAYU DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI TRANSFORMASI. Pedagogy Volume 2 Nomor 1, 84-160.

Suprih Widodo, S. M. (n.d.). Geometri Bangun Datar.