Kontribusi Penggunaan E-Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Main Article Content
Abstract
Pandemi Covid-19 yang melanda mengharuskan kita untuk melaksanakan pembelajaran secara daring dengan memanfaatkan berbagai media yang ada, salah satunya yaitu e-learning. Terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan e-learning terhadap motivasi belajar mahasiswa. Penelitian dilakukan dengan metode survei melalui pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui kontribusi penggunaan e-learning dan motivasi belajar terhadap prestasi akademik (IP) mahasiswa pendidikan matematika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada pembelajaran daring. Subjek penelitian terdiri dari 51 mahasiswa aktif Program Studi Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga angkatan 2018-2020. Instrumen pengambilan data berupa angket penggunaan e-learning dan motivasi belajar serta KHS (Kartu Hasil Studi) mahasiswa. Proses analisis data dilakukan melalui teknik perhitungan statistik deskriptif dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah penggunaan e-learning dalam pembelajaran daring tidak berpengaruh secara parsial terhadap prestasi akademik mahasiswa. Sedangkan motivasi belajar secara signifikan berpengaruh positif sebesar 0,022 poin terhadap hasi prestasi akademik mahasiswa pendidikan matematika UIN Sunan Kalijaga, artinya bahwa adanya peningkatan motivasi belajar akan perpengaruh terhadap peningkatan prestasi akademik. Penggunaan e-learning dan didukung motivasi belajar secara simultan atau bersama-sama juga dapat mempengaruhi peningkatan prestasi akademik mahasiswa pendidikan matematika UIN Sunan Kalijaga.
Downloads
Article Details
References
Andayani, D. D., Fathahillah, & Abdal, N. M. (2021). Penerapan E-Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat (pp. 228-236). Makasar: Universitas Negeri Makasar. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/15869
Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring saat Pandemi Covid-19 terhadap Mahasiswa Indonesia. PLACENTUM Jurnal Ilmiah Kesehatan dan aplikasinya, 8(2), 99-108. doi:https://doi.org/10.20961/placentum.v8i2.43008
Arieska, P. K., & Herdian, N. (2018). Pemilihan Teknik Sampling Berdasarkan Perhitungan Efisiensi Relatif. Jurnal Statistika UNIMUS, 6(2), 166-171. doi:https://doi.org/10.26714/jsunimus.6.2.2018.%25p
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Gafindo Persada.
Aurora, A., & Effendi, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), 5(2), 11-16. doi:https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.105133
Darliah, L. (2016). Pengaruh Kualitas Informasi dan Penggunaan E-Learning terhadap Prestasi Belajar dengan Motivasi sebagai Variabel Intervening. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, UNY (skripsi), 1-106. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38961
Fadila, R. N., Nadiroh, T. A., Juliana, R., Zulfa, P. Z., & Ibrahim. (2021). Kemandirian Belajar Secara Daring Sebagai Prediktor Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 880-891. doi:https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.457
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete. Semarang: Universitas Diponegoro.
Gulo, W. (2007). Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo.
Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 10(1). Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/3438
Haryadi, R., & Kansaa, H. N. (2021). Pengaruh Media Pembeajaran E-Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 7(1), 68-73. doi:https://doi.org/10.36835/attalim.v7i1.426
Ibrahim, D. S., & Suardiman, S. P. (2014). Pengaruh Penggunaan E-Learning terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasi, 2(1), 66-72. doi:https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2645
Mukhlisin, & Ibrahim. (2021). Tinjauan Resiliensi Belajar Matematika dan Disposisi Matematika pada Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Polynom: Journal in Mathematics Education, 1(1), 1-10. Retrieved from http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/Polynom/article/view/4334/2153
Rifa'i, A. F., & Sumarsono. (2020). Analisis Readiness Mahasiswa Baru dalam Pembelajaran Daring di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal Teknik Informatika, 13(2), 179-188. doi:https://doi.org/10.15408/jti.v13i2.18580
Sari, P. (2015). Memotivasi Belajar dengan Menggunakan E-Learning. Jurnal Ummul Qura, 6(2), 20-35. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/qura/article/view/2048
Sari, Y. I., & Trisnawati, N. (2021). Analisis Pengaruh E-Learning dan Kesiapan Belajar Terhadap Minat Belajar Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Interverting Mahasiswa Program Beasiswa FLATS di Surabaya pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 346-360. doi:https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3736
Sary, F. P., & Prasetio, A. (2021). Pengaruh Pemanfaatan E-Learning terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar pada Mata Kuliah E-Commerce di Universitas Telkom Bandung. Edum Journal, 4(1), 29-39. doi:https://doi.org/10.31943/edumjournal.v4i1.75
Sudjana, N., & Rivai, A. (2005). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. (2015). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sujiwo, D. A., & A'yun, Q. (2020). Pengaruh Pemanfaatan E-learning Terhadap motivasi Belajar Mahasiswa. JUSTINDO (Jurnal Sistem & Teknologi Informasi Indonesia), 5(2), 53-59. doi:https://doi.org/10.32528/justindo.v5i2.3469
Triama, R. A. (2021). Pengaruh Pembelajaran E-Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Maulana Malik Ibrahim (skripsi), 1-147. Retrieved from http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/29448
Umar, A., Arief, A., & Wiranugraha, V. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Jurnal Ilmiah METANSI "Manajemen dan Akuntansi", 3(1), 14-21. Retrieved from https://ojs.stie.ypls.ac.id/index.php/jurnalmetansi/article/view/91