Eksplorasi Bakpia Pathuk Jogja Untuk Pembelajaran Matematika

Main Article Content

salma hakiim
Suparni

Abstract

Bakpia sebagai makanan khas Yogyakarta  berbentuk bulat pipih dengan isian kacang hijau disadari atau tidak disadari dapat mengingatkan kita tentang bentuk lingkaran dan tabung sekaligus. Dalam pendekatan etnomatematika tentu bakpia dapat digunakan sebagai budaya yang mengimplementasikan materi materi seperti luas lingkaran, volume tabung, dan aritmatika social. Dalam tulisan ini, penulis akan membahas mengenai pemanfaatan bakpia dalam pembelajaran matematika. Dengan pemberian conroh secara konkriet siswa akan lebih mudah memahami pateri karena telah mendapatkan gambaran langsung penggunaan materi yang akan diberikan. Penelitian kali ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografiuntuk menggambarkan materi. Diharapkan dengan adanya tulisan ini dapat mengispirasi guru dalam memberikan materi kepada siswa dan meningkatkan hasil belajar dan kemampuan siswa terlebih dalam materi lingkaran, tabung, dan aritmatika social.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Hartono, Y. (2007). Pendekatan matematika realistik. Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar.

Holisin, I. (2016). Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 7(3).

Kencanawaty, G. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pada Pelajaran Matematika. Jurnal MathEducation Nusantara, 2(2), 194-200.

Oktavia, D. T. (2019). Proses Pembuatan Kumbu Kacang Hijau Di Bakpia Pathok 25 Yogyakarta.

Pusvita, Y. H. (2019). Etnomatematika Kota Bengkulu: Eksplorasi Makanan Khas Kota Bengkulu “Bay Tat” untuk Memahami Pembelajaran Matematika di Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 185-193.

Richardo, R. (2017). Peran ethnomatematika dalam penerapan pembelajaran matematika pada kurikulum 2013. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 7(2), 118-125.

Sembiring, R. K. (2010). Pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI): Perkembangan dan tantangannya. Indonesian Mathematical Society Journal on Mathematics Education, 1(1), 11-16.

Supardi, U. S. (2012). Pengaruh pembelajaran matematika realistik terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(2).

Syahputra, E. (2013). Peningkatan kemampuan spasial siswa melalui penerapan pembelajaran