Pengaruh Media Sosial WhatsApp terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa
Main Article Content
Abstract
Motivasi adalah suatu dorongan yang muncul dari peserta didik baik secara intrinsik ataupun ekstrinsik yang membuat semangat belajar untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Selama pembelajaran daring satu dari semua aplikasi yang sering dipakai adalah WhatsApp. Penelitian ini bermaksud mengetahui pengaruh media sosial WhatsApp terhadap motivasi belajar mahasiswa. Kategori dari penelitian ini adalah kuantitatif. Subjek penelitian adalah 32 orang mahasiswa semester 5 Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner tertutup berbentuk Google Form. Data dianalisis dengan software SPSS versi 25. Dari hasil penelitian didapatkan jika penggunaan media sosial WhatsApp dan motivasi belajar mahasiswa terdapat hubungan dengan koefisien korelasinya 0,447 yang termasuk pada kategori tinggi. Kemudian dilaksanakan analisis regresi linear sederhana guna mengetahui pengaruh media sosial WhatsApp terhadap motivasi belajar mahasiswa dan didapatkan koefisien regresi 0,452. Nilai tersebut berarti setiap peningkatan 1% nilai penggunaan media sosial WhatsApp yang akan terjadi adalah nilai dari motivasi belajar mahasiswa akan bertambah 0,452. Karena koefisien regresinya positif, bisa disimpulkan jika penggunaan media sosial WhatsApp berpengaruh positif terhadap motivasi belajar.
Downloads
Article Details
References
Alwiani, R. (2021). Tanggapan siswa terhadap penggunaan WhatsApp sebagai media belajar daring hubungannya dengan motivasi belajar PAI dan budi pekerti : Penelitian pada siswa kelas VIII SMPN 1 Situraja Sumedang. Thesis.
Amna, A. (2018). WhatsApp dan Konsep Jarak Sosial Baru di Masyarakat. EXPOSE Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 134-144.
Fadila, R. N., Nadiroh, T. A., Juliana, R., Zulfa, P. Z., & Ibrahim. (2021). Kemanditian Belajar Secara Daring Sebagai Prediktor Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 880-891.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hidayat, A. (2012). Statistikian. Diambil kembali dari https://www.statistikian.com/2012/08/regresi-linear-sederhana-dengan-spss.html
Kamila, H. P. (2019). Pengaruh pemanfaatan media sosial whatsapp terhadap motivasi belajar bahasa indonesia di smp islam al wahab jakarta tahun pelajaran 2018/2019. Skripsi.
Kariandinata, R., & Abdurahman, M. (2015). Dasar-Dasar Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Marpaung, J. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget dalam Kehidupan. Jurnal Kopasta, 5(2), 55-64.
Meiryani. (2021). BINUS UNIVERSITY Faculty of Economics & Communication. Diambil kembali dari https://accounting.binus.ac.id/2021/08/06/memahami-uji-heteroskedastisitas-dalam-model-regresi/
Nurpadilah, S. N. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran Whatsapp terhadap motivasi belajar fiqih: Penelitian terhadap siswa kelas XI di MAS Teladan Al-Kalam Cianjur. Skripsi.
Raharjo, S. (2021). SPSS Indonesia. Diambil kembali dari https://www.spssindonesia.com/2014/02/uji-linearitas-dengan-program-spss.html
Riyani, Y. (2012). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal EKSOS, 8(1), 19-25.
Sahid, H. M. (2020). Pengaruh Media Sosial WhatsApp terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Kabupaten Bogor Wilayah Selatan. JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), 6(2), 248-257.
Sastiawan, D. (2021). Pemerintah Kota Bengkulu DISKOMINFOSAN. Diambil kembali dari https://kominfo.bengkulukota.go.id/5-manfaat-utama-media-sosial-untuk-pelajar-dan-mahasiswa/
Suciadin, J. (2021). Pengarug Penggunaan Media Sosial WhatsApp Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas XI Madrasah Muallimin Muhammadiyah Makassar. Al-Maraji’ : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 81-104.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syarifudin, A. S. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. METALINGUA Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra indoneisa, 5(1), 31-34.
Zahroh, F. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Sosial WhatsApp Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Pakong 1 Pamekasan di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 12-21.