Problematika Orangtua dalam Mendampingi Pembelajaran Matematika Anak Secara Daring di Yogyakarta
Main Article Content
Abstract
Pembelajaran daring sebagai upaya mencegah penularan virus Covid-19 mendapat banyak keluhan baik dari siswa maupun orang tua. Beberapa orang tua sebagai pihak pertama yang berhadapan dengan siswa merasa jika dengan adanya pembelajaran daring anak merasa tidak sedang belajar, karena di rumah anak lebih tertarik untuk bermain. Sementara itu, orang tua mengalami kesulitan dalam membersamai anaknya selama pembelajaran jarak jauh. Oleh karena itu, penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan dapat menyampaikan secara rinci kesulitan yang dialami orang tua dalam membersamai siswa melaksanakan pembelajaran daring agar dapat memberikan solusi bagi perbaikan untuk kegiatan pembelajaran kedepannya. Subyek dalam penelitian ini adalah orang tua yang bekerja dengan siswa yang bersekolah di sekolah menengah pertama (SMP). Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitiatif dengan pendekatan fenomenologi. Dari data yang diperoleh, didapatkan kesimpulan bahwa terdapat problematika orang tua dalam membersamai siswa belajar secara daring, seperti kurangnya pembagian waktu keluarga dan waktu kerja, kurangnya hubungan emosi orang tua dan anak, dan orang tua yang kurang memahami materi pada tingkatan anaknya.
Downloads
Article Details
References
Pembelajaran Tatap Muka Kurangi Risiko Dampak Sosial Negatif untuk Anak. (2021, September 4). Retrieved Oktober 23, 2021, from COVID-19 Hotline: https://covid19.go.id/p/berita/pembelajaran-tatap-muka-kurangi-risiko-dampak-sosial-negatif-untuk-anak
Ardiansyah, A., & Arda, A. (2020). Peran Orang Tua Dalam Proses Belajar Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Menumbuhkan Sikap Ilmiah. Musawa: Journal For Gender Studies, 12(1), 140-164.
Ayuningrum, D. L. (2021). Peran Orang Tua Sebagai Pendidik Karismatik Di Masa Pandemi. Skripsi.
Diva, A. S., Chairunnisa, A. A., & Mufidah, T. H. (2021). Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Current Research in Education: Conference Series Journal, 01(01).
Fahlena, H. (2021). Peran Dan Kendala Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Proceeding: Islamic University of Kalimantan, 397-403.
Ginanjar, A. Y. (2019). Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika Dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 121-129.
Hakiim, S. &. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Materi Kesebangunan Dan Kekongruenan Ditinjau Dari Siswa. Polynom: Journal in Mathematics Education, 1(1), 44-52.
Harahap, S. A. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825-1836.
Istiqamah, I. C. (2020). Problematika Wali Murid Sekolah Muhammadiyah dalam Mendampingi Belajar Daring di Masa Pandemi Covid-19. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 195-209.
Kemdikbud. (2021, Maret 30). Dorong Akselerasi PTM, Pemerintah Umumkan SKB Empat Menteri. Retrieved Oktober 23, 2021, from kemdikbud.go.id: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/03/dorong-akselerasi-ptm-pemerintah-umumkan-skb-empat-menteri
KEMENDIKBUD. (2020, April 11). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19, Tantangan yang Mendewasakan. Retrieved from Pusat Data Dan Teknologi Informasi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan: https://pusdatin.kemdikbud.go.id/pembelajaran-online-di-tengah-pandemi-covid-19-tantangan-yang-mendewasakan/
Kemendikbud. (2021). Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/03/dorong-akselerasi-ptm-pemerintah-umumkan-skb-empat-menteri
Kominfo. (2021, September 4). covid19.go.id. Retrieved Oktober 23, 2021, from Pembelajaran Tatap Muka Kurangi Risiko Dampak Sosial Negatif untuk Anak: https://covid19.go.id/p/berita/pembelajaran-tatap-muka-kurangi-risiko-dampak-sosial-negatif-untuk-anak
Kuswanto, K. K. (2021). Problematika Orangtua Saat Mendampingi Anak dalam Pembelajaran Daring. Journal of Multiliteracies, 1(1), 35-40.
Pangondian, R. A. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan pembelajaran daring dalam revolusi industri 4.0. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), Vol. 1, No. 1.
Purnomo, Y. (2017). Pengaruh sikap siswa pada pelajaran matematika dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 93-105.
Putri, I. (2021, September 4). Detik News. Retrieved from detik.com: https://news.detik.com/berita/d-5710196/3-alasan-pemerintah-percepat-sekolah-tatap-muka-terbatas
Sadiyah, H. H. (2021). Peningkatan mutu pendidikan di kelas 9 pada masa pandemi COVID-19. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1).
Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantiatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sudaryanto. (1993). Metode Dan Aneka Teknik Analisis Bahasa (Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Sulistyarini, I. A. (2021). Kendala Orangtua Dalam Mendampingi Anak Belajar Pada Masa Covid 19. ACADEMIA : Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 98-106.
Surjaweni, W. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Utami, E. W. (2020). Kendala dan Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 471-479.
World Health Organization. (2021, 10 20). Data Sebaran. Retrieved from https://covid19.go.id/