Hubungan Antara Kemandirian Belajar dengan Disposisi Matematis Peserta Didik Kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA)

Main Article Content

Sayidatul Maghfiroh Az Zahra
Aqidatul Izzah
Ibrahim

Abstract

Kemandirian belajar merupakan inisiatif peserta didik secara mandiri dalam belajar yang menjadi aspek penting untuk menunjang keberhasilan peserta didik dalam proses pembelajaran. Selain kemandirian belajar, disposisi matematis juga perlu dimiliki oleh peserta didik agar mampu bertanggung jawab dalam belajar dan menerapkan kebiasaan bekerja dengan baik dalam matematika, serta menyelesaikan persoalan dengan sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dengan disposisi matematis peserta didik kelas X di salah satu SMA negeri di Kota Serang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian keterkaitan atau korelasi. Sampel pada penelitian ini berjumlah 31 peserta didik kelas X. Teknik pengambilan data menggunakan instrumen nontes berupa kuisioner kemandirian belajar dan disposisi matematis yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya serta disebarkan melalui google formulir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai korelasi antara kemandirian belajar dengan disposisi matematis dalam tingkat kategori sangat rendah yaitu sebesar 0.091. Adapun nilai signifikansi yang dihitung dengan SPSS versi 25.0 sebesar 0.626  0.05 yang berarti tidak terdapat hubungan secara signifikan antara kemandirian belajar dengan dipsosisi matematis peserta didik. Hal tersebut dikarenakan banyak faktor lain yang berpengaruh dalam aspek disposisi matematis.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Ayu Lestari, L., Suharto, S., & Fatahillah, A. (2016). Analisis Pengaruh Disposisi Matematis terhadap Hasil Belajar Materi Integral Tak Tentu Siswa Kelas XII IPA 2 SMAN 4 Jember. Jurnal Edukasi, 3(1), 40. https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i1.4320

Bramantha, H. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Situbondo Heldie. Madrosatuna; Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 21–28.

Daulay, S. N. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Kinerja Pegawai. Universitas Negeri Sumatera Utara, 1–23.

Friantini, R. N., & Winata, R. (2020). Disposisi Matematis Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Pada Perkuliahan Daring Berbantuan Google Classroom Masa Covid-19. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 53–64. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v7i2.1068

Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147–154. https://doi.org/10.21009/pip.342.9

Huda, A. (2019). Hubungan disposisi matematis dengan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas v di sdit bina anak islam krapyak.

Indah, R. P., & Farida, A. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 41–47. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i1.1641

Ismawati, Y., Ramadhani, D. I., Jamaliyah, R., Rachmat, R. E. H., Ibrahim, & Hanifa, F. (2021). Hubungan Antara Disposisi Matematis dengan Kemampuan Representasi Matematika Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian …, 4, 35–46. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/equation/article/view/3962

Izzati, N. (2017). Pengaruh Kemampuan Koneksi Dan Disposisi Matematis Terhadap Hasil Belajar Geometri Bidang Datar Mahasiswa Iain Syekh Nurjati Cirebon. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 6(2), 33. https://doi.org/10.24235/eduma.v6i2.2231

Julaecha, S., & Baist, A. (2019). Hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa SMK kelas XII pada pelajaran matematika. Jurnal Analisa, 5(2), 103–108. https://doi.org/10.15575/ja.v5i2.4752

Khabibah, N. (2015). Pengaruh kemandirian belajar dan interaksi sosial antar siswa terhadap prestasi belajar matematika. 1–6.

Kurniawan, A., & Kadarisma, G. (2019). Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika, 1(1), 41–49. https://doi.org/10.30822/asimtot.v1i1.97

Miliyawati, B., & Herman, T. (2019). Effect of problem based learning with didactical engineering on student mathematical disposition. Journal of Physics: Conference Series, 1315(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1315/1/012021

Nuraidah, S., Sarifah, F. S. D., Riajanto, M. L. E. J., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Mts Negeri Di Bandung Barat Pada Materi Segiempat Dan Segitiga. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 547. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p547-558

Nurdika, S. A. (2019). Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP N 1 Paguyangan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2018/2019. 1–62.

Nurhafsari, A., & Sabandar, J. (2018). Kemandirian Belajar Matematika Siswa ( Mathematical Self Regulated Learning of Students in. 01(02), 102.

Rahayu, I. F., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kemandirian Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 789–798. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.789-798

Sa’adah, S., & Zanthy, L. S. (2019). Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa SMP. Journal on Education, 01(03), 405–410. http://jonedu.org/index.php/joe/article/view/181

Sari, J., & Sutirna, S. (2021). Analisis disposisi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Karawang Barat. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 266–272. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/624

Septiani, A. (2020). Pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII di MTs negeri 5 Kebumen.

Tahar, I., & Enceng. (2006). Hubungan Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Pada Pendidikan Jarak Jauh.

Utami, W. T., Mustadi, A., Marsigit, M., & Ibrahim, I. (2021). Hubungan Disposisi Matematis Dan Self-Efficacy Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 117. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3025

Vitariastuti, S. (2012). Hubungan antara kemandirian dan motivasi belajar matematika dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas x smk negeri 1 wirosari kabupaten grobogan semester i tahun ajaran 2011/2012.