Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Konteks Islami untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII
Main Article Content
Abstract
Pemecahan masalah merupakan hal terpenting yang terdapat dalam tujuan pembelajaran. Pentingnya kemampuan tersebut maka dibutuhkan perlakuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa agar dapat menumbuhkan berpikir secara sistematis, kritis dan logis. Salah satunya menggunakan bahan ajar yang inovatif dan dan mengacu pada masalah matematika pada kehidupan sehari-hari siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui bahan ajar matematika berbasis konteks islami pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII MTs Maarif NU 1 Karanglewas yang mempunyai kelebihan pada muatan pendidikan islam. Metode penelitian yang digunakan adalah Reseach and Development dengan menggunakan pengembangan model PPE (Planning, Production, and Evaluation). Analisis data validitas pengembangan bahan ajar melalui angket validasi yang diberikan kepada tiga validator, serta analisis data efektivitas melalui hasil tes pemecahan masalah matematika yang diberikan kepada 56 siswa MTs Maarif NU 1 Karanglewas. Hasil peneitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar matematika berbasis islami valid dan layak digunakan sebagaimana hasil validasi ahli materi dengan persentase kumulatif 93,18%, vaidasi bahan ajar dengan persentase kumulatif 95,23%, validasi ahli konteks islami dengan persentase penilaian 91,42%. Selanjutnya bahan ajar matematika berbasis konteks islami dinyatakan efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan skor N-gain eksperiment 0,71 dengan kategori tinggi yang mana lebih baik dari skor N-gain kontrol 0,29 dengan kategori rendah.
Downloads
Article Details
References
Abdussakir. 2006. Ada Matematika dalam Al-Qur’an. Malang: UIN-Maliki Press.
Abdussakir & Rosimanidar. 2017. Model Integrasi Matematika dan Al-Quran serta
Praktik Pembelajarannya. Makalah Seminar Nasional di IAIN Bukittinggi, 26 April 2017.
Abdurrahman, M. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta:
Rineka Cipta.
Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Djauhari, M.A. 2008. Integrasi Matematika & Islam. Materi Kuliah Tamu di
Jurusan Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri
Maulana Malik Ibrahim Malang, tanggal 17 Mei 2008.
Farida Nur Laela Zunaidah, Mohammad Amin, 2016, Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah
Bioteknologi Berdasarkan Kebutuhan dan Karakter Mahasiswa Universitas Nusantara
PGRI Kediiri, Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, vlm 2, No 1,
Kurniati, A. 2015. Mengenalkan Matematika Terintegrasi Islam Kepada Anak Sejak Dini. Suska Journal of Mathematics Education. 1(1): 1-8.
Komalasari, K. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
Lestari, I. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.
Mualimul Huda, Mutia, “Mengenal Matematika dalam Perspektif Islam”, Jurnal Kajian
Keislaman dan Kemasyrakatan, Vol. 2, No. 2, Tahun 2017.
Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Rosimanidar dan Abdussakir. 2016. Pembelajaran Aljabar Berbasis Nilai-nilai Akhlak untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aljabar Mahasiswa Semester I Unit 1 Prodi Tadris Matematika STAIN Malikussaleh Lhokseumawe T.A 2015/2016. Makalah disampaikan pada Konferensi Nasional Matematika XVIII di UIN Suska Riau, tanggal 2-5 November 2016.
Sadjati. 2012. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Safitri. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Level IGCSE Berbasis Tugas Terstruktur bagi Mahasiswa Calon Guru matematika. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 9 (1).
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suryanto,. 2002. Penggunaan Masalah Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika. Pidato pengukuhan Guru Besar Pendidikan Matematika, diucapkan didepan rapat Terbuka Senat UNY pada tanggal 21 september 2002.
Sutarto Hadi, Rudiyatul. 2014. Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya Untuk
Mengembangkan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematis Di Sekolah
Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 2. No. 1.
Wahyudin. 2009. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Grasindo.
Yusnita, R., Masykur, S., Suherman. 2016. Modifikasi Model Pembelajaran Gerlach dan Ely melalui Integrasi Nilai-nilai Keislaman sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis. Aljabar: Jurnal Pembelajaran Matematika, 7 (1).