Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas

Main Article Content

Dewi Maisaroh
Prilia Linda Astuti
Ibrahim

Abstract

Penggunaan media pembelajaran baik berbasis teknologi maupun konvensional berperan penting dalam proses pembelajaran, yang mana salah satu fungsinya adalah untuk membangkitkan motivasi dan rangsangan dalam diri siswa untuk belajar. Sehingga, dengan adanya motivasi yang dimilikinya, siswa akan bersemangat untuk mencapai tujuan yang diinginkannya. Akan tetapi, tidak sedikit guru yang telah mengimplementasikan penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey dengan teknik pengumpulan data berupa angket yang dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif menggunakan rumus persentase dengan bantuan software Microsoft Excel 2013 dan teknik analisis statistik inferensial dengan bantuan software SPSS versi 25. Subjek yang digunakan peneliti dalam melakukan penelitian ini adalah siswa sekolah menengah atas di Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran memiliki pengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa dan kedua variabel memiliki hubungan sedang. Media pembelajaran memberikan pengaruh sebesar 33.7%, sedangkan 66.3% dipengaruhi oleh faktor lain.  

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Afifah, N., & Hartatik, S. (2019). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga terhadap Motivasi Belajar pada Pelajaran Matematika Kelas II SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(2), 209–216.

Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, XVI(1), 98–107.

Fadila, R. N., Nadiroh, T. A., Juliana, R., Zulfa, P. Z. H., & Ibrahim. (2021). Kemandirian Belajar Secara Daring Sebagai Prediktor Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 880–891.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104–117.

Faradila, S. P., & Aimah, S. (2018). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Beajar Siswa di SMA N 15 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus, 1, 508–512.

Handhika, J. (2012). Efektivitas Media Pembelajaran IM3 Ditinjau dari Motivasi Belajar. JPII: Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 109–114.

Indrawan, R., & Yaniawati, P. (2014). Metodologi Penelitian. Refika Aditama.

Miftah, M. (2013). Fungsi, dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal KWANGSAN, 1(2), 95–105.

Miftah, M. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran untuk Peningkatan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal KWANGSAN, 2(1), 1–11.

Muhammad, M. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87–97.

Nirfayati, & Nurbaeti. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom dalam Pembelajaran Analisis Real terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. PROXIMAL: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50–59.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 03(2), 333–352.

Putri, W. N. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah. Lisania: Journal of Arabic Education and Literature, 1(1), 1–16.

Republik Indonesia, Peraturan Pemerintah nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan

Ristawati. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Sinjai. Universitas Negeri Makassar.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suharni, & Purwanti. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(1), 131–145.

Sundayana, R. (2018). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Alfabeta.

Widiasih, R., Widodo, J., & Kartini, T. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Bervariasi dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, 11(2), 103–107.

Widyaningrum, Y. T., & Murwanintyas, C. E. (2012). Pengaruh Media Pembelajaran Geogebra terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Grafik Fungsi Kuadrat di Kelas X SMA Negeri 2 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Makalah pada Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, 10, 975–980.

Yuliani H, K., & Winata, H. (2017). Media Pembelajaran Mempunyai Pengaruh terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pemdidikan Manajemen Perkantoran, 2(1), 27–33.