Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SMA Sederajat
Main Article Content
Abstract
Pandemi Covid sudah melanda berbagai negara sejak akhir tahun 2019. Untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 maka pemerintah meminta masyarakat untuk melaksanakan physical distancing yaitu dengan menghindari segala bentuk kerumunan, perkumpulan, dan pertemuan yang mengikutsertakan banyak orang serta menjaga jarak di antara masyarakat. Agar kegiatan pendidikan tidak terhenti maka salah satu alternatifnya yaitu pembelajaran dilakukan secara daring atau online. Pada saat pembelajaran daring siswa dituntut untuk memanage kegiatan belajarnya sendiri. Hal ini lah yang menyebabkan kurangnya minat belajar siswa karena siswa seringkali lalai dalam me-manage waktu saat mengikuti pembelajaran daring. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya dan seberapa besar pengaruh pembelajaran daring dengan minat belajar siswa SMA Sederajat pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Penelitian korelasi adalah sebuah penelitian yang melibatkan suatu tindakan pengumpulan data untuk memastikan adanya hubungan dan tingkat hubungan dari dua variabel atau lebih. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi non linear, yaitu salah satu metode analisis regresi untuk memperoleh model non linear yang digunakan untuk mengetahui adanya dan tingkat hubungan antara variabel dependen dan variabel independen. Hasil dari penelitian ini yaitu minat belajar siswa pada pembelajaran daring berada pada kategori sedang dan tinggi. Pembelajaran daring mempengaruhi minat belajar siswa sebesar 91.5%. Jadi pembelajaran daring sangat menentukan minat belajar siswa.
Downloads
Article Details
References
Alwan Fauzy, P. N. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 551-561.
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi COVID-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 282-289.
Arni Sumartini, A. F. (2021). ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TULIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING . KONFERENSI ILMIAH PENDIDIKAN UNIVERSITAS PEKALONGAN 2021 , 179-186.
Clara Fatimah, P. M. (2021). Peningkatan Minat Belajar Siswa melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Pembelajaran Berbasis Daring. MATHEMA JOURNAL, 117-126.
Desy Sofita, D. Y. (2015). Analisis Regresi Eksponensial (Studi Kasus:Data Jumlah Penduduk Kelahiran di Kalimantan Timur pada Tahun 1992-2013). Jurnal Eksponensial, 57-66.
Drajat Edy Kurniawan, M. (2021). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 . Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 47-51.
Dwinda Nur Baety, D. R. (2021). Analasis Efektifitas Pembelajaran Daring Dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 880-889.
Fatimah Nur Rahma, F. W. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 bagi Psikologis Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2470-2477.
Herlina, M. T. (2020). Analisis Prestasi Belajar Matematika pada Masa Pandemi Ditinjau dari Minat Belajar Siswa . Prosiding Seminar Nasional dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI Jakarta , 135-144.
Mardiati, S. W.-A. (2021). Perbedaan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Swastataman Siswa Binjai dengan Pembelajaran Daring dan Pembelajaran Luring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai , 6196-6202.
Mira Juliya, Y. T. (2021). ANALISIS PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. GENTA MULIA, 281-294.
Putria, H. M. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 282-289.
Ria Yunitasari, U. H. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19 . Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan , 232-243.
Rina Anggita Tampubolon, W. S. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 3125-3133.
Sarahutu, M. G. (2020). Pembelajaran Online, Minat belajar dan Kehidupan Sehari-hari Mahasiswa Pnedidkan Fisika Univesitas Sanata Dharma Di Tengah Covid-19. Skripsi.
Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid- 19).
Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggara Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).
Syarifah Hikmah Jamil, I. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Mahasiswa pada masa pandemik covid-19. Behavioral Journal, 37-46.
Yulia Pratami Putri, A. G. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Kelas X SMA At-Taubah pada Materi SLPTV dengan Metode Pembelajaran Daring. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika , 2934-2940 .