Etnomatematika Makanan Khas Tegal “Tahu Aci” Pada Pembelajaran Matematika Sekolah
Main Article Content
Abstract
Objek-objek yang digunakan dalam matematika sekolah termasuk dalam objek yang abstrak sehingga menyebabkan banyak siswa yang kesulitan dalam memahami materi-materi matematika. Salah satunya pada materi geometri dan materi persamaan linear dua variabel (PLDV). Hal tersebut diperlukan mengkongkritkan matematika menggunakan benda-benda yang dekat dengan siswa, salah satunya menggunakan menggunakan makan khas Tegal, yaitu tahu aci. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep-konsep matematika apa yang terkandung dalam makanan khas Tegal tahu aci. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian deskriptif kualitatif merupakan jenis penelitian untuk mengungkap dan memperoleh informasi secara menyeluruh, meluas, dan mendalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan etnografi yaitu merupakan salah satu pendekatan dalam metode penelitian kualitatif yang berusaha mengeksplor suatu budaya masyarakat Sebagai penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi, instrumen penelitian yang digunakan adalah human instrument, berarti bahwa peneliti berperan sebagai instrumen utama yang tidak dapat diganti/diwakilkan. Sumber data yang dipakai adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan dengan cara eksplorasi, dokumentasi dan studi literatur. Eksplorasi, dokumentasi, dan studi literature. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan cara deskriptif kualitatif dari data yang diperoleh. Data kualitatif, diolah dengan 3 tahap yaitu reduksi data, kemudian penyajian data dan yang terakhir penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian menyebutkan makanan khas Tegal tahu aci terkandung materi geometri bangun ruang prisma segitiga dan materi matematika persamaan linear dua variabel.
Downloads
Article Details
References
Abi, A. M. (2017). Integrasi etnomatematika dalam kurikulum matematika sekolah. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 1-6. http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.75
Anwar, S. (2017). Ketidakhematan Kata Dalam “Karangan” Karya Mahasiswa Dan Implikasi Pembelajarannya. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 2(3). https://i-rpp.com/index.php/jpp/article/view/799
Fausan, A. (2001). Pengembangan dan Implementasi Prototipe I & II Perangkat Pembelajaran Geometri untuk Siswa SD Kelas V Menggunakan Pendekatan RME. Makalah Disajikan dalam Seminar Nasional RME, FPMIPA Unesa, 24 Februari .
Firmansyah, F., & Haris, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Sd Bernuansa Ethnomatematika Masyarakat Di Bumi Hibualamo. Hibualamo: Seri Ilmu-Ilmu Sosial dan Kependidikan, 3(2), 14-22. http://journal.unhena.ac.id/index.php/HibSos/article/view/136
Hendratni, R. W. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Bangun Datar Berbasis Miniatur Rumah Pada Mata Pelajaran Matematika SD. Prodi PGSD UPY. http://repository.upy.ac.id/1221/
Hidayat, E. (2009). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik dan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan Menggunaka Pendekatan Matematika Realistik . Tesis Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. http://repository.upi.edu/9455/
Ilahiyyah, I., Mulyati, S., Ningsih, I. S., Nindhita, L. N., & Sari, R. R. (2019). Tahu Nikah (Nigari Kacang Merah) Sebagai Bentuk Diversifikasi Makanan Sehat Ramah Lingkungan. Journal of Creativity Student, 2(1), 26-33. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jcs/article/viewFile/10727/7357
Islamiyah, A. C., Prayitno, S., & Amrullah, A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP pada Penyelesaian Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Didaktik Matematika, 5(1), 66-76. https://doi.org/10.24815/jdm.v5i1.10035
Latifah, U. H., & W, D. B. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Statistika dan Peluang Berbasis Multiple Intelligences berorientasi pada Prestasi, Pemecahan Masalah dan Rasa Ingin Tahu. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4 (2), 176-185. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.13083
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Qualitative Data Analiysis: A Sourcebook of New Methods. Beverly Hills: SAGE Publication.
Mulyadi, M. (2011). Penelitian kuantitatif dan kualitatif serta pemikiran dasar menggabungkannya. Jurnal studi komunikasi dan media, 15(1), 128-137. https://core.ac.uk/download/pdf/304733085.pdf
Murwaningsih, U., Astutiningtyas, E. L., & Rahayu, N. T. (2014). Implementasi pengembangan perangkat pembelajaran matematika realistik di sekolah menengah pertama. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(3). https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2390
Prahmana, R. C. (2017). Design research (Teori dan implementasinya: Suatu pengantar). Jakarta: Rajawali Pers.
Pusvita, Y., Herawati, H., & Widada, W. (2019). Etnomatematika Kota Bengkulu: Eksplorasi Makanan Khas Kota Bengkulu “Bay Tat” untuk Memahami Pembelajaran Matematika di Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 185-193. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/9792
Rahmah, N. (2013). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1-10. http://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/al-khwarizmi/article/view/88
Richardo, R. (2017). Peran ethnomatematika dalam penerapan pembelajaran matematika pada kurikulum 2013. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 7(2), 118-125. .
Shadiq, F. (2014). Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sirate, F. S. (2012). Implementasi etnomatematika dalam pembelajaran matematika pada jenjang pendidikan sekolah dasar. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 15(1), 41-54. https://doi.org/10.24252/lp.2012v15n1a4
Supiarmo, M. G., Azizah, S., Putrawangsa, S., & Sujarwo, I. (2020). Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis PMR pada Materi Operasi Perkalian Bilangan Bulat. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islam, 3(1), 277-284. http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/956
Suraji, S., Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9-16. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v4i1.5057
Susanti. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Siswa MTs melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Suska Journal of Mathematics Education, 3 (2), 92-101. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v3i2.4148
Trisnawati, D., Putri, R. I., & Santoso, B. (2015). Desain pembelajaran materi luas permukaan prisma menggunakan pendekatan PMRI bagi siswa kelas VIII. . Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(1), 76-85. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/download/4504/4669
Windiani, W., & Rahmawati, F. N. (2016). Menggunakan Metode Etnografi Dalam Penelitian Sosial. DIMENSI-Journal of Sociology, 9(2), 87-92. https://journal.trunojoyo.ac.id/dimensi/article/view/3747
Zayyadi, M. (2018). Eksplorasi etnomatematika pada batik madura. Sigma, 2(2), 36-40. http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/article/view/124