Kemandirian Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Selama Pembelajaran Daring

Main Article Content

Aninda Aulia Rahayu
Roisatul Layyin Ragil Putri
Devinta Fajar Lestari
Sumbaji Putranto
Tasya Rizkia Unsabila

Abstract

Pandemi Covid-19 yang mewabah di dunia menyebabkan banyak tatanan kehidupan yang berubah, tidak terkecuali di bidang pendidikan. Pendidikan yang biasanya dilakukan dengan cara tatap muka secara langsung atau luar jaringan (luring), kini harus berpindah menjadi secara virtual atau dalam jaringan (daring). Hal ini tentu saja mempengaruhi kemandirian belajar para peserta didik baik di jenjang sekolah maupun di jenjang perguruan tinggi. Maka dari itu, peneliti melakukan penelitian yang berjudul Kemandirian Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Selama Pembelajaran Daring. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kemandirian mahasiswa dalam belajar selama pembelajaran daring ini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan purposive sampling dengan cara menyebarkan kuesioner berwujud google form yang diberikan kepada 62 mahasiswa pendidikan matematika di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kemudian peneliti melakukan wawancara kepada tiga mahasiswa sebagai perwakilan dari semester 1, 3, dan 5. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa  secara garis besar mahasiswa pendidikan matematika memiliki kemandirian belajar yang baik selama pembelajaran daring. Pembelajaran daring ini menciptakan lingkungan yang lebih fleksibel sehingga mahasiswa lebih mudah dalam menciptakan kemandirian belajar. Pembelajaran daring juga mendorong mahasiswa untuk selalu berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran sehingga kemandirian belajar semakin terpupuk.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Ambiyar, Ishak Aziz, M. (2020). Perbedaan Kemandirian Belajar Siswa Pada Masa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 1246–1258.

Annajmi. (2019). Kemandirian Belajar Mahasiswa Pendididikan. Jurnal BSIS, 1(2), 94–103.

Arifin Maksum, & Ika Lestari. (2020). Analisis Profil Kemandirian Belajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 32(1), 75–86. https://doi.org/10.21009/parameter.321.05

Cucinotta, D., & Vanelli, M. (2020). WHO Declares COVID-19 a Pandemic. Acta Biomedica, 91(1), 157-160. doi:https://doi.org/10.7326/M20-0504

Dewi, T. A., & Sadjiarto, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa pandemi Covid-19. Jurnal BASICEDU (Research & Learning In Elementary Education), 5(4), 1909-1917. doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1094

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Fadila, R. N., Nadiroh, T. A., Juliana, R., Zulfa, P. Z. H., & Ibrahim, I. (2021). Kemandirian Belajar Secara Daring Sebagai Prediktor Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 880–891. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.457

Fatimah, & Sari, R. D. (2018). Strategi Belajar & Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. PENALITERASI, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 108-113.

Gumilar, R., & Hermawan, Y. (2021). Peningkatan Kemandirian Belajar Melalui Metode E-Learning. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan …, 9, 71–76. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/edukasi/article/view/5363

Handayani, R., Arif, M., & Syam, A. (2020). Pembelajaran Daring pada Anak Usia Sekolah Dasar Masa Pandemi Covid-19 di Kecamatan Pauh Kota Padang. Jurnal Kepemimpinan dan Kepengurusan Sekolah, 5(2), 107-114. doi: https://doi.org/10.34125/kp.v5i2.516

Harisuddin, M. I. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Dengan Pjj Dimasa Covid-19. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(1), 98. https://doi.org/10.25157/teorema.v6i1.4683

Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., Ramadhan, H., Rawamangun, J., Raya, M., Rw, R. T., Gadung, K. P., & Timur, K. J. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19 Program Studi Bimbingan Dan Konseling , Universitas Negeri Jakarta Self-Regulated Learning Of Students Studying Online. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147–154.

Idrus, L. (2019). Evaluasi dalam Proses Pembelajaran. ADAARA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 920-935

Kamza, M., Husaini, & Ayu, I. L. (2021). Kemandirian Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Daring dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom. Jurnal Basicedu, 5(5), 4120–4126. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1347

Kidjab, M. R., Ismail, S., & Abdullah, A. W. (2019). Deskripsi Kemandirian Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Smp. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 7(1), 25–31. https://doi.org/10.34312/euler.v7i1.10330

Kurniawan, A. (2020). Pemanfaatan JB Class untuk Mendorong Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 1-8. doi: https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.145

Kusuma, D. A. (2020). Dampak Penerapan Pembelajaran Daring Terhadap Kemandirian Belajar (Self-Regulated Learning) Mahasiswa Pada Mata Kuliah Geometri Selama Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 169. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3504

Makur, A. P., Jehadus, E., Fedi, S., Jelatu, S., Murni, V., & Raga, P. (2021). Kemandirian Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Selama Masa Pandemi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 1. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv10n1

Muhammad, I. (2020). Pengaruh Perkuliahan Daring Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Malikussaleh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(1), 24–30. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i1.1567

Nugroho, P. W., & Maulana, M. A. (2021). Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Advice : JUunal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 10–16.

Putra, A., & Syelitiar, F. (2021). Systematic Literatur Review : Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 02(02), 23–31.

Rahayu, I. F., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kemandirian Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 789–798. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.789-798

Sanjaya, B. P. (2021). Kemandirian Belajar Siswa Sekolah dasar selama Pembelajaran Daring. JIPD : Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(2), 71-78. doi: https://doi.org/10.36928/jipd.v5i2.733

Suleang, F., Katili, N., & Zakiyah, S. (2020). ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI. EULER: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 8(1), 29–35.

Susilo, G., & Pancarani, N. (2020). Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended Learning Mata Kuliah Kalkulus Lanjut Era Pandemi Covid-19. (JKPM) Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 6(1), 37–48.

Syibli, M. A. (2018). Profil Kemandirian Belajar Siswa Smp Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Gantang, III(1), 47–54.

Thabroni, G. (11 Februari 2021). Metode Penelitian Deskriptif: Pengertian, Langkah &Macam. https://serupa.id/metode-penelitian-deskriptif/.

Widiatmoko, M., & Herlina, I. (2021). Studi Deskriptif Profil Self-Regulated Learning Siswa. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 2(1), 43–50.

Widyasari. (2017). Kemandirian belajar mahasiswa PGSD berdasarkan ketersediaan sumber belajar di FKIP Universitas Djuanda Bogor. Jurnal Sosial Humaniora, Djuanda University, 8(2), 1–34.

Yahya, I., & Warmi, A. (2021). Analisis kemandirian belajar matematika saat pembelajaran daring pada siswa smp. Jurnal MAJU, 8(2), 336–347.

Yanti, H., Zaenuri, & Walid. (2020). Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Masa Pandemi Covid-19. Proseding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 146-149

Wahyuni, R. & Nurhayati (2019). Kemandirian Belajar Mahasiswa melalui Blended Learning pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL – QALASADI, 3(2), 76-81. http://doi.org/10.32505/v3i2.1203