Problematika Pembelajaran Matematika Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga pada Masa Transisi Pandemi

Main Article Content

Sayidatul Maghfiroh Az Zahra

Abstract

Pandemi global Covid-19 telah berdampak pada berbagai sektor penting di Indonesia salah satunya yaitu sektor pendidikan. Pada perguruan tinggi proses pembelajaran dilaksanakan secara daring. Pembelajaran secara daring telah terlaksanakan lebih dari satu setengah tahun di Indonesia dan kini telah sampai pada tahap transisi dari pembelajaran secara daring kembali menuju pembelajaran secara luring. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui problematika yang masih dihadapi mahasiswa saat masa transisi pembelajaran selama pandemi, (2) Membandingkan problematika saat awal pembelajaran secara daring dengan pembelajaran pada saat dilakukannya penelitian, dan (3) Merumuskan keefektifan cara belajar mahasiswa dari berbagai kondisi disaat bandemi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan informasi yaitu berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model Miles dan Huberman yang jika dijabarkan secara terurut adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa mahasiswa masih mengalami problematika yang cukup kompleks walaupun sebagian besar problematika yang dihadapi sebelumnya sudah mulai teratasi dengan cukup baik. Adapun adaptasi yang dilakukan oleh mahasiswa juga sudah cukup baik, dimana mahasiswa sudah mulai terbiasa dengan pembelajaran secara daring.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Aisyar, I. N. (2021). Pengaruh pembelajaran online terhadap motivasi belajar dan minat belajar mahasiswa PGMI di tengah pandemi Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 04(2), 168–179. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Aziz, F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Bioma, 2(1), 14–20.

Baety, D. N., & Munandar, D. R. (2021). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring Dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 880–989. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/476

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367–375. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669

Dhull, I., & Sakshi. (2017). Online learning. International Education & Research Journal (IERJ), 3(8), 32–34. https://doi.org/10.4324/9781003132783-13

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

Hadi, L. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Di Masa Pandemik Covid-19 Student Perceptions of Online Learning During Covid-19 Pandemic. Jurnal Zarah, 8(2), 56–61.

Haryadi, R., & Selviani, F. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Academy of Education Journal, 12(2), 254–261. https://doi.org/10.47200/aoej.v12i2.447

Jannah, H. I., Sari, K. C., Oktaviani, R., Masruroh, M., & Darmadi, D. (2021). Analisis Kesulitan dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Daring pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 85–90. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1804

Kemdikbudristek. (2020). Surat Ederan Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Penyebaran COVID-19 Di Perguruan Tinggi, Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. Http://Kemdikbud.Go.Id/, 126(021), 1–2. http://kemdikbud.go.id/main/?lang=id

Kusumaningrum, B., & Wijayanto, Z. (2020). Apakah Pembelajaran Matematika Secara Daring Efektif? (Studi Kasus pada Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid-19). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 139–146. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/25029

Ningsih, S. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 124–132. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p124

Permatasari, D., Amirudin, & Sittika, A. J. (2021). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 150–161.

Rahmatih, A. N., & Fauzi, A. (2020). Persepsi mahasiswa calon guru sekolah dasar dalam menanggapi perkuliahan secara daring selama masa Covid-19. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 143–153.

Safitri, R. A., Megantara, B. A., Saadah, A. M., Widyawati, I. O., Budiarto, K. D., & Darmadi. (2019). Analisis Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah Menengah Pertama Dan Solusi Alternatifnya. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 2(1), 23–32. https://doi.org/10.33503/prismatika.v2i1.510

Saifuddin, M. F. (2018). E-Learning dalam Persepsi Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 29(2), 102–109. https://doi.org/10.23917/varidika.v29i2.5637

Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 99–103. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.603

Suhendra, A. D., Asworowati, R. D., & Ismawati, T. (2020). Pembelajaran Daring di Era Covid-19. Akrab Juara, 5(1), 43–54. http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/919

Takaendengan, B. R., & Asriadi, A. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Matematika Ideal Di Masa Pandemi Covid-19. Education and Learning Journal, 2(2), 82. https://doi.org/10.33096/eljour.v2i2.106

Widodo, A., & Nursaptini. (2020). Problematika Pembelajaran Daring dalam Perspektif Mahasiswa. ELSE (Elementary School Education Journal), 4(2), 100–115.

Yulia, I. B., & Putra, A. (2020). Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Secara Daring. Refleksi Pembelajaran Inovatif, 2(2), 327–335.