Analisis Kesiapan Guru Matematika Bersertifikasi dan Non Sertifikasi dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Main Article Content

Lusiana Novi Andani
Aulia Farida
Rindi Muktiana
Sumbaji Putranto

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia saat ini, berdampak pada sistem pembelajaran di sekolah yang mulanya dilakukan secara luring berubah menjadi pembelajaran daring. Hal tersebut menimbulkan problem ketidaksiapan guru dalam pembelajaran daring. Selain itu, tenaga kependidikan dituntut untuk mengadakan pembelajaran tatap muka terbatas yang pastinya memerlukan persiapan dan kesiapan secara matang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan guru matematika dalam pembelajaran tatap muka terbatas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sampel dalam penelitian ini merupakan guru matematika sertifikasi dan non sertifikasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membagikan angket/kuesioner dan wawancara terstruktur. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi, reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 13 responden hampir seluruh responden sudah mempersiapkan PTM terbatas pada pembelajaran matematika selama masa pandemi. Sebelum pelaksanaan PTM terbatas, responden mempersiapkan rencana pembelajaran yang meliputi RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), silabus, modul, LKS (Lembar Kerja Siswa), buku pelajaran, dan lain – lain.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Albab, I. U., Murtianto, Y. H., Nugraha, A. P., & Sumarno. (2021). Strategi Sekolah Dikdasmen Kabupaten Kendal dalam Menghadapi Pembelajaran di Era New Normal. Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol.1, No. 2, April, 49-54.

Amalia, R., Kresnadi, & Pranata, R. (n.d.). Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Online di Sekolah Dasar Negeri 06 dan 08 Kecamatan Pontianak Utara.

Amiruddin. (2021). Kesiapan Madrasah Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka Tahun 2021 di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Educandum, 141-156.

Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 281-288.

Darsini, Wana, P. R., & Supriyanto, D. H. (2021). Implementasi Guru Dalam Pembelajaran Daring, Luring Dan Tatap Muka Pada Masa Covid-19. Jurnal Educatio , 1179-1187.

Fajriana, & Satriana. (2021). Analisis Kesiapan Guru Fisika dan Matematika dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 9 (2), 293-304.

Fakhrunnisak, H. Q. (2015). Perbedaan Subjective Well Being Antara Guru Bersertifikasi dan Non Sertifikasi. Jurnal RAP UNP, 126-135.

Hairuddin Cikka, d. (2021). Problematika Guru dalam Pembelajran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan, Pembelajaran, dan Pengembangan, 108-115.

Harimurti, H. (2021). Keterlaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Selama Masa Pandemi (Pembelajran Daring dan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas) Di SMA N 3 Seluma. Jurnal Pustaka Indonesia (JPI), 134-142.

Hospy Rohimah, H. H. (2018). Perbedaan Mengajar Guru Sertifikasi dengan Non Sertifikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SD Negeri Lamreueng Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 51-61.

Jamal, F. (2018). Kompetensi Pedagogik Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. MAJU, 108-119.

Kemendikbud. (2021).

Magdalena. (2021). Kesiapan Guru Sekolah Menengah Atas/Kejuruan Katolik dalam Penyelenggaraan Pembelajaran Daring di Era Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 12-22.

Oce Payung Limbong, d. (2021). Kesiapan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka di SMK Negeri 2 Toraja Utara Pada Masa Pandemi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 38-45.

Onde, M. L., Aswat, H., Sari, E. R., & Meliza, N. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di masa New Normal terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4400-4406.

Patmaniar. (2014). Investigasi Keterampilan Dasar Mengajar Guru Matematika yang Tersertifikasi Ditinjau dari Jalur Sertifikasi. Prosiding Seminar Nasional, 168-179.

Rofingah, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika dengan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Melalui Metode Blended Learning pada Masa Pandemi Covid-19. EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan , 168-173.

Rusydan Latiafah, F. H. (2021). Problematika Guru dalam Pembelajaran Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Yogyakarta . Polynom : Journal in Mathematics Education, 36-43.

Saleh, A. M. (n.d.). Problematika Kebijakan Pendidikan Di Tengah Pandemi Dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran Di Indonesia.

Saripah Anum Harahap, d. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1825-1836.

Sujak. (2021). Penerapan Pelaksanaan Prokestat dalam Menunjang Keberhasilan Uji Coba PTM di SDN Lumbang II Kecamatan Lumbang. PEDAGOGY, 46-51.

Syafmen, W. (2014). Studi Tentang Dampak Sertifikasi Terhadap Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Matematika di SMP N. Kota Jambi. Edumatica, 1-7.

Taradisa, N. (n.d.). Kendala yang Dihadapi Guru Mengajar Daring.

Vika Martahayu, A. A. (2019). Kuantitas Uji Kompetensi Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2015. Seminar Nasional.

Wahyuni, A. S. (2021). Penerapan Model Hybrid Learning dalam PTM Terbatas untuk Menigkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Educational Development , 472-481.