Pengaruh Penggunaan Aplikasi SPSS Terhadap Minat Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika Penelitian Pembelajaran Matematika (SPPM)

Main Article Content

Sayidatul Maghfiroh Az Zahra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi SPSS (X) terhadap minat belajar mahasiswa (Y) pendidikan matematika UIN Sunan Kalijaga pada mata kuliah SPPM. Penelitian ini menggunakan pendekatan secara kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa penyebaran kuisioner secara online dan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik perhitungan statistik deskriptif berupa regresi linear sederhana. Hasil dari pengujian regresi linier sederhana dalam penelitin ini adalah terdapat pengaruh yang secara signifikan terhadap variabel minat belajar SPPM mahasiswa dan nilai hubungan positif yakni sebesar 0.819 yang termasuk dalam kategori tingkat hubungan sangat kuat serta besar pengaruh variabel penggunaan SPSS terhadap variabel minat belajar SPPM mahasiswa yakni sebesar 67,1%. Angka tersebut merupakan angka yang cukup besar. Kemudian dapat diketahui bahwa hasil dari persamaan regresi linear sederhana yakni Ŷ = 1,183 + 0,879 X yang berarti bahwa setiap ada kenaikan atau penambahan satu nilai pada variabel penggunaan SPSS (X) akan memberi kenaikan pada variabel minat belajar SPPM mahasiswa (Y) sebesar 0,879. Hal tersebut menunjukan bahwa adanya penggunaan aplikasi SPSS dapat berpengaruh positif terhadap minat belajar mahasiswa pendidikan matematika pada mata kuliah Statistika Penelitian Pembelajaran Matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Basuki, A. T. (2015). Penggunaan SPSS dalam Statistik. Yogyakarta: Danisa Media.
Daulay, S. N. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Kinerja Pegawai. Universitas Negeri Sumatera Utara, 1–23.
Fadilla, F., & Salim, A. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi SPSS sebagai instrumen Pengolahan dan Pengujian Data Penelitian Kuantitatif. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 2(1), 35–46. https://doi.org/10.36908/akm.v2i1.273
Ginting, Y. V. B. (2020). Penggunaan Aplikasi Ruangguru Terhadap Minat Belajar Siswa Sma. In Universitas Sumatera Utara.
Hadi, R. (2015). Studi Penggunaan Metode Penelitian Kuantitatif Dan Analisis Statistika Pada Skripsi Mahasiswa Iain Purwokerto. Jurnal Penelitian Agama, 16(2), 327–348. https://doi.org/10.24090/jpa.v16i2.2015.pp327-348
Haryadi Mujianto. (2019). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 5(1), 135–159.
Hartuti, P. M., & Widyasari, H. (2016). Peran Kemampuan Awal Matematika Dan Persepsi . Jurnal SAP, 135-144.
Humaerah Syarif dan Haris Munandar. (2018). Pengaruh Penggunaan Jurnal Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi Stkip-Pi Makassar Pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran. Biota: Biologi Dan Pendidikan Biologi, 11(2), 169–177. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20414/jb.v11i2.133
Hurriyati, D., & Arisandy, D. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Belajar Quipper School Terhadap Minat Belajar Matematika Pada Siswa. Jurnal Psikogenesis, 197-204.
Kawet, R. S. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Minat Belajar Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Manajemen Konstruksi . Jurnal Teknologi Pendidikan, 224-239.
Mahmuda, S., & Putrie, C. A. R. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan Di SMK Manba’ul Ulum Bekasi. Research and Development Journal of Education, 7(2), 393. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.10379
Marisa, L. F. (2018). Pengaruh Penggunaan Modul Guided Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Stikes Perintis Padang. Jurnal Ta’dib, 21(2), 113–119.
Narendrati, N. (2017). Komparasi Pembelajaran Statistika Melalui Pendekatan CTL dan Problem-Posing Ditinjau dari Prestasi Belajar dan Minat Belajar Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 67-77.
Nirfayanti, N. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50–59
Nuraidah, S., Sarifah, F. S. D., Riajanto, M. L. E. J., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Mts Negeri Di Bandung Barat Pada Materi Segiempat Dan Segitiga. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 547. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p547-558
Nurhayati, N., & Novianti, N. (2020). Pengaruh Spss Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Statistika Deskriptif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 101. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2609
Novalia. (2019). Analisis Hasil Belajar: Dampak Pembelajaran Berbantuan Software pada Pembelajaran Statistika. Desimal: Jurnal Matematika, 271-279.
Nurhayati, & Novianti. (2020). Pengaruh Spss Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Statistika Deskriptif. AKSIOMA:Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 101-107.
Oktarika, D. (2015). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media E-Learning Terhadap Minat Belajar. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 4(1), 15–26. http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/article/download/2/2
Pibriana, D., & Ricoida, D. I. (2017). Analisis Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Minat Belajar Mahasiswa ( Studi Kasus : Perguruan Tinggi di Kota Palembang ). Jurnal Jatisi (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 3(2), 105.
Purwaningrum, F. A., & Sari, E. G. (2019). Pengaruh Motivasi Dan Minat Belajar Statistika Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Melalui Persepsi Mahasiswa Sebagai Variabel Intervening. Konferensi Nasional Pendidikan Matematika dan pembelajarannya (KNPMP IV). Surakarta.
Ratnasari , D., Ponoharjo, & Utami, W. B. (2020). Penerapan Aplikasi Whatsapp Terhadap Minat Dan Prestasi Peserta Didik. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 129-138.
Riyanto, S., & Nugrahanti, F. (2018). Pengembangan Pembelajaran Statistika Berbasis Praktikum Aplikasi Software SPSS dengan Bantuan Multimedia untuk Mempermudah Pemahaman Mahasiswa terhadap Ilmu Statistika. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 62-67.
Taufik Hidayat, & Sihotang, Z. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Maps Terhadap Minat Belajar Geografi Peserta Didik Di Sma Negeri Kota Langsa. Jurnal Samudra Geografi, 4(2), 20–26. https://doi.org/10.33059/jsg.v4i2.3847
Wahyuni, L. S., Rochana, S., Mahdiyah, U., Shofia, N., & Widodo, S. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Dengan Google Classroom Dan Google Meet Terhadap Minat Belajar Matematika Diskrit. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 1063-1073.
Zein, L., Yasyifa, L., Ghozi, R., Harahap, E., Badruzzaman, F., & Darmawan, D. (2019). Pengolahan Dan Analisis Data Kuantitatif Menggunakan Aplikasi Spss. JTEP-Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 839-845.