Etnomatematika: Kerajinan Gerabah di Desa Kasongan dalam Pembelajaran Matematika

Main Article Content

Sasikirana Zahra M

Abstract

Gerabah merupakan ciri khas di Daerah Kasongan yang memiliki arti yaitu suatu kerajinan yang terbuat dari tanah liat bentuk seperti patung, guci, celengan, vas bunga, kursi, hiasan rumah, dan lainnya disertai dengan berbagai variasi bentuk, warna, ukuran, motif, dan jenis tambahan bahan yang dipakai seperti keramik, kaca, pasir, dan batu. Dari sebuah gerabah dapat dianalisis unsur matematikanya bahwa terdapat hakekat matematika sebagai seni, bidang geometri (bangun datar dan bangun ruang), serta volume dan luas permukaan benda. Dalam pendekatan etnomatematika tentu gerabah dapat digunakan sebagai budaya yang mengimplementasikan materi seperti pada bentuk kubus, balok, segitiga, persegi, persegi panjang, lingkaran, kerucut, dan tabung. Hal ini membuat bahwa matematika merupakan ilmu yang tidak hanya menghafal rumus tetapi dapat dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Maka dari itu pada artikel ini, penulis akan membahas mengenai unsur matematika pada gerabah. Penelitian kali ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan penelitian yang bersifat kepustakaan. Diharapkan dengan adanya tulisan ini dapat mengispirasi guru dalam memberikan materi kepada siswa untuk mengaitkan materi dengan yang ada pada lingkungan sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Admin. (2018a). kubus | pengertian rumus volume, luas permukaan. Mahir Matematika.
Admin. (2018b). persegi | pengertian rumus keliling serta luas. Mahir Matematika.
Alimin, E. K. (2020). Matematika Sebagai Sebuah Bahasa. Jurnal Mitra Manajemen, 64–68.
Atom. (2016). Teknik Pembuatan Gerabah Dalam Seni Kriya. Beserupa.
Bab, I. (n.d.). (Modul Ii Promodel). 1, 1–15.
Crista. (2011). Sentra Gerabah Kasongan Bantul. Cristablogbaru.
D, S. (n.d.). Cement Diy. Pinterest.Id.
Fabiana Meijon Fadul. (2019). etnomatematika. 13–54.
Faizi, L. (2022). Rumus Luas Persegi Panjang Beserta Cara Menghitung dan Contoh Soalnya. Sindonews.Com.
Fitria, N. (2017). Melihat Pusat Kerajinan Gerabah di Safi Maroko. Detiknews.
Ibrahim, Dr., M.Pd., Suparni, M.Pd. 2012. Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasinya. Suka Press. Yogyakarta
Kajigelem, D. (2021). Kyai Song The Legend of Kasongan. Desa Wisata Bantul.
Kasongan Bantul, Surganya Gerabah di Jogja. (n.d.). Sobondeso.Blogspot.
Kruk, J. (n.d.). Membuat Gerabah dengan menggunakan Teknik Putar. Id.Pinterest.
KSMN. (2022). Rumus Keliling Lingkaran: Cara Menghitung, dan Contoh Soal. Fajarpendidikan.
Lararenjana, E. (2021). Mengenal Fungsi Gerabah Beserta Proses Pembuatannya, Menarik Diketahui. Merdeka.Com.
Padmaratri, L. (2018). Seni Gerabah Kasongan Tak Akan Mati. Suarasikap.
Parwata, I. W., & ; Wirya Sastrawan, I. W. (2021). Undagi : Jurnal Ilmiah Arsitektur Universitas Warmadewa. 9(1), 105–113. https://ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/undagi/index
Qothrunnada, K. (2021). Cara Menghitung Volume Balok, Lengkap dengan Rumus dan Contoh Soal. Detikedu.
Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88
Restu. (n.d.). Rumus Volume Tabung, Luas Permukaan, & Keliling Alas. Gramedia.Com.
Riyanto, S. (2020). Memahami dan mencari volume kerucut - Matematika Kelas 6. Cerita Pendidikan.
Rumus Tabung: Volume dan Luas Permukaan. (2018). Idschool.
Samsu. (2017). Metode Penelitian. Metode Penelitian Kualitatif, 17, 43. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf
Suparni. (2021). Handout STRATEGI dan INOVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA. 1–129.
Suparyanto dan Rosad (2015. (2020). Etnomatematika. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.
Susanti, D. (2016). Kisah unik awal terbentuknya pusat kerajinan gerabah di Kasongan, DIY. Brilio.Net.
Utami, S. N. (2022). Rumus Tinggi Limas Segi Empat dan Contoh Soalnya. Kompas.Com.
Wening, T. (2020). Segitiga Dibedakan Menjadi 2 Kelompok, yuk, Ketahui Berbagai Jenis Segitiga! Bobo.Grid.