Inovasi Model Pembelajaran PjBL Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Geogebra Sebagai Penguatan Nilai Keislaman

Main Article Content

Damar Jati Nugroho Damar Jati Nugroho

Abstract

Nilai keislaman pada peserta didik pada saat ini perlu diperhatikan dikarenakan banyak sekali penyimpangan yang dilakukan mayoritas khususnya pada peserta didik Yang disebabkan kurang menariknya pendidikan bernilai keislaman yang monoton tanpa ada inovasi. Artikel ini bertujuan agar para pendidik terinspirasi dengan inovasi model pembelajaran PjBL dalam pembelajaran matematika berbasis geogebra sebagai penguatan nilai keislaman. Metode penelitian yang digunakan yaitu, analisis deskriptif dengan kajian kepustakaan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jurnal, artikel, dan karya ilmiah yang relevan dengan objek kajian pada penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simak, catat, dan ringkas. Dalam proses ini peneliti menggunakan teknik pengambilan data dari studi kepustakaan yang kemudian ditarik kesimpulan. Penelitian ini akan dapat menghasilkan suatu produk yang membuat peserta didik lebih minat dan lebih kreatif pada pembelajaran matematika dengan model pembelajaran PjBL berbasis Geogebra, menpraktiskan tuntutan kurikulum untuk penerapan profil pelajar pancasila (P3) pada konsep merdeka belajar. Inovasi diatas ini mengabungkan dan mengimbangi pendidikan dengan teknologi saat ini supaya peserta didik minat dan menjadi kreatif tanpa meninggalkan kemajuan zaman yaitu arus teknologi. Dengan adanya suatu produk yang dihasilkan dari tujuan Model Pembelajaran PjBL menjadikan peserta didik lebih dapat mengingatnya dan menjadi suatu pembelajaran yang mengesankan serta tidak membosankan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Afriana, J., & Indonesia, U. P. (2015). PROJECT-BASED LEARNING ( PjBL ). (January). https://doi.org/10.13140/RG.2.1.3338.2486
Ai Sri Nurhayati dan Dwi Hariant. (2015). Model Pembelajaran Berbasis Proyek Project Based Learning (PjBL). Teaching and Teacher Education, 12(1), 1–17. Retrieved from http://dx.doi.org/10.1080/01443410.2015.1044943%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.581%0Ahttps://publications.europa.eu/en/publication-detail/-/publication/2547ebf4-bd21-46e8-88e9-f53c1b3b927f/language-en%0Ahttp://europa.eu/.%0Ahttp://www.leg.state.vt
Hidayat, F. N., & Tamimuddin, M. (2015). Pemanfaatan Aplikasi Geogebra untuk Pembelajaran Matematika (Dasar). Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 53(9), 1–455.
Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), 138-151.
Kemendikbud Ristek. (2021). Bahan Ajar Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 27. Retrieved from http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila
Murniarti, E. (2017). Penerapan Metode Project Based Learning. Journal of Education, 3(2), 369–380.
Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2), 149–160. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i2.950
Rahadyan, A., Hartuti, P. M., & Awaludin, A. A. R. (2018). Penggunaan Aplikasi Geogebra dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 11. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i01.2356
Sulistyati, D. M., Wahyaningsih, S., & Wijania, I. W. (2021). Projek Penguatan Profil Pancasila. In Buku Panduan Guru Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Widiyono, A., & Millati, I. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Perspektif Merdeka di Era 4.0. Journal of Education and Teaching (JET), 2(1), 1–9.