Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Pola Bilangan

Main Article Content

Diyah Ayu Widyowati
Kristina Warniasih

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada materi pola bilangan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek siswa kelas VIII D SMP N 11 Yogyakarta sebanyak 33 siswa. Pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen tes dan wawancara. Adapun instrumen tes berupa 5 soal uraian kemampuan komunikasi matematis. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyeselesaikan soal pada materi pola bilangan masih tergolong sedang dengan persentase sebesar 55%

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Aminah, S., Wijaya, T. T., & Yuspriyati, D. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa
kelas viii pada materi himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15-22.
Anderda, R.R., & Maskar, S. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada ​Pembelajaran Daring Materi Eksponensial. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 1-7.
Astuti, A., & Leonard, L. (2015). Peran kemampuan komunikasi matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).
Budianti, A., & Jubaedah, D. S. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa di SMPN 10 Cimahi pada Materi Lingkaran. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 20-28.
Eka,K.,Lestari, Yudhanegara, M. R. (2017) Penelitian Pendidikan Matematika (Anna (ed)., p.83) . PT Refika, Aditama, Bandung.
Jaelani, R. R., & Hidayati, N. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Negeri 2 ​Majalaya pada Materi Pola Bilangan. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1).
Juliant, A., & Noviartati, K. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi ​Pola Bilangan Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa. Jurnal Riset Pendidikan, Vol. 2, ​No(2), 113.
Permata, C. P., Kartono, K., & Sunarmi, S. (2015). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa ​Kelas VIII SMP pada Model Pembelajaran TSTS dengan Pendekatan Scientific. Unnes Journal of ​Mathematics Education, 4(2).
Purba, J., Maimunah., Roza, Y. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada ​Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. EKSAKTA: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, ​5(1), 13-21.
Qomalhaq, S. W., & Falak, A.F. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Siswa dalam ​Menyelesaikan ​Soal Pola Bilangan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika ​Inovatif), 5(2), ​417-428.
Sriwahyuni, T., Maya, R., & Amelia, R. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP ​pada Materi Segiempat dan Segitiga. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 3(April), 18–23.