Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Habits of Mind Siswa di SMPN 14 Kota Cirebon

Main Article Content

Ni'matul Janah

Abstract





ABSTRAK


Pada masa perkembangan dunia saat ini kemampuan literasi matematika harus dikuasai oleh peserta didik. Dengan menguasai kemampuan literasi matematika dapat membantu seseorang untuk mengenali peran matematika dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat mengambil sebuah keputusan yang masuk akal. Dalam mengambil sebuah keputusan tentunya didorong oleh pola pikir setiap individu. Tujuan penelitian ini yaitu : 1) mengetahui tingkat kemampuan literasi matematika pada siswa 2) mengetahui bagaimana kebiasaan berfikir yang dimiliki siswa 3) mengetahui hubungan antara kebiasaan berfikir dengan tingkat kemampuan literasi matematika 4) untuk mengetahui hubungan antara setiap indikator pada literasi matematika dengan setiap aspek kebiasaan berfikir siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah koresional. Teknik pengumpulan dengan teknik tes dan angket. Populasi penelitian ini menggunakan siswa kelas VIII SMPN 14 Kota Cirebon. Hasil peneltian yang diperoleh adalah siswa memiliki kemampuan literasi matematika pada tingkat sedang dengan nilai rata-rata 69,97. Pada indikator formulate siswa memiliki kemampuan yang sedang dengan nilai rata-rata 70,57, indikator employ memiliki kemampuan yang tinggi dengan nilai rata-rata 77,69 dan pada indikator interpret memiliki kemampuan yang sedang dengan nilai rata-rata 57,72. Kemudian siswa memiliki habits of mind yang baik dengan nilai rata-rata 68,28. Pada aspek self regulation berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 72,49, ada aspek critical thinking berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 64,69 dan pada aspek creative thinking berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 66,60. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara habits of mind yang dimiliki siswa dengan tingkat kemampuan literasi matematika. kedua variabel memiliki hubungan yang kuat dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,890. Pada setiap indikator literasi matematika memiliki hubungan dengan aspek kebiasaan berfikir (habits of mind) siswa.


Kata Kunci : Literasi Matematika, Kebiasaan Berfikir.


 


ABSTRACT


During the current development of the world, mathematical literacy skills must be mastered by students. By mastering mathematical literacy skills can help someone to recognize the role of mathematics in everyday life so that they can make reasonable decisions. In making a decision, of course, it is driven by the mindset of each individual. The aims of this study were: 1) to determine the level of mathematical literacy skills in students 2) to determine how students' thinking habits 3) to determine the relationship between thinking habits and the level of mathematical literacy ability 4) to determine the relationship between each indicator in mathematical literacy and each aspect of habit think students. The research method used is correlational. Collection techniques with test and questionnaire techniques. The population of this study used class VIII students of SMPN 14 Cirebon City. The results of the research obtained were that students had moderate mathematical literacy skills with an average score of 69.97. On the formulation indicator students have moderate abilities with an average score of 70.57, the hiring indicator has high abilities with an average score of 77.69 and on the interpretation indicator has moderate abilities with an average score of 57.72. Then students have good thinking habits with an average value of 68.28. The self-regulation aspect is in the good category with an average value of 72.49, there is a critical thinking aspect in the good category with an average value of 64.69 and the creative thinking aspect is in a good category with an average value of 66.60 . The results of this study indicate that there is a significant relationship between students' thinking habits and the level of mathematical literacy ability. both variables have a strong relationship with a correlation coefficient of 0.890. Each indicator of mathematical literacy has a relationship with aspects of students' habits of mind.

Keywords : Mathematical Literacy, Habits of Mind.





Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Amaliya, I., & Fathurohman, I. (2022). Analisis kemampuan literasi matematika ditinjau dari gaya belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1-12.

Babys, U., & Gella, N. M. (2022). Pembelajaran literasi matematika. Jawa Tengah: Eureka Media Aksara.

Genc, M., & Erbas, A. K. (2019). Secondary mathematics teachers conceptions of mathematical literasi. Internasional Journal of Education in Mathematics Science and Technology, 222-237.

Handayani, P. H., Hidayati, I., & Marbun, S. (2020). Profil Habits of mind mahasiswa PG PAUD UNIMED. Jurnal Sekolah PGSD FIP UNIMED, 1-13.

Idris, T. (2018). Profil berfikir kritis mahasiswa program studi pendidikan biologi se-kota pekanbaru. Jurnal Bioedusiana , 1-7.

Idris, T. (2018). Profil self regulation mahasiswa program studi pendidikan biologi di provinsi riau. Jurnal Pelita Pendidikan, 179-184.

Muti'ah, R., Irmayanti, Saragih, S. Z., Rohana, Ritonga, M., Thovawira, F. A., & Ritonga, K. (2019). Literasi matematika. Yogyakarta: Deepublish.

Rianti, M. R. (2021). Analisis korelasi antara literasi matematika dengan kemampuan berfikir tinggi pada siswa. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati.

Rojabiah, L. U. (2021). Analisis kemampuan literasi matematika siswa ditinjau dari kebiasaan berfikir matematis siswa. Jakarta : Universitas Negeri Jakarta.

Saputro, R. (2018). Analisis kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal tipe PISA 2015. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.