Analisis Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka di SMA Dengan Menggunakan Model CIPP

Main Article Content

Nurhalimah Eni Muhaeni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran matematika pada kurikulum


merdeka di SMA menggunakan model CIPP. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan yang


menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, kurikulum wakasek,


guru matematika di SMA Negeri 1 Ciwaringin dan SMA Negeri 1 Gegesik. Teknik pengumpulan data


menggunakan kuesioner/angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan


aspek konteks pada pembelajaran matematika pada kurikulum merdeka menggunakan model CIPP Bisa


di kategorikan baik karena di SMA Negeri 1 Ciwaringin dan SMA Negeri 1 Gegesik telah menerapkan


Kurikulum Merdeka. Sedangkan di SMA Negeri 1 Ciwaringin pada pelaksanaannya belum sesuai


dengan prosedur yang diterapkan pada Kurikulum Merdeka. Adapun untuk SMA Negeri 1 Geseik


pelaksanaannya sudah sesuai dengan prosedur yang diterapkan pada Kurikulum Merdeka. Aspek masukan


pada pembelajaran matematika pada kurikulum merdeka menggunakan model CIPP dilihat dari sarana


prasarana cukup baik dikarenakan di SMA Negeri 1 Ciwaringin dan SMA Negeri 1 Gegesik sudah


tersedia dan cukup lengkap baik dalam pembelajaran maupun untuk kegiatan lainnya. Dilihat dari latar


belakang guru cukup baik dikarenakan di SMA Negeri 1 Ciwaringin dan SMA Negeri 1 Gegesik, guru


sudah sudah memiliki kualifikasi akademik dan latar belakang pendidikan yang sesuai dengan bidang


tugasnya. Dilihat dari kondisi siswa baik dikarenakan di SMA Negeri 1 Ciwaringin dan SMA Negeri 1


Gegesik ssat pembelajaran di kelas tidak semua siswa memperhatikan saat guru menyampaikan materi


pelajaran, ada beberapa yang tidak memperhatikan. Proses pembelajaran matematika pada kurikulum


merdeka menggunakan model CIPP di SMA Negeri 1 Ciwaringin dan SMA Negeri 1 Gegesik yang


meliputi perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran belum sepenuhnya guru mempunyai rubrik


penilaian, tidak menetapkan prosedur dan rubrik penilaian tertulis. Kemudian guru belum sepenuhnya


membangunkan suasana belajar seperti mengajukan pertanyaan-pertanyaan pemantik dan memberikan


motivasi belajar. Terkait perencanaan pembelajaran, bahwa telah merencanakan berbagai macam metode


pembelajaran diantaranya metode tutor sebaya, diskusi kelompok, dan metode bermain sambil belajar.


Hal ini dilakukan supaya siswa lebih aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Selain itu, pelaksaan


pembelajaran, pertama mengenai kegiatan pendahuluan guru mengajukan pertanyaan terkait materi


sebelumnya dan terkait materi yang akan dipelajari kemudian siswa menjawabnya. Selain itu selama


kegiatan inti, siswa melakukan diskusi kelompok. Tujuannya agar siswa yang sudah paham terkait materi


pembelajaran yang disampaikan dapat mengalirkan pemahaman yang dimilikinya kepada siswa lain


dalam kelompoknya yang belum memahami materi tersebut. Hal ini diharapkan jika yang


menyampaikannya sendiri, siswa akan lebih mudah memahami materi yang diberikan. Selama


diskusi siswa ini dituntut untuk aktif agar mereka mampu memahami materi yang disampaikan.


Ketercapaian pelaksanaan produk pembelajaran matematika pada kurikulum merdeka, bahwa hampir


semua guru matematika kelas X di SMA Negeri 1 Ciwaringin dan SMA Negeri 1 Gegesik belum


sepenuhnya siswa menguasai materi pelajaran matematika dengan serius dan belum sepenuhnya


siswa mendapatkan nilai dalam pembelajaran matematika dengan mencapai batas KKM.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka cipta.

Darmadi & Hamid. (2011). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Megasari. (2014). Peningkatan pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan untuk meningkatkan kualitas

pembelajaran di SMPN 5 Bukittinggi. Bahana Manajemen Pendidikan: Jurnal Administrasi

Pendidikan.

Nurapni. (2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar terhadap prestasi siswa pada smp negeri 1

makassar. makassar: program pascasarjana universitas bosowa makassar.

Sugiyono. (2007). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, Kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). Bandung:

Alfabeta.