Pengembangan Proprofs Sebagai Media Pembelajaran Untuk Menunjang Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika

Main Article Content

Indah Nurfitriani Indah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Proprofs pada materi trigonometri di SMA Negeri Tengah Tani dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Proprofs yang telah dikembangkan,dan untuk mengetahui kepraktisan penggunaan media pembelajaran Proprofs pada proses pembelajaran dikela, dan juga untuk mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran Proprofs setelah diimplementasikan dalam proses pembelajaran. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri Tengah Tani. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) atau penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli, angket kepraktisan dan soal tes. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran Proprofs yang sudah dikembangkan mendapat presentase 100% dari validator ahli media dan 92,2% dari validator ahli materi sehingga media pembelajaran Proprofs berada pada kategori sangat valid sehingga media pembelajaran Proprofs layak digunakan dalam penelitian. Uji kepraktisan penggunaan media pembelajaran Proprofs dalam pembelajaran matematika memperoleh presentase 91,4% yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Uji efektifitas penggunaan media pembelajaran Proprofs yang telah dianalisis menggunakan SPSS dengan Independent sample T test diperoleh bahwa nilai Sig(2-tailed) 0,356 sehingga sehingga H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil pemahaman konsep matematika antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran proprofs. Uji N-Gain didapat bahwa rata-rata N-Gain adalah 0,374857 yang berarti efektifitas penggunaan media pembelajaran Proprofs berada pada kategori sedang. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Proprofs, Pemahaman Konsep Matematika

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto. (2000). Manajemen Penelitian. Rineka Cipta, 134.

Fitriyani, P. (2018). Pendidikan karakter bagi generasi Z. Prosiding Konferensi Nasional Ke-7 Asosiasi

Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (APPPTMA), 23-25. Herawati. (2010). Pengaruh pembelajaran problem posing terhadap kemampuan pemahaman konsep

matematika siswa kelas XI ipa sma negeri 6 palembang. Jurnal Pendidikan Matematika. Jaya, & Ardat. (2013). Penerapan statistik untuk pendidikan. Ciptapustaka perintis.

Juliyanti, & Pujiastuti. (2020). pengaruh kecemasan matematis dan konsep diri terhadap hasil belajar matematika siswaSD kelas IV. prosiding konferensi ilmiah dasar, 78.

Kesumawati, N. (2008). Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika, 231-234.

Muhadi, F. (2013). Metodologi Penelitian. Sanata Dharma.

Novitasari. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep

matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika.

Riduwan. (2015). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rismawati, M., Khairiati, E., & Khatulistiwa. (2020). Analisis faktor yang mempengaruhi rendahnya

motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. 203-212.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Syahrul, & Salim. (2016). Metodologi penelitian kuantitatif. Ciptapustaka media.

Wardani. (2021). Efektivitas penggunaan sistem computer based test dan paper based test dalam

pelaksanaan ujian tengah semester bahasa indonesia di smpn 6 singaraja. Wardani. Wibowo, E. (2013). Media pembelajaran interaktif matematika untuk siswa sekolah dasar kelas IV.

Seruni-Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer.