Pengembangan Alat Peraga Tangga Logaritma Matematika untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep pada Materi Logaritma

Main Article Content

Arini Kamilah Arini

Abstract

Logaritma merupakan salah satu materi matematika yang dipelajari di kelas X SMA/MA. Materi ini dianggap sulit oleh Sebagian siswa karena konsepnya yang abstrak. Untuk mengatasi hal tersebut, guru dapat menggunakan alat peraga dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas alat peraga tangga logaritma terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMA. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Hasil uji validitas oleh validator dinyatakan sangat valid dengan persentase 83,5%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa alat peraga tangga logaritma ini valid dan dapat memfasilitasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika.


Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Alat Peraga, Matematika, Logaritma

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Kharisma, J. Y. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah Berorientasi Kemampuan Pemecahan Masalah dan Prestasi Belajar Matematika.

Maulida, N. A., Mulyanti, Y., & Lukman, H. S. (2022). PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PAPAN ALJABAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 5(2), 70–78. https://doi.org/10.37150/jp.v5i2.1326

Permatasari, K. T., Apriyani, E., & Fitriyana, Z. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berupa Alat Peraga Jam Sudut. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 9(2), 83–88. https://doi.org/10.21831/jpms.v9i2.25823

Yaqin, S. S., & Maulana, F. T. A. (2022). Penggunaan Alat Peraga “Talog Math” dalam Pembelajaran Matematika. Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 28–32. https://doi.org/10.56916/jp.v1i1.42

Yuliastuti, R., & Soebagyo, J. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Matematika Terapan pada Materi Matriks. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2270–2284. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.811