Pengembangan Modul Ajar Matematika dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Berbasis Gamifikasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar dengan metode pembelajaran kooperatif berbasis gamfikasi untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi peluang kelas X MAN 1 Gunungkidul. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RND) dengan model PPE (Planning, Production, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Gunungkidul kelas X mulai dari 11 September-16 Desember 2024. Langkah pertama penelitian ini adalah perencanaan dengan melakukan wawancara dan observasi dengan guru matematika kelas X MAN 1 Gunungkidul dan mengumpulkan informasi dengan angket karakteristik belajar peserta didik kelas X MAN 1 Gunungkidul. Langkah kedua dalam penelitian ini yaitu produksi yaitu penyusunan modul ajar beserta perangkat pembelajaran lainnya yang mendukung modul ajar, dan langkah terakhir yaitu evaluasi yaitu melakukan validasi ahli dengan hasil validitas modul ajar yang tinggi dengan nilai v= 0.85 yang dianalisis dengan indeks Aiken's V dan revisi akhir modul ajar.
Downloads
Article Details
References
Bora, A., Lede, Y., & Making, S. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Menyesaikan. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(2), 1554-1563.
Hudojo. (2008). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UNM Press.
Ibrahim, & Suparni. (2012). Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.
Mailani. (n.d). Penerapan Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan.
Nababan, S. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis RME untuk Meningkatkan Kemampuan Bepikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. BINA GOGIK, 4(2).
Ndraha, I. S., Mendrofa, R. N., & Lase, R. (2022). Analisis Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Matematika. EDUCATIVO: JURNAL PENDIDIKAN, 1(2), 672-681.
Ndraha, I. S., Mendrofa, R. N., & Lase, R. (2022). ANALISIS HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMK NEGERI 1 SOGAEADU TAHUN PELAJARAN 2021/2022. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 1 (3), 37-44.
Nesri, F., & Kristanto, Y. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi Untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480-492.
Nisa, F. Z., & Budi, A. S. (2023). Analisis Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Segi Empat. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol.7 No.3, Hal.31639-31645.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Salsabilla, I. I., Jannah, E., & Juanda. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, Vol. 3 No. 1. 33-41.
Tyaningsih, R. Y., Salsabil, N. H., Samijo, & Jatmiko. (2020). Pengembangan MUPEL (multimedia peluang) berbasis etnomatematika dalam permainan tradisional anak (Dakon). Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN): Wahana publikasi karya tulis ilmiah di bidang pendidikan matematika, 6(1), 39-53.
Wastari, D., & Sagoro, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Gamifikasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Jurnal Penyesuaian pada Siswa Kelas X Akuntansi G SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 7(8).
Wijaya, Y. (2021). Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA 2 SMAN 1 Muaro Jambi Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019-2020. Secondary: 267 Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(4)