Pengembangan Pengembangan Modul Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Peluang Siswa Kelas X MAN 4 Bantul Pengembangan modul ajar matematika

Main Article Content

Vina Noer Alifa
Nurul Arfinanti
Muhammad Iqna Hibatallah

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MAN 4 Bantul pada siswa kelas X tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk berupa modul ajar matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi peluang siswa kelas X MAN 4 Bantul agar dapat membantu guru dalam melaksanakan proses pembelajaran pada materi peluang. Pengembangan modul ajar ini termasuk dalam penelitian pengembangan Development & Research (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang meliputi 4 tahap yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), dan Dissemination (Penyebaran). Modul ajar ini divalidasi oleh dua ahli dengan memperoleh hasil validasi skor 174 dan 173 dengan presentase 87% dan 86,5% yang berkategori sangat baik dan layak untuk diimplementasikan ke sekolah sebagai salah satu panduan bagi guru untuk membantu kegiatan pembelajaran pada materi peluang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Anggraini , D., Yulianti, M., Faizah, S., Putri, A., & Pandiangan, B. (2022). Peran Guru Dalam MengembangkanKurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 2829-2723. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53

Ariawan, S., & Januarita, K. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Disertai Pendekatan Visual Thinking Pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIII. Journal for Research in Mathematic Learning, 239-302. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i3.10558

Asmar, S., Armiati, Arnawa, I., & Yarman. (2024). Pengembangan Modul Ajar Matematika Berbasis PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Aksioma. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v13i1.8368

Azzahra, H., Yuanita, P., & Armis, A. (2024). Pengembangan modul ajar berbasis problem based learning untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis peserta didik fase E. Jurnal Math Didactic, 102-113. https://doi.org/10.33654/math.v10i1.2637

Basri, H., Hasanah, S., Nuritasari, F., Indahwati, R., & Yuliono, I. (2023). Pengembangan Modul Ajar Berdiferesiasi Pada Elemen Geometri Fase C. Asimtot , 101-115. https://doi.org/10.30822/asimtot.v5i2.3153

Lakapu, D. E. (2023). Pengembangan Media Video Interaktif Pada Pembelajaran Bangun Ruang Bola Bagi Siswa SD. Asimtot , 167-177. http://dx.doi.org/10.30822/asimtot.v4i2.2343

Masruroh, B., & Kurniawati, Y. (2023). Pengembangan Modul Ajar Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Peluang Di Kelas X SMA Assa'adah Bungah Gersik. Jurnal Edukasi. https://doi.org/10.33387/j.edu.v22i1.7813

Mayasari, D. (2020). Program Perencanaan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Depublish.

Panjaji, D., Napfiah, S., & Yazidah, N. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual Materi Barisan dan Deret. Cakrawala Jurnal Ilmiah Bidang Sains. http://dx.doi.org/10.28989/cakrawala.v1i2.1421

Supiandi , M., & Julung, H. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 264-275. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i2.2171

Yulaistin, S., & Roesdiana, L. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IX SMP Pada Materi Translasi. Didactical Mathematics, 31-39. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2010