Pengembangan Pengembangan Modul Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Peluang Siswa Kelas X MAN 4 Bantul Pengembangan modul ajar matematika
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan di MAN 4 Bantul pada siswa kelas X tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk berupa modul ajar matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi peluang siswa kelas X MAN 4 Bantul agar dapat membantu guru dalam melaksanakan proses pembelajaran pada materi peluang. Pengembangan modul ajar ini termasuk dalam penelitian pengembangan Development & Research (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang meliputi 4 tahap yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), dan Dissemination (Penyebaran). Modul ajar ini divalidasi oleh dua ahli dengan memperoleh hasil validasi skor 174 dan 173 dengan presentase 87% dan 86,5% yang berkategori sangat baik dan layak untuk diimplementasikan ke sekolah sebagai salah satu panduan bagi guru untuk membantu kegiatan pembelajaran pada materi peluang.
Downloads
Article Details
References
Anggraini , D., Yulianti, M., Faizah, S., Putri, A., & Pandiangan, B. (2022). Peran Guru Dalam MengembangkanKurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 2829-2723. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53
Ariawan, S., & Januarita, K. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Disertai Pendekatan Visual Thinking Pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIII. Journal for Research in Mathematic Learning, 239-302. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i3.10558
Asmar, S., Armiati, Arnawa, I., & Yarman. (2024). Pengembangan Modul Ajar Matematika Berbasis PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Aksioma. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v13i1.8368
Azzahra, H., Yuanita, P., & Armis, A. (2024). Pengembangan modul ajar berbasis problem based learning untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis peserta didik fase E. Jurnal Math Didactic, 102-113. https://doi.org/10.33654/math.v10i1.2637
Basri, H., Hasanah, S., Nuritasari, F., Indahwati, R., & Yuliono, I. (2023). Pengembangan Modul Ajar Berdiferesiasi Pada Elemen Geometri Fase C. Asimtot , 101-115. https://doi.org/10.30822/asimtot.v5i2.3153
Lakapu, D. E. (2023). Pengembangan Media Video Interaktif Pada Pembelajaran Bangun Ruang Bola Bagi Siswa SD. Asimtot , 167-177. http://dx.doi.org/10.30822/asimtot.v4i2.2343
Masruroh, B., & Kurniawati, Y. (2023). Pengembangan Modul Ajar Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Peluang Di Kelas X SMA Assa'adah Bungah Gersik. Jurnal Edukasi. https://doi.org/10.33387/j.edu.v22i1.7813
Mayasari, D. (2020). Program Perencanaan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Depublish.
Panjaji, D., Napfiah, S., & Yazidah, N. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual Materi Barisan dan Deret. Cakrawala Jurnal Ilmiah Bidang Sains. http://dx.doi.org/10.28989/cakrawala.v1i2.1421
Supiandi , M., & Julung, H. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 264-275. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i2.2171
Yulaistin, S., & Roesdiana, L. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IX SMP Pada Materi Translasi. Didactical Mathematics, 31-39. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2010