Systematic Literatur Review Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Matematika

Main Article Content

Arif Fadhil Muhammad
Nurul Arfinanti

Abstract

Game edukasi adalah sebuah permainan yang dirancang menggunakan multimedia untuk memberikan suatu permasalahan dimana siswa diharuskan menyelesaikannya sehingga terbentuk proses berpikir kritis dan kreatif. Game identik dengan menarik, asik, dan menyenangkan yang dapat membuat siswa tidak bosan dalam memainkannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan sebuah game edukasi matematika dan penggunaannya dalam pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Systematik Literatur Review (SLR) yang dilakukan melalui tahapan mengidentifikasi, mengkaji, mengevaluasi, serta menafsirkan semua artikel rujukan yang telah terkumpul. Hasil dari penelitian ini menunjukkan berbagai macam multimedia dan software yang digunakan dalam pengembangan game edukasi matematika. Uji validasi ahli produk menunjukkan bahwa media game edukasi layak digunakan dalam pembelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Abdullah, F. S., & Yunianta, T. N. H. (2018). Pengembangan media pembelajaran matematika trigo fun berbasis game edukasi menggunakan adobe animate pada materi trigonometri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(3), 434-443.

Ajizah, I., & Munawir, M. (2021). Urgensi teknologi pendidikan: analisis kelebihan dan kekurangan teknologi pendidikan di era revolusi industri 4.0. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 4(1), 25-36.

Amrulloh, T. R., Risnasari, M., & Ningsih, P. R. (2019). Pengembangan game edukasi matematika (operasi bilangan pecahan) berbasis android untuk Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan dan Informatika, 5(2), 115-123.

Anwar, S., & Anis, M. B. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash Profesional pada Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 3(1), 83-98.

Arifah, S. N., Fernando, Y., & Rusliyawati, R. (2022). Upaya Meningkatkan Citra Diri Melalui Game Edukasi Pengembang Kepribadian Berbasis Mobile. Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, 3(3), 295-315.

Astawan, I. G. (2021). Pengembangan media game edukasi berbasis Android pada topik bilangan bulat kelas vi sekolah dasar. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1), 16-25.

Handayani, D. P., Wahyudi, W., & Indarini, E. (2019). Pengembangan Media Game Side Scrolling dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 278-287.

Jabali, S. G., Supriyono, S., & Nugraheni, P. (2020). Pengembangan Media Game Visual Novel Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Aljabar. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 185-198.

Marthani, G. Y., & Ratu, N. (2022). Media Pembelajaran Matematika Digital “BABADA” pada Materi Kesebangunan Bangun Datar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 305–316. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i2.1410

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291-300.

Muharram, M. R. W., & Fajrin, B. S. (2021). Desain game edukasi sifat-sifat bangun datar segiempat menggunakan aplikasi scratch. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(2), 140-149.

Muh Zulkifli, Wina Amniatul Wahida, & Sendi. (2022). Dampak Teknologi Smartphone Di Era Revolusi Industri 4.0 Terhadap Perilaku Siswa. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(3), 201–212. https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v1i3.29

Nurbani, N., & Puspitasari, H. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Matematika di SMA. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1908-1913.

Oktaviani, S., & Arini, N. W. (2021). Pengembangan Media Animation Game Geometry Smart Choice untuk Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2769-2775.

Permatasari, S., Asikin, M., and Dewi, N. R. (2020). Potensi Game Edukasi Untuk Mengembangkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Daring. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, pp. 853–860.

Permatasari, S., Asikin, M., & Dewi, N. R. (2022). MaTriG: Game Edukasi Matematika Dengan Construct 3. Indonesian Journal of Computer Science, 11(1).

Praditya, P. A. D., Sudarma, I. K., & Pudjawan, K. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Dengan Evaluasi Instructional Game Matematika Siswa Kelas VII SMPLB-B Negeri 1 Buleleng. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 66-76.

Pramuditya, S. A., Noto, M. S., & Purwono, H. (2018). Desain game edukasi berbasis android pada materi logika matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 165-179.

Prasetyo, P. B., & Brataningrum, N. P. (2022). Hubungan Penerapan Media Pembelajaran E-Learning, Metode Pembelajaran Berbasis Penugasan, Dan Peran Orang Tua Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Akuntansi, 15(2), 13-26.

Prastica, Y. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas IV Di SDN Kedungbanteng Sidoarjo (Doctoral dissertation, UNKNOWN).

Putra, A. A., & Wahyuni, I. W. (2021). Pengaruh Penggunaan Handphone Pada Siswa Sekolah Dasar. 18(1).

Putri, A. R. S., & Airlanda, G. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Game PEKA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Materi Pecahan. Efektor, 7(2), 109-116.

Sari, E. I., Huda, N., & Syamsurizal, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Konstruktivisme pada Materi Segitiga Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1721-1728.

Septiani, A., Yuhana, Y., & Sukirwan, S. (2022). Pengembangan LKPD untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika: Systematic Literature Review. Jurnal Basicedu, 6(6), 10110-10121.

Swalaganata, G. (2018). Pengembangan media pembelajaran game aritmatika (GAMETIKA) menggunakan adobe flash CS6. Jurnal Tadris Matematika, 1(1), 65-74.

Ulfah, T. A., Wahyuni, E. A., & Nurtamam, M. E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Kartu Uno Pada Pembelajaran Matematika Materi Satuan Panjang [Preprint]. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/qt4mv

Wardani, K. W., & Setyadi, D. (2020). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis macromedia flash materi luas dan keliling untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 73-84.

Widiyanti, N. M. D., & Wiarta, I. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoly Games Smart pada Pembelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 20-25.

Wildan, A., Suherman, S., & Rusdiyani, I. (2023). Pengembangan Media GAULL (Game Edukasi Wordwall) pada Materi Bangun Ruang untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1623-1634.

Wulandari, S., Ainy, C., & Suprapti, E. (2017). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis game interaktif menggunakan aplikasi Adobe Flash CS3 pada materi pokok trigonometri kelas X SMKN 10 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(2), 165-177.