Integration of Information Technology in the Transformation of Religious Education: Fostering Learning Quality in Elementary Islamic Schools
DOI:
https://doi.org/10.14421/skijier.2023.71.02Keywords:
Integration, Technology, Transformation, Religion, CultivatingAbstract
Penelitian ini membahas tentang integrasi Teknologi Informasi (TI) dalam transformasi pendidikan agama khususnya di Madrasah Ibtidaiyah. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana pemanfaatan Teknologi Informasi dapat meningkatkan mutu pembelajaran di madrasah. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur, wawancara dengan guru di Madrasah. Hasilnya menunjukkan bahwa integrasi Teknologi Informasi membawa dampak positif dalam pembelajaran, antara lain peningkatan keterlibatan siswa, aksesibilitas materi pembelajaran, dan efisiensi pengajaran. Namun tantangan seperti infrastruktur dan pelatihan masih perlu diatasi untuk memaksimalkan manfaat Teknologi Informasi dalam konteks pendidikan agama. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam upaya peningkatan mutu pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah melalui pemanfaatan Teknologi Informasi. Implikasi dari penelitian ini adalah integrasi Teknologi Informasi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah. Untuk mencapai potensi penuh TI dalam pendidikan agama, perlu dilakukan investasi pada infrastruktur TI, pelatihan pendidik, dan pengembangan kurikulum yang relevan dan interaktif dengan memanfaatkan teknologi. Hal ini akan membantu meningkatkan keterlibatan siswa dan memfasilitasi akses terhadap materi pendidikan agama.
Downloads
References
Elyas, Ananda Hadi. “Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.” Warta Dharmawangsa, No. 56 (8 Juni 2018). Https://Doi.Org/10.46576/Wdw.V0i56.4.
Gultom, Fadly Mart. Kebijakan Pendidikan Keagamaan Islam Di Indonesia. Deepublish, 2019.
Hambali, Muh, Dan Eva Yulianti. “Ekstrakurikuler Keagamaan Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Di Kota Majapahit.” Pedagogik: Jurnal Pendidikan 5, No. 2 (17 Desember 2018): 193–208. Https://Doi.Org/10.33650/Pjp.V5i2.380.
Hartati, Suci, Muhammad Feri Fernadi, Dan Esen Pramudya Utama. “Integrasi Teknologi Baru Dalam Meningkatkan Pendidikan Islam Di Indonesia.” Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam 7, No. 2 (31 Desember 2022): 159–78. Https://Doi.Org/10.46963/Alliqo.V7i2.581.
Heryani, Ani, Nurul Pebriyanti, Tin Rustini, Dan Yona Wahyuningsih. “Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran Ips Di Sd Kelas Tinggi.” Jurnal Pendidikan 31, No. 1 (26 Maret 2022): 17–28. Https://Doi.Org/10.32585/Jp.V31i1.1977.
Hulkin, M, Dan Andi Prastowo. “Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Akhlak Sopan Santun Siswa Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 5, No. 3 (22 Juli 2023): 1553–62. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V5i3.5027.
Indra, Hasbi. “Revitalisasi Pendidikan Keagamaan Islam Era Digital 4.0.” Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam 12, No. 2 (31 Desember 2019): 278–88. Https://Doi.Org/10.32832/Tawazun.V12i2.2408.
Kamsina, Khomarudin. “Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran Implementasi Pembelajaran Ilmu Teknologi Dan Masyarakat.” Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi 9, No. 2 (15 Desember 2020). Https://Doi.Org/10.24235/Edueksos.V9i2.7103.
Liyandani, Oktiya Hayyu, Dan Nur Kolis. “Kebijakan Pendidikan Keagamaan Islam Di Indonesia.” Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 2, No. 2 (1 Agustus 2021): 145–54. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.5651515.
Maghfiroh, Warda. “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Penerapan Teknologi Informasi Di Mi Miftahul Ulum Bago Pasirian.” Jurnal Petisi (Pendidikan Teknologi Informasi) 3, No. 1 (24 Januari 2022): 20–28. Https://Doi.Org/10.36232/Jurnalpetisi.V3i1.1800.
Muammar, Muammar, Dan Suhartina Suhartina. “Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Akidah Akhlak.” Kuriositas: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan 11, No. 2 (20 Desember 2018): 176–88. Https://Doi.Org/10.35905/Kur.V11i2.728.
Puspitasari, Rhindra, Dasim Budimansyah, Sapriya Sapriya, Dan Rahmat Rahmat. “Transformasi Pendidikan Karakter Di Madrasah Pada Era Society 5.0.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 11, No. 01 (25 Februari 2022). Https://Doi.Org/10.30868/Ei.V11i01.2796.
Putri, Widya Kurnia, Muhammad Sofwan, Dan Silvina Noviyanti. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Dengan Integrasi Teknologi Pada Siswa Kelas Iv Sdn 124/Viii Sidorejo.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk) 4, No. 2 (8 Maret 2022): 46–52. Https://Doi.Org/10.31004/Jpdk.V4i2.3861.
Sinurat, James, Musnar Indra Daulay, Anggi Khairina Hanum Hasibuan, Eka Setiawati, Yeni Rahmawati, Fitri Meliani, Bayu Retno Widiastuti, Dkk. Pengembangan Moral &Amp; Keagamaan Anak Usia Dini. Cv Widina Media Utama, 2022. Https://Repository.Penerbitwidina.Com/Publications/558622/.
Syahid, Nur. “Transformasi Pendidikan Islam Di Indonesia.” Qudwatuna 3, No. 1 (30 Maret 2020): 55–70.
Syarifuddin, Nur. “Madrasah Sebagai Bentuk Transformasi Pendidikan Islam Di Indonesia.” Al - Ibrah 2, No. 2 (31 Desember 2017): 25–54.
Syukri, Icep Irham Fauzan, Soni Samsu Rizal, Dan M. Djaswidi Al Hamdani. “Pengaruh Kegiatan Keagamaan Terhadap Kualitas Pendidikan.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7, No. 1 (11 Juni 2019): 17. Https://Doi.Org/10.36667/Jppi.V7i1.358.
Yaumi, Muhammad. “Integrasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran.” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 14, No. 1 (2011): 88–102. Https://Doi.Org/10.24252/Lp.2011v14n1a6.