Mengenali Potensi Anak
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v1i1.8960Keywords:
diagnosis, potentialAbstract
Pada dasarnya manusia memiiiki dua kemampuan besar yaitu kemampuan aktual dan kemampuan potensial. Kemampuan aktual merupakan kemampuan yang ada saat ini, kemampuan yang telah nampak. Ini dapat dilihat (sebagian) misalnya dari skor IQ, skor TOEFL, dan nilai akademik. Kemampuan potensiai merupakan kemampuan yang belum nampak, kemampuan yang memiliki kesempatan untuk berkembang; Oleh karenanya untuk mengembangkannya memerlukan stimulan-stimuian dari lingkungan (pendidikan, orang tua, guru, nutrisi), misalnya talenta.
Artikel ini mencoba untuk mengidentifikasi beberapa potensi dan bagaimana cara untuk mengidentifikasinya. Untuk mengidenifikasi potensi diperlukan bagi para guru untuk memahami anak-anaknya yaitu dengan memahami pertumbuhan anak dan tugas-tugas perkembangan untuk setiap tahapannya. Cara untuk mengidetifikasi potensi anak dapat menggunakan dua hal yaitu dengan mengidentifikasi bakat anak dan mengetahui minatnya (kepribadian anak). Bakat anak dapat diidentifikasi dari kemampuan umum (inteligensi), kreativitas, dan motivasi.
Downloads
References
Anonim , Psikologi Inteligensi, Cetakan pertama, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996.
Azwar, Saifuddin, Tes Prestasi. Cetakan ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2000.
Depdiknas, Pedoman Diagnostik Potensi Peserta Didi, Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu SLTP, 2004.
Iman, Nurul, MotitJasi dan Kepribadian terjemahan dati Motifation and Personality Abraham Maslow, Jakarta: PT Gramedia, 1984.
John W., Santrock, Life Span Developmen,. Toronto: Brown & Benchmark Publishers, 1997.
Knoers, Monks, J, Haditono, Rahayu, Siti, Psikologi Perkembangan-Pengantar dalam erbagai Bagiannya. Cetakan Kesepuluh, Yogjakarta: Gadjah Mada University Press, 1996.
Lawrence E., Saphira, Mengqjarkan Emotional Intelligence pada Anak,Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 1998.
Masrun, Handout, Mata Kuliah Aliran Psikologi dan Penerapannya dalam Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada, Program Pascasarjana, 2001.
Muhammad bin Ibrahim Al Hamd, Menumbuhkan Optimisme, Motivasi dan Hambatan, Jakarta: Darul Haq, 2002.
P. Guilford, J., The Nature Human Intelligence, New York: Me Graw Hill, 1971. Roger R., Hock, Forry Studies that Changed Psychology. New Jersey: Prentice Hall, 1999.
Purwanto, Ngalim, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1994.
S.C., Munandar, Utami, Mengembangkan Bakat dan Kreatifitas Anak Sekolah¸Jakarta: Gramedia, 1994.
Sadli, Saparinah (editor) Inteligensi, Bakat, dan Tes IQ. Cetakan Pertama, Jakarta: Gaya Favorit Press, 1986.
Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.