Pengaturan Diri dalam Belajar (Self Regulated Learning) Mahasiswa Ditinjau dari Strategi Experiential Learning dan Jenis Kelamin

Authors

  • Eva Latipah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v4i2.9018

Keywords:

Experiential Learning Strategy, Sex, Selfregulated Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji korelasi antara strategi pembelajaran eksperiensial (experiential learning) dengan pengaturan diri dalam belajar (self regulated learning) dan jenis kelamin. Hipotesis yang diuji adalah: (a) ada korelasi antara strategi experiential learning dengan belajar berdasar regulasi diri, (b) ada perbedaan pengaturan diri dalam belajar antara mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan.

Subjek dari penelitian ini adalah 140 mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah lbtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Dua instrumen digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data, yaitu skala pengaturan diri dalam belajar dan modul strategi pembelajaran eksperiensial.

Teknik analisis product moment dan uji-t digunakan untuk menganalisis data. Hasilnya menunjukkan bahwa (a) ada korelasi positif dan sangat signifikan antara strategi pembelajaran eksperiensial dan pengaturan diri dalam belajar (r = 0,282, p = 0, 000) (b) ada perbedaan yang sangat signifikan antara pengaturan diri dalam belajar laki-laki dan perempuan (rerata perempuan 111,33 dan rerata laki-laki = 105,29, r = 0,000).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alsa, A., 2005. Program Belajar, Jenis Kelamin, Belajar Berdasar Regulasi Diri, dan Prestasi Belajar Matematika pada Pelajar SMA Negeri di Yogyakarta. Disertasi. Yogyakarta: Program Pascasarjana UGM.

Baharudin, Paradigma Psikologi Islami, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Cahyani, I, “Peran Experiential Learning dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajar BIPA”, Tesis, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2009.

Darmiany, “Penerapan pembelajaran eksperiensial dalam mengembangkan self regulated learning”. Disertasi. Malang: Univeristas Negeri Malang, 2009.

Gay, G, Connection between classroom management and culturally responsive teaching dalam C. Evertson & C. S. Weinstein (Eds), Handbook for Classroom management: research, practice, and contemporary issues, Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum, 2006.

Grouws, Douglas, A. & Cebulla, Kristin, J, “Improving Students Achievement in Mathematics”, diakses pada Tanggal 10 Februari 2012, Dari: http://www.ibe.unesco.org, 2001.

Halpern, D. F., & LaMay, M. L, “The smarter sex: A critical review of sex differences in intelligence”. Educational Psychology Review, 12, 2000.

Joyce, B., Weil, M., Calhoun, E., Models of Teaching (Eight Edition), New Jersey: Allyn & Bacon, 2009.

Kolb, D. A, Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Englewood Cliffs, New Jersey, 1984.

Kristiyani, T., “Penerapan Classroom Assessment Techniques (CATs) dalam Perkuliahan untuk Meningkatkan Self-Regulated Learning (SRL) serta Prestasi Belajar Statistik II pada Mahasiswa Psikologi”. Laporan Penelitian, Disampaikan dalam Konferensi Psikologi Eksperimen, Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM, 2010.

Latipah, Eva, “Self Regulated Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar”, Jurnal al-Bidayah, 1 (2), 2009.

Latipah, Eva, “Self Regulated Learning dan Prestasi Akademik”. Jurnal Psikologi, Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM, 2010.

Latipah, Eva, Pengantar Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Pedagogia, 2012.

Ruseho Arjanggi & Titin S., “Efektivitas Metode Pembelajaran Tutor Ternan Sebaya Terhadap Belajar Berdasar Regulasi Diri”, Laporan Penelitian, Disampaikan sebagai Materi Parallel Session dalam Konferensi Psikologi Eksperimen, Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM, 2010.

Sunawan, “Pengelolaan Diri dalam Belajar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Sekolah Menengah Umum (SMU)”. Tesis, Yogyakarta: Program Pascasarjana UGM, 2003.

Sungur S. & Tekkaya C., “Effects of Problem-Based Learning and Traditional Instruction on Self-Regulated Learning”. The Journal of Educational Research, 99 (5), 2006.

Zimmerman, B. J. & Martinez-Pons, M., “Construct Validation of Strategy Model of Student Self Regulated Learning”, Journal of Educational Psychology, 80 (2), 1998.

Zimmerman, B. J., “A Social Cognitive View of Self Regulated Academic Learning”, Journal of Educational Psychology, 81 (3), 1989.

Downloads

Published

2018-12-07

How to Cite

Latipah, E. (2018). Pengaturan Diri dalam Belajar (Self Regulated Learning) Mahasiswa Ditinjau dari Strategi Experiential Learning dan Jenis Kelamin. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2). https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v4i2.9018