Peningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Melalui Media Gambar Tema Kegemaranku di Kelas II SD Negeri Margoagung Sleman

Authors

  • Laelatul Badriah PGMI STIA AlmaAta Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v7i1.9057

Keywords:

pembelajaran tematik, media gambar

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui hasil be/ajar siswa dan kendala-kendala yang dihadapi dalam menggunakan media gambar pada pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, model Hopkins dengan dua siklus. Penelitian ini dikatakan berhasil jika 60% hasil be/ajar siswa mengalami ketuntasan yaitu dengan KKM 65 pada kompentensi yang terkait. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran tematik dengan media gambar dapat meningkatkan hasil be/ajar siswa. Terbukti, saat penerapan media gambar pada pembelajaran tematik siswa sangat antusias sehingga dapat meningkatkan hasil be/ajar siswa. Pada siklus I prosentase ketuntasan pada pretetst ialah 56,67% (17 siswa) dan posttest sebesar 80% (24 siswa), lalu pada siklus II prosentase ketuntasan siswa mencapai 90% dengan 27 siswa yang tuntas KKM Berdasarkan hasil akhir dari penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil be/ajar siswa pada pembelajaran tematik. Artinya pembelajaran tematik dapat lebih menarik jika dalam pembelajaran digunakannya media gambar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Suharjana dkk, Modul Matematika SD Program Bermutu:Pemanfaatan Alat

Peraga Matematika dalam Pembelajaran di SD, Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika, 2009.

Alisuf Sabri, Psikologi Pendidikan Berdasarkan Kurikulum Nasional Jakarta: Pedoman ilmu Jaya, 2010.

Arief S Sadiman dkk, Media Pendidikan: Pengertian, Pemanfaatan dan Pengembangannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.

Asep Heri Hermawan, Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar, Bandung: UPI Press, 2007.

Azhar Arsyad, Media Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1995.

_________, Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.

Baharuddin Dkk, Teori Belajar Dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz

Media Group, 2007.

Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2002.

Indrawati, Model Pembelajaran terpadu di Sekolah Dasar untuk Guru SD, Jakarta: PPPPTK IPA, 2009.

Ismiyana, Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2008.

Kunandar, Guru Profesional, Jakarta:PT Raja Grafindo Persada, 2007.

Mamat SB, dkk, Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Tematik, Jakarta: Direktorat Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama, 2005.

Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006.

Nana Sudjana, Dasar-dasar Proses Mengajar, Bandung: Sinar Baru

Algensindo, 2010.

Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2011.

Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pengajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Rochajat Harun, Metode Penelitian Kulitatif, Bandung: Mandar Maju, 2007.

R. Soedjadi, Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia, Jakarta:

Departemen Pendidikan Nasional, 2000.

Sardiman A.M, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja

Grafindo Persada, 2005.

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Soetomo, Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar, Surabaya: Usaha Nasional, 1993.

Sudaryanto, Keterampilan Berbahasa Membaca, Menulis, Berbicara untuk Mata Kuliah Dasar Bahasa Indonesia, Jakarta: Depdikbud, 1988.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2012.

Syaiful B Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta, 1997.

_______. Strategi Belajar Mengajar (Edisi Revisi). Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010.

______ , Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini TKIRA dan Anak Usia Kelas Awal SD/MI, Jakarta: Kencana, 2011.

Udin Saefuddin Sa'ud, Pembelajaran Terpadu, Bandung: UPI Press, 2007.

Yanti Herlanti, Pembelajaran Tematik, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah, 2009.

Wasty Sumantono, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 1998.

Wina Sanjaya, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Kencana, 2011.

__________, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Prenada Media Group, 2008.

Wiriatmadja Rachiati, Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Rosda Karya, 2005.

Winkel W. S, Psikologi Pengajaran, Yogyakarta: Media Abadi, 2004.

Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter (Konsep dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan), Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.

Downloads

Published

2024-09-14

How to Cite

Badriah, L. (2024). Peningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Melalui Media Gambar Tema Kegemaranku di Kelas II SD Negeri Margoagung Sleman. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1). https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v7i1.9057