Peningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Melalui Media Gambar Tema Kegemaranku di Kelas II SD Negeri Margoagung Sleman
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v7i1.9057Keywords:
pembelajaran tematik, media gambarAbstract
Penelitian ini untuk mengetahui hasil be/ajar siswa dan kendala-kendala yang dihadapi dalam menggunakan media gambar pada pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, model Hopkins dengan dua siklus. Penelitian ini dikatakan berhasil jika 60% hasil be/ajar siswa mengalami ketuntasan yaitu dengan KKM 65 pada kompentensi yang terkait. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran tematik dengan media gambar dapat meningkatkan hasil be/ajar siswa. Terbukti, saat penerapan media gambar pada pembelajaran tematik siswa sangat antusias sehingga dapat meningkatkan hasil be/ajar siswa. Pada siklus I prosentase ketuntasan pada pretetst ialah 56,67% (17 siswa) dan posttest sebesar 80% (24 siswa), lalu pada siklus II prosentase ketuntasan siswa mencapai 90% dengan 27 siswa yang tuntas KKM Berdasarkan hasil akhir dari penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil be/ajar siswa pada pembelajaran tematik. Artinya pembelajaran tematik dapat lebih menarik jika dalam pembelajaran digunakannya media gambar.Downloads
References
Agus Suharjana dkk, Modul Matematika SD Program Bermutu:Pemanfaatan Alat
Peraga Matematika dalam Pembelajaran di SD, Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika, 2009.
Alisuf Sabri, Psikologi Pendidikan Berdasarkan Kurikulum Nasional Jakarta: Pedoman ilmu Jaya, 2010.
Arief S Sadiman dkk, Media Pendidikan: Pengertian, Pemanfaatan dan Pengembangannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.
Asep Heri Hermawan, Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar, Bandung: UPI Press, 2007.
Azhar Arsyad, Media Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1995.
_________, Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.
Baharuddin Dkk, Teori Belajar Dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz
Media Group, 2007.
Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2002.
Indrawati, Model Pembelajaran terpadu di Sekolah Dasar untuk Guru SD, Jakarta: PPPPTK IPA, 2009.
Ismiyana, Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2008.
Kunandar, Guru Profesional, Jakarta:PT Raja Grafindo Persada, 2007.
Mamat SB, dkk, Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Tematik, Jakarta: Direktorat Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama, 2005.
Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006.
Nana Sudjana, Dasar-dasar Proses Mengajar, Bandung: Sinar Baru
Algensindo, 2010.
Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2011.
Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pengajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Rochajat Harun, Metode Penelitian Kulitatif, Bandung: Mandar Maju, 2007.
R. Soedjadi, Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia, Jakarta:
Departemen Pendidikan Nasional, 2000.
Sardiman A.M, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja
Grafindo Persada, 2005.
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Soetomo, Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar, Surabaya: Usaha Nasional, 1993.
Sudaryanto, Keterampilan Berbahasa Membaca, Menulis, Berbicara untuk Mata Kuliah Dasar Bahasa Indonesia, Jakarta: Depdikbud, 1988.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2012.
Syaiful B Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta, 1997.
_______. Strategi Belajar Mengajar (Edisi Revisi). Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.
Trianto, Model Pembelajaran Terpadu, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010.
______ , Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini TKIRA dan Anak Usia Kelas Awal SD/MI, Jakarta: Kencana, 2011.
Udin Saefuddin Sa'ud, Pembelajaran Terpadu, Bandung: UPI Press, 2007.
Yanti Herlanti, Pembelajaran Tematik, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah, 2009.
Wasty Sumantono, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 1998.
Wina Sanjaya, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Kencana, 2011.
__________, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Prenada Media Group, 2008.
Wiriatmadja Rachiati, Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Rosda Karya, 2005.
Winkel W. S, Psikologi Pengajaran, Yogyakarta: Media Abadi, 2004.
Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter (Konsep dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan), Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.