Pembelajaran Bahasa Arab Aktif-Inovatif Berbasis Multiple Intelligences
DOI:
https://doi.org/10.14421/almahara.2018-041-07Keywords:
Learning Method, Active Learning, Multiple IntelligencesAbstract
Learning Arabic will be interesting if deliver by taking characteristics of each intelligence possessed by children. This research aimed to explain how the Multiple Intelligences approach used in designing methods of learning Arabic. Results from this study are expected to assist teachers in teaching Arabic with varying methods based on the theory of multiple intelligences.
Pembelajaran bahasa Arab akan menejadi menarik jika penyampaiannya dilakukan dengan memperhatikan karakteristik masing masing kecerdasan yang dimiliki oleh anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana pendekatan Multiple Intelligences digunakan dalam merancang metode pembelajaran bahasa Arab. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu para pengajar bahasa Arab dalam mengajarkan bahasa Arab dengan metode yang bervariatif berlandaskan pada teori multiple intelligences.
Downloads
References
Azyumardi Azra, Esei-esei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam, Jakarta:Logos Wacana Ilmu, 1999.
Colin Rose dan Malcolm J. Nicholl, Cara Belajar Cepat Abad XXI, terj. Dedy Ahimsa, Bandung: Nuansa, 2002.
Gordon Dryden dan Jeanette Vos, Revolusi Cara Belajar (The Learning Revolution), Belajar Akan Efektif Kalau Anda dalam Keadaan Fun, Ahmad Baiquni (ed.), Bandung : Kaifa, 2003.
Hartley, J., & Davies, I.K. note-taking; a Critical Review. PROGAMMED Learning and Educational Technology, 1978.
Howard Garner, Kecerdasan Majemuk: Teori dan Praktek, terj. Alexander Sindoro, Batam: Interaksara.
http://wikipedia.or/wiki/kecerdasan, diakses 25 Mei 2012
J. J. Hasibuan, Proses Belajar Mengajar Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, 2006.
Linda Campbell, dkk. Multiple Intelligences: Metode Terbaru Melesatkan Kecerdasan, terj. Tim Inisiasi, Jakarta: Inisiasi Press.
Mastuhu, Menata Ulang Sistem Pendidikan Nasional dalam Abad 21, Yogyakarta: Safira Insani Press, 2003.
Mel Silberman, Active Learning: 101 Strategies to Teach Any Subject. Amerika Serikat:Alllyn and Bacon, 1996.
Radliyah Zainuddin dkk, Metodologi & Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab, Pustaka Rihlah Group bekerja sama dengan STAIN Cirebon Press, 2005.
Sugihartono, dkk, Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press, 2007.
Thomas Armstrong, Sekolahnya Para Juara: Menerapkan Multiple Intelligences di Dunia Pendidikan, terj. Yudhi Murtanto, Bandung: Kaifa, 2002.