Desain Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Pendekatan Potensi/ Fitrah
DOI:
https://doi.org/10.14421/almahara.2018.042-01Keywords:
Arabic, Curriculum, Potential, Transformative-generativeAbstract
Language is the main characteristic that distinguishes humans from other creatures, with that language interacting and communicating. One theory of language acquisition and learning regarding language as a human trait is the generative transformative theory Noam Chomsky states that language is the innate potential possessed by humans from birth. Based on the theory, this study aims to analyze the innate potential of human language as a reference in the development of Arabic language learning, taking into account the innate potential of the language that is already possessed by students. It is expected that the potential of the language can be utilized and developed optimally in the process of learning Arabic. his study uses descriptive analysis method, and the conclusions obtained based on this research are curriculum design in Arabic language learning based on Chomsky Innate theory, namely students do not have to be given intensive training, students are given a broad opportunity to create speeches, the rules are given as long as it is needed, students are deployed to real situations in the communication process.
Abstrak
Bahasa merupakan ciri utama yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya, dengan bahasa manusia berinteraksi dan berkomunikasi. Salah satu teori pemerolehan dan pembelajaran bahasa yang berkenaan bahasa sebagai ciri bawaan manusia adalah teori transformatif generatifnya Noam Chomsky yang menyatakan bahwa bahasa merupakan potensi bawaan yang dimiliki manusia sejak lahir. Berdasarkan teori tersebut penelitian ini bertujuan menganalisis potensi bawaan bahasa manusia sebagai acuan dalam pengembangan pembelajaran bahasa Arab, dengan memperhatikan potensi bawaan bahasa yang sudah dimiliki oleh peserta didik diharapkan potensi bahasa tersebut dapat dimanfaatkan dan dikembangkan secara optimal dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, dan kesimpulan yang didapatkan berdasarkan penelitian ini berupa desain kurikulum pembelajaran bahasa Arab berdasarkan teori Innate Chomsky yaitu peserta didik tidak harus selalu diberi latihan (drill) secara intensif, siswa diberi kesempatan yang luas untuk mengkreasikan ujaran, kaidah nahwu diberikan selama hal tersebut diperlukan, siswa diterjunkan kedalam situasi nyata dalam proses komunikasi.
Kata Kunci: Bahasa Arab, Kurikulum, Potensi, Trasnformatif-generatif
Downloads
References
al-Ushaili, Abdul Azis bin Ibrahim. Psikolinguistik Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: Humaniora, 2009.
Brown, H. Douglas. Prinsip pembelajaran dan Pengajaran Bahasa, Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat, 2008.
Chaer, Abdul. Psikolinguistik Kajian teoritik,Jakarta: Rineka Cipta, Cet.3 2015.
_______, Linguistik Umum, Jakarta: Rineka Cipta, 1994.
________, “Model Nativis Language Acquisition Device (Sebuah Teori Pemerolehan Bahasa)”, LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, Vol. 1 No.2 2006.
Fachrurrazi, Aziz dan Erta Mahyudin, Pembelajaran Bahasa Asing: Metode Tradisonal dan Kontemporer, Jakarta: Rajawali Press, 2016.
Hasanah, Mamluatul. Proses Manusia Berbahasa: Perspektif Al-Qur’an dan Linguistik, Malang: UIN Maliki Press 2010.
Hasibuan, Abdullah. “Perbedaan Teori Linguistik Ferdinand De Saussure Dan Noam Chomsky”, Jurnal Metamorfosa, Vol. 3, Nomor 2, 2015.
Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa arab, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2011.Jannah, Uul Nur, “Konsep Fitrah Manusia dan relevansinya Terhadap Pengembangan Kretaivitas anak dalam pendidikan Islam”, Goden Age, Jurnal Ilmiah Tumbuh kembang Anak Usia Dini, Vol.2 No.I 2017.
Keraf, Gorys. Linguistik Bandingan Tipologis, Jakarta: Gramedia, 1990.Kusuma, Alam Budi. “Pemerolehan Bahasa Pertama sebagai Dasar Pembelajaran Bahasa Kedua (Kajian Psikolinguistik)”. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, Voulme 5, Nomor 2, Desember 2016.
Lasnik, Howard dkk., “Syntactic Structures Revisited: Contemporary Lectures On Classic Transformational Theory,” Journal of Linguistics, 38, no. 3, (November 2002), http://www.jstor.org/view/00156421 (acsessed)
Parera, Jos Daniel. Kajian Linguistik Umum Historis Komparatif dan Hipologi Struktural, Bandung: Penerbit Erlangga, 1991.
Permata, Bagus Andrian. “Teori Transformatif-Generatif Noam Chomsky dan Relevansinya dalam Pembelajaran Bahasa Arab” Empirisma, Vol. 24 No. 2 2015.
Pransisika Toni, “Konsepsi Fitrah Manusia dalam Perspektif Islam dan Implikasinya dalam Pendidikan Islam Kontemporer”, Didaktika, vol.17 No I, 2016.
Rosyidi, Abd. Wahab. Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa arab, Malang: UIN Maliki press 2012.
Saryono, “Konsep Fitrah Dalam perspektif Islam”, Medina-Te, Jurnal Studi Islam, Vol 14, No. 2 2016.
Setiadi, Alif Cahya. “Pembelajaran Bahasa dengan Pendekatan Komunikatif: Analisis teori Transformatif-Generatif Noam Chomsky”, At-Ta’dib Vol.4 No.1 Shafar 1429.Shafa, “Teori Pemerolehan Bahasa dan Implikasinya dalam Pembelajaran”, (Jurnal Tarbiyah STAIN Samarinda).Sunyono, Dardjowidjojo. Psikolinguistik; Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta. Yayasan Obor Indonesia, 2005.
Susiawati, Wati. Al-Qur’an dan Teori Transformatif Generatif, Disertasi: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2017. Edisi Jurnal,https://hsalma.wordpress.com/2011/05/09/teori-kognitif-dan-transformatif/. Diakses: kamis 19 April 2018.
http://al-afkary_ Teori Noam Chomsky.html. diakses,18 April 2018.
www.http://aliranlinguistik.blogspot.com/2011/07/aliran-transformasional. Diakses, 17 April 2018.