Eksperimentasi Metode Karyawisata dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Kosa Kata Bahasa Arab
DOI:
https://doi.org/10.14421/almahara.2018.042-04Keywords:
Learning Process, Field Trips Method, Learning VocabularyAbstract
The present study aims to: (1) know the vocabulary learning process through field trip method, (2) know the significant differences in the increase of Arabic vocabulary in the experimental and control groups. This study uses qualitative experimental approach. As for the data collection technique, this study uses interview, observation, documentation, and tests, such as pretest and posttest. The pretest uses experimental design. The result shows that (1) the result of the learning class which uses experiment experiences enhancement between the average values of pretest and posttest which are 30.76 to become 55.54. And the result of the control group shows improvement with the average posttest score from 34.00 to 56.16. This indicates that the average value of experimental posttest class is higher compared to the average values of control class posttest. (2) There are significant differences in the experimental and control groups while learning vocabulary of 11th graders of MAN 1 Sleman. It is based on on the data analysis results through -T test Paired T-test with the significance of 0.000<0.05 that the results of vocabulary learning process of experimental and control groups are considered significantly different.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bagaimana proses pembelajaran kosa kata melalui metode karyawisata. (2) Mengetahui perbedaan yang signifikan pada peningkatan kosa kata bahasa Arab kelompok eksperimen dan kontrol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Eksperimental Research (penelitian eksperimen). Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan tes, adapun tes dalam penelitian ini meliputi pretest dan posttest. Penelitian ini menggunakan true eksperimental design (eksperimen yang betul-betul) sebagai desain penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar kelas eksperimen mengalami peningkatan antara rata-rata nilai pretest dan postest yaitu 30.76 menjadi 55.45 dan hasil belajar kelas kontrol mengalami peningkatan antara rata-rata nilai posttest dan pretest yaitu 34.00 menjadi 56.16. hal ini menunjukkan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nilai posttest kelas kontrol. (2) Ada perbedaan yang signifikan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam pembelajaran kosa kata di kelas XI MAN 1 Sleman. Hal tersebut didasarkan pada hasil analisis data melalui uji-T Paired T-test dengan signifikansi 0.000 < 0.05, sesuai dengan pedoman pengambilan keputusan maka diputuskan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada hasil pembelajaran kosa kata siswa kelas eksperimen dan kontrol.
Kata Kunci: Pembelajaran, Metode Karyawisata, Pembelajaran Kosa Kata
Downloads
References
Abdorrakhman Gintings, Esansi Praktis Belajar dan Pembelajaran. (Bandung: Humaniora).
Abdul Hamid,Mengukur Kemampuan Bahasa Arab Untuk Studi Islam, (Malang: Maliki Press, 2010).
Abdul Wahab Rosyidi. Media Pembelajaran Bahasa Arab. (Malang: Malang Press. 2009).
Ahmad Hasanuddin Masykur, Keefektifan Metode Karyawisata dalam meningkatkan kemampuan Komunikasi Siswa Berkepribadian introvert Kelas X TKR SMK Kediri TA 2015-2016. Skripsi,Fakultas Ilmu Geuruan, UNP Kediri 2106.
Amirul hadi dan hariyono, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Bandung: Pustaka.1998).
Azhar Arsyad, Bahasa dan Pengajarannya Beberpa Pokok Pikiran, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010).
Azwar, Realibilitas dan Validitas, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011).
Bisri Mustofa dan Abdul Hamid,Metode dan strategi Pembelajaran Bahasa Arab, (Malang: Maliki Press. 2012).
Roestiyah NK. Strategi belajar mengajar,(Jakarta: Rineka Cipta, 2008).
Bahri, Syaiful D, Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. (Jakarta: Rineka Cipta, 2010).
Henry Guntur Tarigan. Pengajaran Kompetensi Bahasa.(Bandaung: Angkasa, 1989).
Kamus Besar Bahasa Indonesia. Depdikbud 2005. Jakarta: Balai Pustaka.
M.Ainin, dan M.Tohir, Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab, (Malang: Misykat, 2006).
Mardalis, Metode Penelitian. (Jakarta: Bumi Aksara,1995).Muhibbin Syah, Psikologi Belajar,(Jakarta:Logos,1999).
Nana Sudjana dan Ibrahim, Peneitian dan Penilaian Pendidikan, (Bandung: Sinar. 1989).
Nurmalia, Suhrawardi 2014. Penggunaan Metode Karyawisata Untuk Mrningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Roses Sains Pada Meteri Keanekaragaman Hayati. Banda Aceh. FMIPA Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.
Shakil A.R. 2011. The Need And Importance Of Field Trips At Hinger Level In Karachi, Pakistan, International Jurnal Of Academca Research In Bussines and Social Science, Vol 2.
Sugiyono, metode penelitian pendidikan, kuantitatif, kualitatif dan R& D. (Bandung: Alfabeta, 2009).
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.(Jakarta: Rineka cipta. 2010).
Syamsuddin Asyrofi, Model, Strategi dan Permainan Edukatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab, (Yogyakarta: Aura Pustaka, 2014).
Wa Muna, Metode Pembelajaran Bahasa Arab, (Yogyakarta: Teras, 2011).