Analisis Kesalahan Sintaksis Pada Buku Teks Duru>Su Al-Lughah Al-Ara>Biyah ‘Ala> Thoriqotial-Muba>Syarah Al-Muta>Kamilah Karya Muhammad In’am, M.A
DOI:
https://doi.org/10.14421/almahara.2018.042-05Keywords:
Textbooks, Error analysis, Syntax, Duru>s al-Lughah al-‘Ara>biyah ‘ala Thariqati al-Muba>syarah al-Mutaka>milahAbstract
This study aims to find out about language errors that occur in an Arabic textbooks entitled Duru>s al-Lughah al-‘Ara>biyah ‘ala Thariqati al-Muba>syarah al-Mutaka>milah of Muhammad In'am, M.A. Not only the errors that were discussed but there was an attempt or Tashwib or correction in order to evaluate the results of the analysis that has been done. Library research was used with a qualitative descriptive method to analyze the subject of the study which is Duru>s al-Lughah al-‘Ara>biyah ‘ala Thariqati al-Muba>syarah al-Mutaka>milah both volumes I and II. In this study, the following conclusions can be drawn: there are errors in language syntactic aspects in the textbooks. There are several categories of errors (refer to the classification of Toto Suharto et al): nakirah Ma'rifah, Dhamir, huruf Jar, Murakkab Idhafi, Isim Isyarah, Jumlah Ismiyah, and Jumlah Fi'liyah. Several reasons were found for the occurrence of these errors, namely lack of accuracy in writing textbooks, lack of workforce that helped the author to edit the material to be presented in textbooks and limited human resources which led to inefficient writing of textbooks.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang beberapa kesalahan-kesalahan berbahasa yang terjadi dalam penulisan buku teks bahasa Arab Duru>s al-Lughah al-‘Ara>biyah ‘ala Thariqati al-Muba>syarah al-Mutaka>milah karya Muhammad In’am. MA, bukan hanya kesalahan-kesalahan yang dibahas tapi ada upaya Tashwib atau pembenaran guna sebagai evaluasi dari hasil analisis yang telah dilakukan. Ketegori yang digunakan penelitian library research dengan metode deskriptif kualitatif. Dengan objek buku teks bahasa Arab Arab Duru>s al-Lughah al-‘Ara>biyah ‘ala Thariqati al-Muba>syarah al-Mutaka>milah karya Muhammad In’am. MA baik jilid I dan II. Dalam penelitian ini dapat diambil kesimpulan sebagai berikut, bahwa: adanya kesalahan-kesalahan berbahasa aspek sintaksis dalam buku teks Duru>s al-Lughah al-‘Ara>biyah ‘ala Thariqati al-Muba>syarah al-Mutaka>milah karya Muhammad In’am. MA baik jilid I dan II. Ditemukan beberapa kategori kesalahan (merujuk pada klasifikasi Toto Suharto dkk): Nakirah Ma’rifah, Dhamir, huruf Jar, Murakkab Idhafi, Isim Isyarah, Jumlah Ismiyah, dan Jumlah Fi’liyah. di temukan beberapa alasan terjadinya kesalahan-kesalahan tersebut yakni kurangnya ketelitian dalam menulis buku teks, kurangnya tenaga kerja yang membantu penulis dalam mengedit materi-materi yang akan di sajikan dalam buku teks, keterbatasan sumber daya manusia yang menyebabkan kurang efisien dalam menulis buku teks.
Kata kunci: Buku Teks, Analisis kesalahan, Sintaksis, Duru>s al-Lughah al-‘Ara>biyah ‘ala Thariqati al-Muba>syarah al-Mutaka>milah.
Downloads
References
A. Alkhalil, A. T. (2013). KABA. indonesia: Gema Insani.
Al-Najjar, M. R. (2001). Al-Kitabah al'Arabiyah: maharatuha wa funuha. kuwait: Maktabah Dar al-'Arubah.
Alwasilah, C. A., & Furqonul, A. (1966). Pengajaran Bahasa Komunikatif Teori dan Praktik. Bandung: Rosda Karya.
Antoine, D. (2001). Mu'jam Qawaidul Lughah Al-Arabiyah; Fi Jadawilin Wa Lauhatin. Lubnan: Maktabah Lubnan.
Awaliyah, H. F. (2014). Analisis Kesalahan Berbahasa Studi Kasus Aspek Morfologis dan Sintaksis terhadap Penulisan Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga dan Maulana Malik Ibrahim Malang.Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Bismiati, P. (2016). Analisis Buku Ajar Bahasa Arab Durussul Lughah AlArabiyah Lil Athfal di SD Plus Masyithah Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Dwi, S. R. (2013). Studi Analisis Materi "Buku Teks Pelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Arab diKelas Tinggi Madrasah Ibtidaiyah. STAIN Kudus, 5(2), 45-70.
Eka, S. A. (2011). MateriAjar BTBI. Lampung: Universitas Lampung.
Firmansyah, U. L. (2018, maret 23). Penggunaan Buku Ajar di Ponpes Darul Muslihin. (i. hidayah, Pewawancara)
Husain, M. N. (2015). Analisis Sintaksis Buku Teks Bahasa Arab Peringkat Rendah di sekolah Rendah Agama, Jabatan Agama Islam Selangor (JAIS). International Conferences on Arabic Studies and Islamic Civilization (ICAISIC).
Ina'm, M. (2014). Revitalisasi Pengajaran Bahasa Arab di Pesantren. Yogyakarta: Spirit.
In'am, u. M. (2018, Mei Kamis). interview pertama. (i. hidayah, Pewawancara)
Izzan, A. (2004). Metode Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora.