Penguasaan Mufrādat dan Qawā’id Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab

Authors

  • Haerul Ahyar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/almahara.2018.042-06

Keywords:

Correlational, Mastery of Mufradat, Qawaid, Kitabah

Abstract

This article discusses the elements of language and language skills, specifically the elements of mufradat and qowā’id as well as the skill in writing Arabic (al-maharah al-kitabah). The present study aims to prove the theory of the importance of language element in language skill, i.e. the correlational relationship of the mastery of mufradat and qowā’id with the ability to write in Arabic of grade X students of MAN 1 Sleman Yogyakarta majoring in Religion in the academic year of 2016/2017. This is a quantitative descriptive study that uses the said students as the subjects. There are 27 students involved in this study who show that: 1) The average score of mufradat mastery of the students is 75.74. This score is including in the category of average. 2) The average score of qowā’id ability of the students is 42.74 which is including in the category of average. 3) The average score of the kitabah ability of the students is 64.81 which is including in the average category. 4) The result of r calculation referring to the Correlation Coefficient (R) regression formula shows the value of 0.800. The value significance obtained is (0.000). Thus, it could be interpreted that between the mastery of mufradat and qowā’id simultaneously with the ability to write Arabic of the students shows a positive and significant correlational relationship.

Abstrak

Artikel ini membahas tentang unsur bahasa dan keterampilan berbahasa, lebih tepatnya unsur mufrādat dan qawā’id serta keterampilan menulis Arab (al-Mahārah al-Kitābah). Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan teori yang mengatakan pentingnya unsur bahasa dalam keterampilan berbahasa, yakni tentang hubungan korelasional penguasaan Mufrādat dan qawā’id dengan kemampuan menulis Arab siswa kelas X Agama MAN 1 Sleman Yogyakarta pada tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan bersifat kuantitatif deskriptif dengan menjadikan siswa kelas X IIK MAN 1 Sleman Yogyakarta sebagai subyek sekaligus sampel penelitian dengan jumlah sebanyak 27 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Nilai rata-rata penguasaan Mufrādat siswa sebesar 75,74. Nilai tersebut termasuk dalam kategori sedang atau cukup. 2) Nilai rata-rata kemampuan Qawā’id siswa sebesar 42,74, termasuk dalam kategori sedang atau cukup. 3) Nilai rata-rata kemampuan Kitabah siswa sebesar 64,81. Nilai tersebut termasuk dalam kategori sedang atau cukup. 4) Hasil perhitungan r mengacu pada nilai koefisien korelasi (R) rumus regresi menunjukan nilai yang diperoleh sebesar 0,800. Kemudian nilai signifikansi diperoleh sebesar (0,000). Maka dapat diinterpretasikan bahwa antara penguasaan Mufrādat dan qowā’id secara bersamaan dengan kemampuan menulis bahasa Arab siswa kelas X IIK MAN 1 Sleman Yogyakarta terdapat hubungan korelasional yang positif dan signifikan.

Kata kunci: Korelasional, Penguasaan Mufrādat, Qawāid, dan Keterampilan Menulis

Downloads

Download data is not yet available.

References

‘Alais, Syekh, Hall al-‘Uqud Min al-Maksud, Semarang: Maktabah al-‘Ulumiyyah.

Asrori, Imam., Strategi Belajar Bahasa Arab: Teori & Praktek. Malang: MISYKAT, 2014.

Hadi, Syamsul, Studi Korelasi Penguasaan Qawā’id Dengan Kemampuan Kitabah Siswa Kelas II Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Nurussalam Krapyak Yogyakarta, Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2013.

Hamid, Abdul, Mengukur Kemampuan Bahasa Arab: Untuk Studi Islam, Malang: UIN-Maliki Press, 2010.

Iskandarwasih dan Dadang Sunendar, Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.

Kholiq, Ilham Nur, Korelasi Antara Penguasaan Qawaid dan Mufrādat Dengan Penguasaan Mahārah al-Qira’ah dan Mahārah al-Kitabah dalam Kemahiran Berbahasa Arab di Madrasah Aliyah al-Amiriyyah Blokagung Bnyuwangi, (Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi, dan Pemikiran Hukum Islam), Vol. 6 No. 2, April, 2017.

Machali, Imam, Statistik Itu Mudah Menggunakan SPSS Sebagai Alat Bantu Statistik, (Yogyakarta: Ladang Kata, 2015).Mustofa, Syaiful,. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif, Malang: UIN-Maliki Press, 2011.

Nuha, Ulin, Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Press, 2012.

Rosyidi, Abd. Wahab & Mamlu’atul Ni’mah. Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Maliki Press, 2011.

Syahatah, Hasan, Ta’limu al-Lughat al-‘Arabiyah Baina an-Nadzariyyah wa at-Tathbiqi, Daaru al-Misri: Thaba’atu ats-Tsalasah, 1996.

Wawancara dengan ibu Fitratul Muti’ah selaku guru bahasa Arab di MAN 1 Sleman Yogykarta, pada tanggal 15 juni 2017.

Zulistia, Mira, Studi Korelasi Penguasaan Mufrādat Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Arab PAda Siswa Kelas VIII MTs Hasyim Asy’ari Piyungan Yogyakarta, Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016.

Downloads

Published

2018-12-31

Issue

Section

Articles