Urgensi Pendidikan Hadis dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.14421/livinghadis.2017.1357Keywords:
hadis, pembentukan karakter, anak usia diniAbstract
Pendidikan karakter adalah penamanan nilai esensial dengan pembelajaran dan pendampingan sehingga para siswa sebagai individu mampu memahami, mengalami, dan mengintegrasikan nilai yang menjadi core values ke dalam kepribadian nya. Masa dini merupakan waktu yang sangat brilian dalam proses pembentukan karakter, karena usia dini adalah masa dimana anak-anak banyak menyerap pengetahuan untuk diaplikasikan di masa mendatang.
Kita lihat karakter anak bangsa pada era ini, istilah “Kids Zaman Now” telah masyhur di khalayak ramai. Ditelisik awal mula timbulnya istilah tersebut karena kelakuan anak-anak zaman sekarang yang jauh dari perilaku anak-anak semestinya. Memang tidak semua kelakuan anak “Kids Zaman Now” membawa implikasi negatif, jika dilihat melalui kacamata seni mereka memiliki nilai kreatifitas dan mental yang baik.
Untuk menanggulangi kejadian tersebut peran pendidikan keislaman atau penanaman nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan sehari-hari bisa menjadi salah satu alternatif dalam pembentukan karakter. Salah satu cabang keislaman yang dapat diajarkan adalah hadis. Tujuan pengajaran hadis pada anak usia dini adalah membentuk dan mengembangkan kepribadian dan karakter yang baik.
References
(n.d.). Retrieved Desember 13, 2017, from Kumpulan Hadis Tentang Mendidik Anak Beserta Artinya: www.abanaonline.com
-. (2017). Kamus Besar Bahasa Indonesia.
-. (n.d.). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Retrieved Desember 19, 2017, from kbbi online: https://kbbi.web.id
Afwadzi, B. (2016). Membangun Integrasi Ilmu-Ilmu Sosial dan Hadis Nabi. Jurnal Living Hadis, 107.
Ali, N. (2008). Kependidikan Islam dalam Perspektif Hadis Nabi. Jurnal Penelitian Agama, 117.
Fitriningsih. (2016). Urgensi Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Aqidah. Musawa, 68.
Harmika. (2014). Urgensi Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter di MTs Mursyidul Awwam Cenrana. Makassar.
Hartini, N. (2011). Metodologi Pendidikan Anak dalam Pandangan Islam. Ta'lim, 39-40.
Johnasyah. (2011). Pendidikan Karakter Dalam Islam (Kajian dari Aspek Metodologis). Jurnal Ilmiah Islam Futura, 86.
Rustam, Q. (n.d.). Tribun. Retrieved Desember 13, 2017, from Media Massa dan Kids Zaman Now: http://www.tribunnews.com
Silahuddin. (2017).
Suryadilaga, M. A. (2013). Living Hadis dalam Tradisi Sekaar Makam. Ar Risalah, 164.
Wiyanto, K. (n.d.). Kompasiana. Retrieved November 13, 2017, from www.kompasiana.com/kokodwiyanto/59e58d5d48693232831778a22/asal-mula-kalimat-kids-jaman-now
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.