Disparitas dan Sinergitas Epistemologi Filsafat Al-Farabi dan Ibnu Sina dalam Pendidikan Islam 5.0
DOI:
https://doi.org/10.14421/ref.v25i2.5754Keywords:
Epistemologi Filsafat, Al-Farabi, Pendidikan IslamAbstract
Penelitian ini didasarkan pada adanya kesenjangan antara idealisme pendidikan Islam yang berfokus pada pembentukan karakter moral dan kenyataan pendidikan modern yang lebih sering menekankan aspek kognitif. Di era Pendidikan Islam 5.0, teknologi dan kecerdasan buatan atau artificial intellegence (AI) menjadi elemen kunci dalam proses pembelajaran, namun seringkali mengesampingkan aspek pembentukan moral dan karakter. Secara ideal, pendidikan Islam seharusnya mampu menggabungkan teknologi dengan nilai-nilai spiritual dan moral yang diajarkan oleh Al-Farabi dan Ibnu Sina. Namun, pada praktiknya, moralitas sering diabaikan dalam evaluasi pendidikan, yang berdampak pada dekadensi moral dan kurangnya kesiapan siswa menghadapi era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi perbedaan dan keselarasan epistemologi Al-Farabi dan Ibnu Sina dalam konteks Pendidikan Islam 5.0, khususnya dalam pembentukan karakter dan pengembangan keterampilan. Melalui metode kualitatif dengan studi kepustakaan, penelitian ini mengungkap bahwa Al-Farabi menekankan pendidikan sebagai alat kontribusi sosial, sedangkan Ibnu Sina lebih fokus pada pembentukan keterampilan kerja yang dibangun atas dasar moralitas. Sinergitas antara konsep epistemologi kedua filsuf ini dalam mendukung Pendidikan Islam 5.0 adalah pada tujuan pendidikan Islam yang mengarah pada pengembangan peserta didik secara fisik, intelektual, moral, karakter, dan keterampilan. Adapun konsep pembentukan karakter dan moralitas menurut Al-Farabi dan Ibnu Sina yang dapat diadaptasikan ke dalam pendidikan Islam 5.0 yang didominasi oleh teknologi dan kecerdasan buatan (artificial intelligence) adalah dengan mengembangkan metode pengajaran berbasis teknologi digital yang tetap menanamkan nilai-nilai moral.
Abstract viewed: 566 times
|
PDF downloaded = 571 times
References
Abd Rahman, B P, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, and Yumriani Yumriani. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan.” Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2, no. 1 (2022): 1–8.
Adenan, Adenan, and Andi Mahendra. “Kontradiksi Filsafat Islam Di Era Modern.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 5, no. 1 (2023): 3574–87.
AHWANI, A. & Fuad, Ahmad. Filsafat Islam. Jakarta: Pustaka Firdaus, 1997.
Amalah, Husnul, Ahmat Nasirudin, Elvina Khusniati, Siti Nurun Nadhifah, and Muzakiyah Kamila. “Problematika Pendidikan Agama Islam Pada Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar Negeri.” Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman 14, no. 2 (2024): 239–50.
Amalia, Mila. “Inovasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar Di Era Society 5.0 Untuk Revolusi Industri 4.0.” In Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1:1–6, 2022.
Arwani, Agus. “EPISTEMOLOGI HUKUM EKONOMI ISLAM (MUAMALAH).” RELIGIA 15, no. 1 (April 2012): 125–46.
Bahri, Syamsul. “Konsep Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Society 5.0.” Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam 6, no. 2 (2022): 133–45.
Darlis, Ahmad, Ali Imran Sinaga, Musthafa Fadil Perkasyah, Lisa Sersanawawi, and Isnayni Rahmah. “Pendidikan Berbasis Merdeka Belajar.” Journal Analytica Islamica 11, no. 2 (2022): 393–401.
Darwis, Maidar. “Konsep Pendidikan Islam Dalam Perspektif Ibnu Sina.” Jurnal Ilmiah Didaktika 13, no. 2 (2013).
Fuadah, Shofiatul, Shafa Salsabil Afifah, Sofan Falsafat, Wahyu Hidayat, and Dina Indriana. “KONSEP PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM MENURUT AL FARABI DAN IBNU KHALDUN.” Al-Hasani: Journal of Islamic Studies 1, no. 1 (2024).
Gozali, Mukhtar. “Agama Dan Filsafat Dalam Pemikiran Ibnu Sina.” Jaqfi: Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam 1, no. 2 (2016): 22–36.
Hakim, Lutfi. “Pemikiran Filosofis Al-Farabi Tentang Pendidikan Islam Relevansinya Dengan Pendidikan Pesantren.” Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 19, no. 2 (2021): 198–218. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/jipi.v19i2.3750.
Harahap, Abdi Syahrial. “Epistemologi: Teori, Konsep Dan Sumber-Sumber Ilmu Dalam Tradisi Islam.” Dakwatul Islam 5, no. 1 (2020): 13–30.
Hilmansah, Deden Hilmansah. “KAJIAN PEMIKIRAN PENDIDIKAN AL-FARABI DALAM PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER.” Jazirah: Jurnal Peradaban Dan Kebudayaan 4, no. 2 (December 31, 2023): 136–61. https://doi.org/10.51190/jazirah.v4i2.121.
Humaedah, Humaedah, and Mujahidin Almubarak. “Pemikiran Al-Farabi Tentang Pendidikan Dan Relevansinya Dengan Dunia Kontemporer.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr 10, no. 1 (July 30, 2021): 104–13. https://doi.org/10.24090/jimrf.v10i1.4687.
Kosim, Mohammad. Pengantar ILMU PENDIDIKAN. Edited by Tim RGP. 1st ed. Vol. 1. Depok: PT Rajagrafindo Persada, 2021.
Lubis, Lahmuddin, and Wina Asry. Ilmu Pendidikan Islam. 1st ed. Medan: Perdana Publishing, 2020.
Machali, Imam, and Ara Hidayat. The Handbook of EDUCATION MANAGEMENT Teori Dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah Di Indonesia. Vol. 1. Prenadamedia Group, 2016.
Mariyah, Siti, Ahmad Syukri, Badarussyamsi Badarussyamsi, and Ahmad Fadhil Rizki. “Filsafat Dan Sejarah Perkembangan Ilmu.” Jurnal Filsafat Indonesia 4, no. 3 (2021): 242–46.
Nuthpaturahman, Nuthpaturahman, and Ahmad Ahmad. “Pokok Pikiran Filsafat Al-Farabi.” Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dan Kedakwahan 15, no. 29 (2022): 65–75.
Parlaungan, Parlaungan, Haidar Putra Daulay, and Zaini Dahlan. “Pemikiran Ibnu Sina Dalam Bidang Filsafat.” Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam 2, no. 1 (2021): 79–93.
Rofiq, Noor, Imam Sutomo, and Mushbihah Rodliyatun. “Perbandingan Pemikiran Kurikulum Al-Farabi Dengan Ibnu Sina Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Masa Kontemporer.” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5, no. 12 (2022): 5765–74.
Rohmah, Lailatu. “Pemikiran Ibnu Sina Tentang Epistemologi: Landasan Filosofis Keilmuan Dalam Islam.” Jurnal An Nûr 5, no. 2 (December 2013): 361–75.
Rusliana, IU. Filsafat Ilmu. Edited by Risa Trisnadewi. 3rd ed. Bandung: PT Refika Aditama, 2023.
Sa’datul Marwah, Rosedah. “Problematika Pendidikan Agama Islam Dan Upaya Merespon Perkembangan Abad 21.” Islamic Journal of Education 2, no. 2 (September 30, 2023): 64–76. https://doi.org/10.54801/ijed.v2i2.195.
Saleh, Riskawati, and Suyadi Suyadi. “Konsep Hierarki Akal Al-Farabi Dalam Perspektif Neurosains: Relevansinya Dalam Pendidikan Islam.” Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains 12, no. 1 (February 5, 2023): 21–29. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v12i1.16173.
Sugiyono, MetodePenelitianKuantitatif. “Kualitatif, Dan Kombinasi (Mixed Methods).” Bandung: Alfabeta, 2013.
Syafaat, Imron Nur, and Muhammad Masyhuri. “Relevansi Pemikiran Pendidikan Islam Al-Farabi Dengan Generasi Z.” Mabahithuna: Journal of Islamic Education Research 1, no. 2 (2023): 162–73.
Syarifudin, Encep, Agus Gunawan, A Hendrid Suko Prastyono, and Puji Lestari. “Isu Kontemporer Pendidikan Islam Dalam Peningkatan Kurikulum (Implementasi Kurikulum Merdeka Di Madrasah).” Jurnal Administrasi Pendidikan Islam 5, no. 1 (2023): 35–42.
Uni, Siti Qurrotul A’yuni. “Analisis Pemikiran Pendidikan Menurut Ibnu Sina Dan Kontribusinya Bagi Pendidikan Islam Di Era Modern.” Journal of Islamic Education Research 1, no. 3 (2020): 225–38.
Widya, A, and Ainun Jariah. “Hubungan Filsafat Dengan Pendidikan Islam.” JURNAL SARAWETA 1, no. 2 (2023): 109–15.
Yasser, Muhammad, and Muhtarom Muhtarom. “Landasan Filsafat Pendidikan Islam.” Jurnal Mathlaul Fattah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 15, no. 1 (2024): 1–30.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Utami Qonita, Balqis Nada' Melfirosha, Muhammad Parhan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


