Proses Pengembangan Tabel Periodik Unsur (TPU) Braille untuk Siswa Difabel Netra

Nurma Setya Wardhani,1* Jamil Suprihatiningrum2

   1 UIN Sunan Kalijaga
   2 UIN Sunan Kalijaga
   * Corresponding Author

DOI: https://doi.org/10.14421/ijds.020106

Abstract


One of the challenging subjects in chemistry for students with visual impairment is the periodic table, known in bahasa Indonesia as SistemPeriodikUnsur ( SPU). The common method of teaching currently used for this subject is lecture, with occasional use of tactile demonstration where the teacher or lecturer describes the visual component by drawing the object on thestudent’s palm or back. In short, students with visual impairment learn the periodic tableby relying heavilyon their memory.
Based on this teaching challenge, this developmental research undertakesthe development of a Braille version of the periodictable that will enable a blind student to properly learn chemistry. This Braille model is an accessible, tactual based learning tool that enables blind students to learn independently through experience.

[Salah satu materi pembelajaran kimia yang termasuk sulit diajarkan kepada siswa difabel netra adalah materi Sistem Periodik Unsur (SPU). Guru menyampaikan materi SPU kepada siswa difabel netra dengan metode ceramah. Guru memperkenalkan berbagai unsur dalam susunan periodik dengan bercerita dan sesekali memberikan gambaran dengan rabaan pada tangan atau punggung. Oleh karena itu, siswa difabel netra hanya mengandalkan ingatan dalam mempelajari materi tersebut.
Pengembangan TPU Braille untuk siswa difabel netra ini diharapkan dapat menjadi media bagi siswa difabel netra untuk belajar kimia dan dapat memenuhi kebutuhan siswa difabel netra akan media dan alat bantu. Pengembangan TPU Braille untuk siswa difabel netra memenuhi media yang assestive bagi siswa difabel netra yang bersifat taktual. Siswa difabel netra dapat belajar dengan pengalaman mereka sendiri dan tidak merasa diperlakukan berbeda diantara yang lain sehingga motivasi dalam belajar kimia siswa difabel netra dapat tumbuh meskipun dengan keterbatasan yang dimiliki.]


Keywords


Periodic Table of Element; Disabled

Full Text:

PDF

References


Asnawir & Usman, M. Basyruddin. (1990). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press.

Chang, Raymond. (2004). Kimia Dasar Konsep-konsep inti Edisi Ketiga Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Departemen Pendidikan Nasional. (2013). Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 31 tentang Pendidikan.

Efendi, Mohammad. (2006). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2002). Sistem Braille Indonesia Bidang Kimia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Komalasari, Kokom. (2011). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Rafika Aditama.

Meimulyani, Yani dan Caryoto. (2013). Media Pembelajaran Adaptif bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: PT Luxima Metro Media

Prawiladilaga, Dewi Salma. (2007). Prinsip Desain Pembelajaran (instructional design principles). Jakarta: Kencana Media Group.

Riris, Nur Irmawati. (2012). Pengembangan Ensiklopedia “Dailly Chemistry” sebagai Sumber Belajar Bagi Siswa SMA/MA Kelas XII IPA. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Smith, J.David. (2006). Inklusi, Sekolah Ramah untuk Semua. (Terjemahan Enrica & Denis). Bandung: Rafika Aditama. (Buku asli diterbitkan tahun 1998)

Sugiyono. (2010).Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardjo & Lis Permana Sari. (2008). Penilaian Hasil Balajar Kimia. Yogyakarta: UNY Press.

Trianto . (2011). Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan . Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ulfa, Aisyah N A. (2013). Pengembangan Media Kartu Materi Pokok Struktur Atom dan Sitem Periodik Unsur SMA/MA Kelas X




Copyright (c) 2015 Nurma Setya Wardhani, Jamil Suprihatiningrum