Peningkatan Ibadah Mahasiswa Tuli dengan Praktik Salat Bisindo

Achmad Siddicq
* UIN Sunan Kalijaga

DOI: https://doi.org/10.14421/ijds.040201

Abstract


Prayer is an obligation for every Muslim. It consist of speech and movement. The speech aspect of the prayer has been a problem for the deaf. They generally fail to learn and practice the prayer correctly becuase of this speech barrier. This paper is based on an action research designed to help deaf students to learn the prayer better.  The action research was designed by visualizing the Arabic speech into the Indonesian Sign Language (BISINDO). The reasearch shows that the visualization of prayer speech into the Indonesian sign language is more effective than using the Arabic speech-based prayer learning. In addition, this program can affect the daily practice of prayer among deaf students.

[Ibadah salat, yang merupakan kewajiban bagi setiap orang Islam, di ditunaikan dengan ucapan dan perbuatan. Unsur ucapan dalam salat menjadi hambatan bagi para Tuli. Karena gaya belajar berbasis visual merupakan cara yang paling optimal bagi Tuli untuk belajar, maka cara yang tepat dan aksesibel dalam belajar salat adalah dengan memvisualisasikan bacaan salat yang berBahasa Arab menjadi Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO). Artikel ini menjelaskan bagaimana cara meningkatkan praktik tata cara salat untuk mahasiswa Tuli melalui program pelatihan salat berbasiskan BISINDO. Penelitian tindakan (action research) yang menjadi dasar tulisan ini membuktikan bahwa visualisasi bacaan salat menjadi bahasa isyarat lebih efektif daripada menggunakan Bahasa Arab secara oral. Program ini terbukti mempengaruhi praktik salat mahasiswa Tuli dalam kehidupan sehari-harinya.]


Keywords


Adaptive learning; Deaf; Pembelajaran Adaptif; Tuli; Praktik Salat BISINDO

Full Text:

PDF

References


Ahmad, A. S. (2011). Terjemah Fathul Qorib: Jawa Pegon dan Indonesia. (A. Sunarto, Trans.). Surabaya: Al Miftah.

Codina, C. (2011). Deaf and hearing children: a comparison of peripheral vision development. Blackwell Publishing, Oxford.

Fakih, M. (2002). Jalan lain: manifesto intelektual organik (Cet. 1). Yogyakarta: Pustaka Pelajar bekerjasama dengan Insist Press.

Forum Kalimasada. (2010). Kearifan Syariat: Menguak Rasionalitas Syariat dari Perspektif Filosofis, Medis, dan Sosiohistoris. Surabaya; Kediri: Khalista; An-Najma.

Hartanti Sulihandari, S. (2016, October 3). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Inklusif Bagi Anak Tunarungu di SMA Negeri 1 Sewon (Perspektif Guru dan Siswa) (skripsi). UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Retrieved from http://digilib.uin-suka.ac.id/23003/

Lembaga Riset Bahasa Isyarat. (2014). Buku Pedoman Siswa Tingkat I Bahasa Isyarat Yogyakarta. Jakarta: Universitas Indonesia.

Maftuhin, A. (2017, April 19). Wawancara.

Munoz-Baell, I. M., & Ruiz, M. T. (2000). Empowering the Deaf. Let the Deaf be Deaf. Journal of Epidemiology & Community Health, 54(1), 40–44. https://doi.org/10.1136/jech.54.1.40

Putri, E. E. R., & Winarti, W. (2014). Pengembangan Alat Peraga Sistem Tata Surya Bagi Siswa Tunanetra di SLB-A Yaat Klaten Kelas IX. INKLUSI, 1(2), 175–188. https://doi.org/10.14421/ijds.010203

Quran Speaks. (2016). Q&A: Can I Pray in Sign Language? | Dr. Shabir Ally. Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=9Pn5HH-CDaY&feature=youtu.be

Ramdhani, I. M. (2015). Pengembangan Media Flash Card Sistem Periodik Unsur Untuk Meningkatkan Retensi Daya Ingat Peserta Didik Disabilitas Pendengaran di SMA. INKLUSI, 2(2), 243–258. https://doi.org/10.14421/ijds.2204

Rof’ah. (2012). Disabilitas dalam Pandangan Fiqih. In Membincang Islam dan Disabilitas. Yogyakarta: Pusat Studi dan Layanan Difabel.

Ro’fah, R., & Andayani, A. (2014). Strategi Pembelajaran Adaptif untuk Statistik. INKLUSI, 1(1), 83–108. https://doi.org/10.14421/ijds.010105

Smith, C., & Lentz, E. M. (1988). Signing naturally. 5: Student workbook, level 1: DVD edition. Berkeley, Calif: Dawn Sign Press.

Subjek B. (2017, May 19). Wawancara.

Sudaryono. (2014). Class Action Research. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia.




Copyright (c) 2017 Achmad Siddicq

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/