Interaksi Sosial Dosen dengan Mahasiswa Difabel di Perguruan Tinggi Inklusif

Erin Feriani
* UIN Sunan Kalijaga

DOI: https://doi.org/10.14421/ijds.040204

Abstract


This article is focused on the forms of social interaction between professors and students with disabilities in an inclusive setting at State Islamic University of Sunan Kalijaga. It is to provide a picture of that not all professors in an Inclucive Higer Education, such as the State Islamic University of Sunan Kalijaga, well understand the disability issues. This research uses qualitative method where data collection is done by observation, interview and documentation. The interview was conducted with four lecrures, three students with disabilities, and three non-disabled students. The result of the research shows that the forms of social interaction of professors at the State Islamic University Sunan Kalijaga is not associative nor dissociative. It is influenced more by the knowledge of lecturers about the disabled and the attitude of students with disabilities.

[Penelitian ini berfokus pada bentuk interaksi sosial dosen terhadap mahasiswa difabel di Perguruan Tinggi Inklusif UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini diperlukan karena interaksi sosial di Perguruan Tinggi yang menerapkan pendidikan inklusif menjadi kewajiban dosen terhadap mahasiswa difabel. Kenyataannya tidak semua dosen yang mengajar di Perguruan Tinggi Inklusif UIN Sunan Kalijaga paham mengenai difabel. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dimana pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan melibatkan empat orang dosen, tiga orang mahasiswa difabel dan tiga orang mahasiswa non-difabel. Hasil penelitian menunjukan bentuk interaksi sosial dosen di Perguruan Tinggi Inklusif UIN Sunan Kalijaga tidak selalu bersifat asosiatif dan disosiatif, ada pula yang bersifat asosiatif-disosiatif dan disosiatif-asosiatif. Hal tersebut dipengaruhi oleh pengetahuan dosen mengenai difabel dan sikap mahasiswa difabel.]

Keywords


Social interaction; lecturer; disabled students; inclusive education; interaksi sosial dosen; mahasiswa difabel; UIN Sunan Kalijaga

Full Text:

PDF

References


A. (2017, January 9). Wawancara.

Coleridge, P., & Naomi, O. I. (1997). Pembebasan dan pembangunan: perjuangan penyandang cacat di negara-negara berkembang. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Damsar. (2015). Pengantar Teori Sosiologi. Jakarta: Prenada Media.

E. (2017, April 19). Wawancara.

F. (2017, April 20). Wawancara.

G. (2017, April 20). Wawancara.

Handayani, I. M. (2013). Interaksi Sosial Anak Berkebutuhan Khusus di SDN 016/016 Inklusif Samarinda (Studi Kasus Anak Penyandang Autis). EJournal Sosiatri-Sosiologi, 1(1).

Huky, W. (1986). Pengantar Sosiologi. Surabaya: Usaha Nasional.

I. (2017, April 24). Wawancara.

J. (2017, April 26). Wawancara.

K. (2017, April 26). Wawancara.

Kusuma, H. (2016, May 23). IDENTIFIKASI INTERAKSI SOSIAL SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD NEGERI JLABAN, SENTOLO, KULON PROGO (skripsi). UNY, Yogyakarta. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/33089/

Lubis, A. Y. (2014). Postmodernisme : Teori dan Metode. Rajawali Press. Retrieved from http://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/65044/postmodernisme-teori-dan-metode.html

N. (2017, April 28). Wawancara.

Nasdian, F. T. (2015). Sosiologi umum. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Nashir, H. (2012). Memahami Strukturasi dalam Perspektif Sosiologi Giddens. Sosiologi Reflektif, 7(1), 1–9.

Nurrohmah, A. D. (2013). Interaksi Sosial Siswa Deaf Di Sekolah Inklusi (Studi Kasus Pada Siswa Smk Negeri 9 Surakarta) (skripsi). Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Retrieved from https://digilib.uns.ac.id/dokumen/33127/Interaksi-Sosial-Siswa-Deaf-Di-Sekolah-Inklusi-Studi-Kasus-Pada-Siswa-Smk-Negeri-9-Surakarta

O. (2017, May 8). Wawancara.

Q. (2017, May 16). Wawancara.

Ritzer, G., & Goodman, D. J. (2010). Teori Sosiologi Modern. (T. W. B. Santoso, Ed., Alimandan, Trans.) (Vol. 2010). Jakarta: Prenada Media. Retrieved from /free-contents/index.php/buku/detail/teori-sosiologi-modern-george-ritzer-dan-douglas-j-goodman-alih-bahasa-alimandan-editor-tri-wibowo-budi-santoso-34280.html

UIN Sunan Kalijaga. (2016). Buku Pedoman Akademik Universitas (BPAU). Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Yudhanto, R. (2016). Interaksi Sosial Siswa Difabel Dalam Sekolah Inklusi Di SMA Negeri 8 Surakarta. SOSIALITAS; Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant, 5(2). Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sosant/article/view/8546




Copyright (c) 2017 Erin Feriani