Kepuasan Mahasiswa Tunanetra terhadap Layanan Difabel Corner di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga

Rinawati Rinawati,1* Elizabeth Sri Lestari,2 Albertoes Pramoekti Narendra3

   1 Universitas Kristen Satya Wacana
   2 Universitas Kristen Satya Wacana
   3 Universitas Kristen Satya Wacana
   * Corresponding Author

DOI: https://doi.org/10.14421/ijds.040205

Abstract


User satisfaction is one of success indicators of a library in providing service to users. This research is intended to investigate the user satisfaction on the service quality of Difabel Corner (DC) in the State Islamic University Sunan Kalijaga Yogyakarta Library. Respondents of the study were 24 students, all blind students from the year 2013 to 2016. The results show that the most contributive variable to user satisfaction is the affect of the service with an average score of 3.65. The ease of navigation is the most contributive dimension to the user satisfaction with an average score of 4.16. The average score of all variables is 3.47, which means that DC service provided by the State Islamic University Sunan Kalijaga Yogyakarta Library is perceived to be good and satisfying. Meanwhile the average score depicting the relationship between service quality and user satisfaction is 43.6, which is in a strong category.

[Kepuasan pemustaka merupakan tolok ukur keberhasilan sebuah perpustakaan dalam memberikan pelayanan kepada pemustaka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pemustaka dan besar hubungannya terhadap kualitas layanan Difabel Corner (DC) di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang dikaji dengan menggunakan 3 variabel layanan dan 14 dimensi layanan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dan data dikumpulkan observasi, studi pustaka, angket, wawancara, dan dokumentasi. Populasi yang digunakan adalah semua mahasiswa tunanetra angkatan 2013-2016 sejumlah 24 orang. Variabel yang paling berkontribusi terhadap kepuasan mahasiswa adalah kinerja petugas dalam melayani (service of affect) dengan skor rata-rata 3,65, sementara dimensi yang paling berkontribusi adalah kemudahan akses (ease of navigation) dengan skor rata-rata 4,16. Nilai rata-rata semua variabel adalah 3,47, yang menunjukkan layanan DC Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dirasakan sudah baik dan memuaskan. Sementara hubungan kualitas layanan dengan kepuasan pemustaka adalah 43,6 yang masuk pada kategori yang kuat.]


Keywords


user satisfaction; difabel corner service; blind student; kepuasan pengguna difabel corner; Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Basuki, S. (1992). Teknik Dan Jasa Dokumentasi. Jakarta: Gramedia.

Bungin, B. (2011). Penelitian kualitatif: Komunikasi, ekonomi, kebijakan publik, dan ilmu sosial lainnya. Jakarta: Kencana.

Fatmawati, E. (2013). Matabaru Penelitian Perpustakaan Dari SERVQUAL ke LibQUAL +TM. Jurnal Pustakawan Indonesia, 13(2). Retrieved from http://journal.ipb.ac.id/index.php/jpi/article/view/9511

Herlina. (2008). Profil Kebutuhan Psikologis Mahasiswa Tunanetra di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia (No. 217/H.40.8/PL.00.14/2008). Bandung: UPI Bandung. Retrieved from http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/197710132005012-EUIS_HERYATI/Penelitian_tunetx.pdf

Hosni, I. (2012). Tunanetra dan Kebutuhan Dasarnya. UPI. Retrieved from http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/195101211985031-IRHAM_HOSNI/TUNANETRA_DAN_KEBUTUHAN_DASARNYA.pdf

Hs, L. (2009). Kamus kepustakawanan Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Irvall, B., & Nielsen, G. S. (2005). Access to Libraries for Persons with Disabilities - Checklist (No. 89). International Federation of Library Associations and Institutions. Retrieved from https://archive.ifla.org/VII/s9/nd1/iflapr-89e.pdf

Isrowiyanti. (2013). Mewujudkan Perpustakaan Perguruan Tinggi Yang Ramah Difabel. Retrieved March 19, 2016, from http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=167897

Kementrian Pendidikan dan Budaya RI. Penataan Linieritas Guru Bersertifikat Pendidik, Pub. L. No. 46 (2016). Retrieved from http://psma.kemdikbud.go.id/index/home/lib/files/PERMENDIKBUD%20NO%2046%20TAHUN%202016.pdf

Kyrillidou, M. (2009). Item Sampling in Service Quality Assessment Surveys to Improve Response Rates and Reduce Respondent Burden: The “libqual+® Lite” Randomized Control Trial (rct). University of Illinois at Urbana-Champaign. Retrieved from https://search.proquest.com/openview/cfbbbffd17c6ed8e0b5c01b7e2aa2e25/1?pq-origsite=gscholar&cbl=18750&diss=y

Presiden RI. Undang-Undang tentang Penyandang Disabilitas, Pub. L. No. 8 (2016).

Puspa, E. (2016). Analisis Kepuasan Pemustaka Terhadap Pelayanan Perpustakaan Pusat Penelitian Dan Pengembangan Perikanan Budidaya, 2 Nomor 2 Desember 2016. Retrieved from http://ejournal-balitbang.kkh.go.id/index.php/JP/article/download/3256/2784

Rahayuningsih. (2014). Mengukur Kepuasan Pemustaka : Menggunakan Metode LibQual+TM. Yogyakarta: Graha Ilmu. Retrieved from http://www.library.usd.ac.id/web/index.php?pilih=search&p=1&q=0000124567&go=Detail

Rahayuningsih, & Dr. Partini, S. U. (2013). Analisis Kepuasan Pemustaka Terhadap Kualitas Jasa Layanan Menggunakan Metode Libqual+tm. Universitas Gadjah Mada. Retrieved from http://etd.repository.ugm.ac.id/index.php?mod=penelitian_detail⊂=PenelitianDetail&act=view&typ=html&buku_id=60882

Rizki, W. A. (2016, October 30). Wawancara.

Rizki, W. A. (2017, April 30). Wawancara.

Santoso, G. (2000). Pengantar Metode Penelitian Kuantitatif. Pustaka Pelajar.

Singarimbun, M. (1989). Metode penelitian survai. Jakarta: Erlangga.

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif : Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Prenada Media. Retrieved from http://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/18632/metode-penelitian-kuantitatif-dilengkapi-dengan-perhitungan-manual-spss.html

Sutono, T. (2013, June 28). Persepsi Mahasiswa Difabel Terhadap Kualitas Pelayanan Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (skripsi). UIN SUNAN KALIJAGA. Retrieved from http://digilib.uin-suka.ac.id/9009/

Tjiptono, F. (2000). Strategi pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2007). Service, Quality, dan Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.

Wiyanti, I. (2016, November 3). Wawancara.




Copyright (c) 2017 Rinawati

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/