Pengembangan Media Pembelajaran Historical Heritage Berbasis STEM untuk Meningkatkan Literasi Siswa Kelas IV Muhammadiyah Karangploso

Authors

  • Jonata Jonata Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Laila Fatmawati

DOI:

https://doi.org/10.14421/hjie.2021.11-03

Keywords:

Media pembelajaran, sekolah dasar, STEM, Literasi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu, mengembangkan, mengetahui kelayakan serta efektivitas pengembangan media pembelajaran Historical Heritage berbasis STEM  untuk meningkatkan literasi dasar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis pengembangan (RnD) dengan model ADDIE (Robert Maribe Brach). Menghasilkan bahwa pertama, Media pembelajaran Historical Heritage memperoleh hasil 88,19 (sangat baik) oleh ahli media, penilaian guru kelas IV 98,43 (sangat baik), Penilaian siswa uji lapangan utama dan operasional adalah 90,90 (sangat baik) . Hasil rata-rata media mendapat skor 88,19 (sangat baik). Kedua, pengembangan media Historical Heritage layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran dikelas IV SD. Ketiga, media Historical Heritage dapat dilihat dari uji t-test (13,910) > ttabel (2,045) p0,000<0,05 sehingga sig.0,000<0,05,tolak H0, Maka produk dikembangkan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.

Anshory, Ichsan, Setiya Yunus Saputra dan Delora Jantung Amelia. (2018). Pembelajaran Tematik Intergratif pada Kurikulum 2013 di Kelas Rendah SD Muhammadiyah 07 Wajak. Jurnal JIN OP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), Vol 4, 37, Nomor 1.

Arifin, Z. (2017). Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics)., Vol 1, 92-100, Nomor 2.

Arikunto, S. (2016). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Renika Cipta.

Ariyansyah. (2018). Penerapan Beberapa Keterampilan Abad 21 Melalui Metode Kuliah Lapangan (Field Trip) untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Taksonomi Tumbuhan Tingkat Rendah. Jurnal Oryza Jurnal Pendidikan Biologi. Vol 7, 3, Nomor 1.

Arsyad, Azhar. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 103-105.

Cut Citra Novita, Suyadi (2020). Penggunaan Mainan Kartu Kata Membaca Berputar Berbasis Teknologi Untuk Anak Usia Dini. Jurnal on Eerly Choldhood. Vol 3 Nomor 3.

Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan Peserta Didik; Panduan Bagi Orang Tua dan Guru dalam Memahami Psikologi Anak, Usia SD, SMP, dan SMA. Bandung: Resmaja Rosdakarya.

Eri Murti Kuntari.2013. Pendidikan abad 21dan implementasinya pada pembelajaran di sekolah.

Iriantara, Yosal. (2017). Literasi Media. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. 180.

Iriantara, Yosal. (2017). Literasi Media. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. 180.

Ismail dkk. (2016). Efektivitas Virtual Lab Berbasis (STEM) dalam Meningkatkan Literasi Sains Siswa dengan Perbedaan Gender.

Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses.

Permendiknas Nomor. 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik.

Ratih Cahyani, Suyadi.(2018) Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Ki Hadjar Dewantara. Vol 3 Nomor 4.

Sagala, Syaifu. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanaky Hujair AH. 2013. Media pembelajaran Intraktif -Inovatif. Yogyakarta : Kaukaba Dipantara.

Sanjaya,Wina.2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kenncana.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sukmana (2017). Judul penelitian Pendekatan Science, Technology, Enggineering and Mathematics (STEM) sebagai Alternatif dalam Mengembangkan Minat Belajar Peserta Sekolah Dasar.

Ulfah Nabila Maghfi, Suyadi.(2020), Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Media Papan Pintar (SMART BOARD). Vol 6 Nomor 2.

Wilis, Judy. 2019 How The Memory Works In Learning. Teachthought. https://www.teachthought.com/learning/how-the-memory-works-inlearning/ Diakses 22 Februari 2020.

Downloads

Published

2021-04-29

How to Cite

Jonata, J., & Laila Fatmawati. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Historical Heritage Berbasis STEM untuk Meningkatkan Literasi Siswa Kelas IV Muhammadiyah Karangploso. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 1(1), 29–41. https://doi.org/10.14421/hjie.2021.11-03

Issue

Section

Articles